Skip to main content

Cara Memproteksi HP Agar Anak Tidak Membuka Website Atau Konten Yang Tidak Layak

Bagi orang tua perlu ada pengawasan terhadap anak-anaknya yang sudah diberikan smartphone atau HP. Karena melalui jaringan internet, HP tersebut dapat mengakses berbagai informasi, baik negatif maupun yang positif. Penggunaan anak-anak sangat didominasi dengan konten video, seperti youtube. Bayangkan saja, bila seorang anak membuka konten vidio yang tidak layak untuk di tonton seumurannya. Dimana seorang anak belum mampu memilah-milah konten yang sesuai dengan umurnya dan baik untuk pikirannya.

Khawatir anak membuka Website atau Konten-konten yang belum layak untuknya? tentu saja!. Kecepatan akses yang begitu cepat untuk mendapatkan tontonan yang mengaksyikan, smartphone menjadi kegemaran bagi anak-anak. Bahkan ibu sengaja memberikannya tontonan youtube, untuk menenangkannya atau mengajak anak yang tidak mau makan. Wao... Menjadi sebuah candu yang sulit dihilangkan jika seorang anak sudah ketagihan main HP.

Banyak anak mulai umur 2 tahun pun sudah memegang HP. Pada saat umur 7 tahunan, tentu Ia pun sudah lihai menggunakannya. Yang menjadi kekhawatiran, jika anak tersebut membuka video yang terlarang, misalnya konten video dewa** dan vidio yang tidak mendidik, misalnya lawakan melawan orang tua atau guru.

Baca juga: Trik Menyikapi Anak Yang Malas Belajar

Setiap orang tua jangan sampai gaptek-gaptek amat. Lakukan pengontrolan terhadap penggunaan HP yang di berikan kepada anak. Walau penggunaan berada di rumah, tapi tentu terkadang ada waktu lengah, sehingga anak bisa saja cari-cari dan ketemu video dengan channel buruk untuk pikirannya, termasuk video gaming bisa juga berdampak buruk. Begini cara memproteksi HP agar anak tidak membuka website atau konten yang tidak layak:

1. Buat Email untuk Anak

Saat ini google sudah 100% mendukung Family Protection, sehingga profiling dilihat sesuai dengan umur penggunaanya. Jika pengguna anak-anak, maka dengan cara membuatkan email bisa memfilter konten yang bisa diakses atau ada batasan terhadap umurnya untuk mengakses konten/website tertentu.

Caranya pembuatan email sesuaikan saja data yang dimiliki anak. Mulai dari nama, tanggal lahir dan seterusnya. Lalu pasang di HP Anak + orang tua Google Family link yang bisa di download dan di install dari https://www.google.com/familylink atau bisa melalui playstore, ketikan kata kunci pencarian "Google Family Link untuk orang tua"
Cara Memproteksi HP Agar Anak Tidak Membuka Website Atau Konten Yang Tidak Layak

Kemudian atur apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk dilihat. Set GPS agar terus aktif supaya bisa dipantau, dan masih banyak lagi fitur lainnya yang bisa dicoba di google family link tersebut.

Dengan begitu, jika misalnya anak yang masih usia 7 tahunan, Ia bakalan ditampilkan konten-konten untuk anak seumurannya.

2. Pastikan Browser Default yang dipakai pada HP adalah Google chrome

Bila belum tau caranya coba, searching saja di google dengan kata kunci "cara set default browser di android"

3. Remove/Hide Default browser bawaan Android

Bila tidak ingin ribet mengharuskan untuk root kemudian uninstall browser bawaan. Ada opsi lainnya dengan menggunakan dan memasang Launcher tambahan. Contohnya jika HP yang dipakai merek karena xiaomi, jadi pakai "Mi Launcher" yang sudah bisa digunakan untuk meng-hide App (https://play.google.com/store/apps/details...)

Memang diharuskan menggunakan google chrome, sebab untuk default browser dan hide browser bawaan androidnya dengan menggunakan Total Family Protection dari Google Family Link tentu akan bekerja pada produk-produk google juga. Contohnya google chrome, yang merupakan produk dari google itu sendiri.

Dengan cara di atas, maka pada saat anak mencoba membuka youtube, maka akan dialihkan ke Youtube Kids. Begitu juga, saat anak mencoba install Aplikasi dari playstore, akan muncul popup persetujuan oleh pihak orang tua. Jadi, tidak bakalan berhasil meng-install jika tidak mendapat ijin dan pasti anak harus mendatangi orang tuanya untuk meng-install APP tersebut.

Baca juga: Korban HP Bagi Mata Anak Semakin Bertambah, Berikut Langkah Mencegahnya!

Belum banyak orang tua yang memanfaatkan fitur Family link yang bagus ini. Fitur yang membantu keluarga untuk membiasakan dengan kehidupan era digital yang sehat.


Sumber bacaan: Media sosial
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar