Skip to main content

5 Manfaat Membuat Website

5 manfaat membuat website
BacaNulis.Com - Saat sekarang ini website sudahlah tidak asing lagi. Website sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian orang dan juga sebagai hiburan bagi sebagian yang lain. Untuk fasilitasnya pun sudah banyak di tempatkan, bahkan di daerah pedesaan. Sehingga mengakses website menjadi mudah untuk berbagai kalangan. Bila ditelusuri banyak sekali manfaat dari website tersebut. Tapi manfaat positifnya kembali kepada orang masing-masing yang menggunakannya.

Tidak hanya sebagai pengguna saja, menjadi orang yang mengakses website-website orang lain. Saat ini juga untuk membuatnya cukup mudah, walau bagi orang yang tidak faham dengan coding atau bahasa pemprograman. Bahkan bagi yang belajar secara dasarpun sudah bisa membuat website dengan berbagai bantuan CMS yang ada, misalnya wordpress, blogger, joomla, dan lain sebagainya.

Bagi yang membuat websitenya sendiri, baik jenis pribadi atau organisasi ini menjadi sebuah peluang yang bisa diambil manfaatnya. Berikut ini, adan setidaknya 5 manfaat membuat website:

Baca juga: Pengertian Dan Penemu Website

1. Sebagai Media Promosi

Saat ini pengunjung internet sangatlah banyak, yang tentu diantara sekian banyaknya orang, pasti ada yang mengunjungi website kita. Disini website yang ada bisa dijadikan sebagai media promosi. Bagaimana promosinya? ini jelas tergantung kepada konten dari website itu sendiri. Apakah berkenaan dengan website jual beli atau menawarkan layanan jasa.

Di website tentu bisa dilengkapi berbagai info-info yang berkenaan dengan promosi. Bahkan promosi di website bisa lebih lengkap ketimbang media offline seperti koran atau majalah. Apalagi website dapat diakses banyak orang tanpa ada batasan tempat, sehingga ini juga akan memperluas jangkauan wilayah yang ada.

2. Sebagai Media Pemasaran

Pada toko online atau dengan sistem affiliasi, website bisa menjadi media pemasaran yang cukup bagus. Keuntungan lebih banyak dari toko nyata, diantaranya membangun website toko online menghabiskan biaya yang relatif kecil bila dibandingkan dengan membuka toko nyata. Kemudian juga jangkauan toko online lebih luas, sehingga bisa menyediakan produk-produk nasional dan internasional, bahkan dengan website toko online itu akan berjalan 24 jam non stop.

3. Sebagai Media Informasi

Terkait dengan media informasi tentu saja jenis websitenya misalnya web portal, radio atau TV Streaming. Para blogger juga banyak yang memberikan konten informasi kepada para pembaca. Media informasi yang bisa diakses dengan membuat website bersifat global, karena bisa diakses dimana saja yang penting terhubung dengan internet. Tentu informasinya memiliki jangkauan yang lebih luas daripada media konvensional, seperti koran, majalah, radio dan TV yang bersifat lokal.

4. Sebagai Media Pendidikan

Tanya Mbah Google, menjadi slogan sebagai orang untuk menunjukkan bahwa internet menjadi media untuk belajar. Dengan adanya website-website, google menjadi mesin pencariannya, sehingga para user dapat dengan mudah mencari apa yang Ia butuhkan. Website tentu menjadi media pendidikan, karena merupakan suatu keniscayaan bahwa banyak konten dari pemilik website yang memberikan pendidikan.

Banyak juga orang belajar secara otodidak dengan mengakses website. Berbagai bidang keilmuan bisa dipelajari disana. Ketika tidak tahu, maka jawabannya bisa dicari di internet.

5. Sebagai Media Komunikasi

Pada media komunikasi biasanya website berjenis forum. Dengan forum tersebut orang-orang yang menjadi anggotanya dapat saling berbagi informasi dan memecahkan sebuah permasalahan yang dihadapi. Komunikasi yang dilakukan tentu sangat efektif, sebab jawaban masalah yang diberikan bisa secara detail disampaikan di website tersebut. Dan menariknya lagi, dalam pemecahan sebuah permasalahan untuk mencari solusi, bisa diatasi oleh banyak orang. Banyak terkadang orang diluar forum pun bisa memberikan masukan terkait suatu hal yang mungkin Ia tahu tentang hal tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar