Skip to main content

Bisa Bahaya! Jika Guru Melakukan Hal Ini Kepada Siswa

Bisa Bahaya! Jika Guru Melakukan Hal Ini Kepada Siswa
BacaNulis.Com - Guru memiliki peran yang cukup besar dalam mendidik siswa. Arti pendidik yang cukup luas, bukan saja mengajarkan ilmu, tapi juga bertanggung jawab menjadikan siswa sebagai insan beriman dan bertaqwa dengan ilmu yang diberikan tersebut. Karena tanggung jawab besar ini seorang guru harus berhati-hati dalam melaksanakan tugasnya dan haknya sebagai guru. Jika salah melihat situasi dan kondisi maka guru akan terkena dampaknya, walau yang dilakukan guru sebenarnya tidak salah. Benar pun apa yang dari guru, jika siswa tidak mengindahkannya, bisa terjadi hal yang tidak diinginkan dan yang dipersalahkan adalah gurunya.

Apalagi di zaman sekarang ini, hak-hak guru yang kecil-kecil saja sudah diabaikan. Banyak ditemui di sekolah-sekolah seorang siswa yang tidak hormat kepada gurunya, menyepelekan gurunya, bahkan berani untuk membantah perintah sang guru. Dan anehnya juga, banyak orang tua malah membela anak-anaknya jika melakukan kesalahan yang kemudian mendapat hukuman dari guru. Hal ini banyak terjadi di banyak sekolah, yang pada akhirnya seorang guru hanya melepaskan kewajibannya untuk mengajar, bukan secara total untuk mendidik siswa. Sebab rasa takut selalu menghantui jika.... jika....

Maka, sebagai seorang guru harus pandai-pandai melihat situasi dan kondisi anak didiknya. Jangan melakukan hal-hal yang bisa berdampak buruk kepada sang guru. Berikut ini beberapa hal, yang bisa bahaya, jika guru melakukannya kepada siswa;

1. Menyuruh Membelikan Sesuatu

Seorang guru menyuruh siswa membelikan keperluan kelas atau pribadinya, ya... sah-sah saja. Tapi yang ditakutkan bila terjadi sesuatu kepada si siswa. Jika menyuruh siswa untuk membeli keperluan harus menaiki kendaraan, misalnya sepeda motor. Guru harus pandai memilah siswa yang mahir dan dapat dipercaya. Jangan asal pilih siswa, kemudian langsung disuruh untuk membeli sesuatu dengan naik sepeda motor. Banyak yang sudah terjadi, siswa yang disuruh oleh gurunya mengalami kecelakaan di jalan. Ada yang hanya luka ringan saja, ada pula yang luka parah, bahkan ada yang langsung meninggal di tempat.

Jika hal tersebut terjadi, maka guru yang akan dipersalahkan, baik dari pihak sekolah, orang tua, maupun masyarakat. Ini tentu akan memberikan dampak psikologi kejiwaan terhadap sang guru. Dan apalagi kepada pihak korban dari keluarga siswa tersebut. Jadi, bila hal semacam ini bisa dihindari, sebaiknya hindari saja. Karena kejadian apa yang bisa terjadi di jalan tidak ada yang tahu.

2. Menyuruh Mengambil Sesuatu

Guru perlu memperhatikan ke sigapan siswanya. Bila menyuruhnya untuk mengambilkan sesuatu, perhitungkan tingkat kesanggupannya. Ada banyak hal terjadi di sekolah terkait dengan siswa yang mengambil sesuatu, misalnya saja makanan dan minuman guru, bahkan sampai disuruh mengambil buah di pohon yang ada di sekolah. Misalnya saja buah mangga, siswa harus memanjat pahon tersebut untuk mengambil mangganya. Hati-hati bagi guru yang menyuruhnya, jika sampai jatuh maka yang berabe gurunya juga. Baru-baru ini ada kabar siswa tersetrum karena memanjat pohon yang ada di sekolah, yang itu dilakukannya karena di suruh gurunya.

3. Menghukum Siswa di Kelas

Siswa memiliki sifat yang beragam. Bagi seorang guru untuk menyamakan sifat tersebut tidaklah mungkin. Yang bisa dilakukan hanya menyamakan persepsinya saja. Seorang siswa memiliki perasaan yang sebenarnya seorang guru harus peka terhadap itu. Seorang guru jangan asal main hukum, apalagi dilakukan di depan kelas. Siswa yang mendapat hukuman di depan kelas, bisa mengganggu mentalnya. Ya biasa, siswa bandal! dihukum dimana saja, tetap sama saja. Inilah pemikiran yang salah, kenapa siswa tidak masalah jika dihukum depan kelas atau dihadapan orang banyak, karena Ia sudah terbiasa mengalaminya. Tapi bagi siswa yang belum pernah mengalaminya, sebaiknya lakukan hukuman secara personal yang bisa dilakukan oleh guru dan siswanya di ruang lain.

Perlakukan hukum-menghukum sebaiknya perlu diperhatikan oleh guru. Tidak semua siswa kebal dengan hukuman di depan siswa. Perhatikan siswa dengan sebaik mungkin, dan cek dasarnya mengapa siswa melakukan hal yang membuat Ia harus dihukum?

4. Hindari Hukuman Fisik Secara Langsung

Setiap siswa memiliki hak dilindungi oleh undang-undang. Banyak guru yang dilaporkan pihak orang tua kepada polisi karena memberikan hukuman fisik kepada siswanya. Hukuman fisik ini, misalnya guru menampar wajah siswa, guru menggundul rambut siswanya, mencubit, dan lain sebagainya. Nah, jika ini terjadi, maka guru juga yang terkena dampaknya.

Banyak hukuman yang bisa dijadikan alternatif selain hukuman fisik. Walaupun berperan penting kepada fisik siswanya. Misalnya saja, cabutin rumpun halaman kelas, bersihkan WC, dan lain sebagainya. Tapi jika seorang guru pandai memanajemen hati, sebaiknya itu yang dilakukan.

5. Menghina Keadaan Orang Tua

Sebagai guru haruslah bersikap santun dan menjadi suri tauladan bagi siswa-siswanya. Beraneka ragam latar belakang siswa jangan dijadikan sebagai bahan cemoan atau olok-olokan di dalam kelas. Sering ada kabar, guru yang dengan bahasa halus mengejek nama orang tua siswa atau kondisi ekonomi keluarnya siswa. Bahkan hal yang terkecil mengomentari baju lusuh yang dipakai siswanya, yang itu tentu disebabkan oleh keadaan ekonomi orang tua siswa tersebut, sehingga tidak mampu membeli baju yang baru.

Hal tersebut, sekecil-kecilnya akan melukai perasaan si siswa. Bahkan akan lebih jauh lagi, bila siswa tersebut menyimpan dendam. Dan ada rasa keinginan yang kuat untuk melampiaskan dendamnya tersebut kepada sang guru. Ini akan menjadi sesuatu yang membahayakan bagi guru itu sendiri, maka jangan lakukan! Baca juga: Google Pengganti Guru

Mungkin ada banyak hal lagi terkait sesuatu yang perlu diwaspadai oleh seorang guru untuk dilakukan. Tapi beberapa hal diatas mudah-mudahan sudah menggambarkan secara umum, sehingga guru bisa mencari detailnya masing-masing. Yang itu harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar