Skip to main content

7 Cara Sederhana Dan Efektif Menghasilkan Uang Dari Internet Melalui Blog

BacaNulis.Com - Sudah banyak orang yang fokus membangun blog menjadikan aset yang berjalan bagi penghasilan. Menghasilkan uang dari internet melalui blog tidak sulit dan mustahil. Sebab sudah banyak yang bisa dijadikan contoh nyata keberhasilan dalam mendulang uang menggunakan sebuah blog.

Bagi para pemula yang baru terjun ke dunia blogging, pastinya belum punya banyak pengalaman. Sehingga apa saja yang harus dilakukan mulai awal nge-blog, menjadi sesuatu hal yang sangat penting bagi seorang blogger. Langkah awal punya efek besar terhadap blog yang akan dibuat. Tapi, apapun ceritanya uanglah yang sering menjadi fokus seseorang untuk nge-blog.
Dalam menghasilkan uang melalui blog, berikut ini ada cara sederhana namun efektif jika menjadi perhatian bagi seorang blogger;

1. Pasang Backlinks

Bagi seorang blogger sudah paham tentunya dengan fungsi backlinks ini. Dengan adanya backlinks maka blog di mata search engine bernilai. Backlinks ini juga memberikan trafik kepada blog, baik yang mengarah ke home di blog atau langsung ke artikel. Untuk mendapatkan backlinks berkualitas tentunya harus meletakkan link blog ke blog orang lain yang berkualitas. Dan biasanya backlinks tersebut di patok dengan harga tertentu. Baca juga: Jasa Backlinks (Content Placement) Berkualitas dan Murah di BacaNulis.com

Tapi ada juga alternatif backlinks lainnya, yang tentunya bisa menunjang trafik ke blog. Namun, kualitas backlinks tidak sebaik yang berbayar. Anda bisa masuk ke berbagai forum-forum, kemudian meletakkan link blog disana. Media sosial juga bisa menjadi backlinks bagi blog, akan tetapi bagi pemain adsense, backlinks tersebut mendatangkan pengunjung yang bernilai rendah, bahkan banyak menyebabkan invalid click.

2. Buat Nama Blog yang Optimal

Dalam membuat sebuah blog baru, ide mencari nama blog memang tergolong sulit. Terkadang sudah mendapat ide bagus, ketika di cek pada pembelian domain, eh... ternyata sudah ada yang gunakan. Wajar banyak orang yang butuh waktu untuk menentukan nama blog, dan mengaktifkannya.

Yang jelas nama blog harus memiliki karakteristik yang unik yang menggambarkan isi konten secara keseluruhan. Sehingga menjadi relevan antara nama dan konten blog yang ada dan ini menjadi salah satu dorongan kepada search engine agar lebih mudah menemukan blog Anda. Dengan begitu lalu lintas yang mengarah ke blog menjadi optimal.

Nama blog juga harus mudah di eja. Jangan membingungkan pengguna yang datang ke blog. Hal ini juga berpengaruh kepada ingatan pengunjung yang sempat mengunjungi blog. Nama blog yang gampang diingat juga harus menjadi perhatian. Blog tersebut akan mudah dikunjungi oleh pengunjung lama (pengunjung yang ingin berkunjung kembali).

3. Menjadi Publisher 

Banyak perusahaan pihak ketika yang menyediakan iklan untuk dipasang di blog dan mendatangkan uang. Perusahaan yang menjadi favorit bagi seluruh blogger Indonesia, bahkan dunia adalah google adsense. Para blogger berbondong-bondong mendaftarkan blognya agar diterima sebagai penayang iklan yang diberikan oleh adsense. Baca juga: Cara Mendaftar Google Adsense Langsung dari Blogger

Jika sebuah blog sudah diterima menayangkan iklan, berarti blog sudah menjadi aset yang akan terus menghasilkan uang dari internet. Selanjutnya yang perlu dilakukan dan menjadi sebuah perhatiannya adalah mempertahankan keaktifan akun publisher dengan tidak melanggar aturan yang telah ditentukan oleh pihak penyedia iklan.

4. Buat Jasa Backlinks

Selain mendapatkan uang dari iklan pihak ke tiga. Anda sebagai pemilik sebuah blog, dapat juga menyediakan backlinks berbayar kepada pemilik blog lain. Jika mereka tertarik dengan tawaran Anda, itu akan menjadi sebuah uang tambahan.

Dalam melayani jasa backlinks, ada 2 hal penting yang harus dilakukan:
a. Terus meningkatkan kualitas blog, yang terlihat dari pengunjung yang sudah banyak dan stabil. Indikator tersebut bisa dilihat dari situs web misalnya: alexa.com, similarweb.com, ceksite.com, dan lain sebagainya.

b. Jangan sembarangan menerima link blog. Link blog dengan konten yang melanggar akan menurunkan nilai dari blog, apalagi jika link yang diberikan tiba-tiba tidak dapat di akses. Perlu pengecekan terlebih dahulu link yang akan ditanam ke dalam blog Anda.

5. Update Artikel Secara Rutin

Mempertahankan minat para pembaca dengan terus memberikan update artikel secara rutin. Berikan artikel yang selalu dinanti oleh para pembaca, sehingga blog menjaring pembaca yang loyal. Jangan sampai blog jarang update atau update tidak teratur. Lebih baik update secara konsisten saja, misalnya 1 artikel 2 hari sekali, dari pada 4 artikel sepekan sekali. Semakin rutin dan teratur update artikelnya, hal tersebut akan mendatangkan trafik yang besar. Bagi seorang blogger pasti paham dengan istilah "Tulisan adalah Raja".

6. Hindari Kesalahan Ejaan dan Tata Bahasa

Pada saat akan melakukan posting atau publish, perlu periksa ulang artikel yang dibuat. Pengguna atau pembaca bisa terganggu dengan ejaan yang salah tersebut. Dan para pengunjung akan menilai bahwa penulis seorang yang kurang teliti dan ceroboh.

Penggunaan tata bahasa yang bagus, dengan begitu artikel menjadi enak dibaca. Bukan saja akan dinikmati oleh para pengguna, hal tersebut akan memudahkan pengindeks-an terhadap artikel yang dibuat.

7. Menjadi Berbeda / Unik

Para blogger sebaiknya menonjolkan keunikannya masing-masing. Hal tersebut menjadi pembeda terhadap blog yang dimiliki oleh orang lain. Dengan begitu, pribadi penulis atau pemilik blog lebih mudah dikenali oleh mesin telusur dan juga para pembaca. Baca juga: 3 Cara Mudah Membuat Tulisan SEO

Akan menjadi lebih baik, dengan gaya bahasa sendiri yang masih blepotan, ketimbang caplok dari gaya bahasa orang lain. Blog Anda akan sulit berkembang dan bersaing dengan blog orang lain. Sering lakukan latihan saja, karena dasar nge blog itu memang melatih membuat tulisan. Dengan merutinkan membuat tulisan, bisa dipastikan tulisan akan berkembang menjadi lebih baik, tata bahasa juga akan semakin teratur dan tulisan akan enak untuk dibaca.

Itulah 7 cara sederhana dan efektif menghasilkan uang dari internet melalui blog. Jangan sia-siakn kesempatan waktu yang ada untuk nge-blog. Blog hari ini yang dituliskan akan menjadi investasi di masa mendatang. Ayoo...Semangat terus blogger Indonesia!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar