Skip to main content

Aneka Jenis-Jenis Perlengkapan Kantor

BacaNulis.Com - Berbicara mengenai perlengkapan Kantor, tentunya mempunyai peranan yang cukup penting dalam hal memenuhi serta menjalankan setiap pekerjaan yang di kerjakan oleh semua karyawan yang bekerja di suatu instansi atau perusahaan.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa jenis perlengkapan yang seharusnya kantor miliki, diantaranya sebagai berikut :
Aneka Jenis-Jenis Perlengkapan Kantor

Perbekalan kantor

Perbekalan kantor atau juga di sebut office suplies) merupakan beberapa benda yang akan habis pemakainnya sehari-hari di kantor. Benda ini biasanya di pakai untuk kegiatan tulis menulis dan sifatnya tidak tahan lama. Contoh jenis Perbekalan kantor, antara lain :

Kertas yang berupa kertas HVS, Stensil, karton, dorslagh, karbon dll.
Tinta,karet penghapus,  lem, pita mesin tik.
Paper clip, staples, dan jepitan kawat.

Peralatan kantor

Ini merupakan semua alat yang dipakai dalam pekerjaan tata usaha. Di bawah ini adalah beberapa peralatan kantor yang harus di miliki, diantaranya :

Bak surat (desk try)
Kalender meja (desk calender)
Mistar (ruler)
Pena (pen)
Tangkai pena (pen holder)
Gunting (shears)
Cap tanggal (band date)
Bantalan cap (stamp pad)

Mesin kantor

Mesin kantor merupakan semua alat yang dipakai untuk menghimpun dan mencatat serta mengolah beberapa bahan keterangan dalam pekerjaan tata usaha yang bekerja secara maknetik,dan juga mekanik elektronik. Di bawah ini adalah beberapa mesin yang seharusnya kantor memilikinya :

Mesin penghitung (calculating machine)
Mesin tulis (type writer)
Mesin pengganda (reproducing machine)
Mesin label (labeling machine)
Mesin penomor (numbering machine)
Beberapa mesin komunikasi, seperi telephone, fax, intercom.
Mesin perekam misalnya tape recorder, dictaphone, transcriber.
Ohp, lcd.
Komputer

Perabot kantor (office furniture)

Ini biasanya beberapa benda yang ada kantor yang terbuat dari bahan yang kuat seperti kayu atau baja yang dipakai untuk pekerjaan tata usaha.

Meja kantor

Meja kantor yang baik harus tentunya harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya :

Pertama dari permukaan meja sampai lantai tidak boleh seluruhnya tertutup serta bagian bawahnya juga harus mempunyai kaki-kaki yang cukup terbuka sebagai tempat peredaran udara.
Kedua permukaan meja tidak boleh mengkilat supaya tidak menyilaukan para pegawai yang menggunakannya.
Ketiga luas meja tidak boleh berlebihan, sebab luas meja yang berlebihan pada umumnya tidak dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan namun dipakai untuk fungsi yang lain.

Kursi

Kursi yang baik juga ada aturannya lho, berikut syarat kurs yang baik, di antaranya :

Dapat diatur tinggi rendahnya.
Dibuat secara kokoh.
Disesuaikan dengan bentuk badan orang.
Mempunyai penyangga belakang.

Lemari

Di kantor lemari ada macamnya lho, hal itu di dasarkan pada kegunaannya. Berikut contohnya :

Lemari warkat, lemari jenis ini pada umumnya dipakai untuk menyimpan warkat atau dokumen yang belum di file atau belum disimpan secara keseluruhan.
Lemari rak, lemari ini biasanya dipakai untuk menyimpan dokumen seperti halnya buku, laporan yang sudah di bundel atau dimasukkan dalam odner.
Lemari brandkas, lemari jenis ini dipakai untuk menyimpan uang atau pun dokumen-dokumen penting dan surat berharga perusahaan lainnya.
Filling cabinet, ini adalah jenis lemari untuk menyimpan dokumen yang sudah selesai diproses dan dijadikan sebagai arsip perusahaan.

Hiasan kantor

Ini merupakan beberapa benda kantor yang biasanya untuk menambah suasana menyenangkan di kantor. Fungsi dari hiasan kantor adalah untuk menambah suasana indah di dalam kantor yang berakibat semangat kerja pegawai dapat meningkat.Keberadaan hiasan di kantor diharapkan dapat mengurangi stress pegawai sehingga kinerja meningkat. Berikut contoh hiasan kantor, diantaranya :

Bunga hidup atau pohon hidup.
Lukisan-lukisan.
Akuarium
Lampu hias

Perabot kantor tempelan (office fixture)

Perabot kantor tempelan adalah semua perabot yang sudah melekat menjadi satu dengan bangunan lain di kantor.

Alat bantu peraga

Baca juga: Fungsi Administrasi Perkantoran yang Perlu Anda Ketahui
Alat bantu peraga adalah beberapa alat yang dipakai untuk membantu kelancaran komunikasi antara penyaji dengan pendengar. Beberapa alat ini sangat penting saat terjadi komunikasi antara penyaji dengan pendengar untuk membantu meningkatkan pemahaman antar komunikan dengan komunikator. Beberapa contoh alat bantu peraga, diantanya :

LCD, OHP.
Microphone
Video, Televisi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar