Cara Minum Air Sesuai Sunnah Yang Dapat Dilakukan Setiap Hari

Cara Minum Air Sesuai Sunnah Yang Dapat Dilakukan Setiap Hari

Cara Minum Air Sesuai Sunnah Yang Dapat Dilakukan Setiap Hari

cara minum air sesuai sunnah yang dapat dilakukan setiap hari
BacaNulis.Com - Minum merupakan kebutuhan vital manusia dan dilakukan setiap hari. Untuk menjaga kesehatan tubuh perlu asupan air yang cukup, yang minimal 8 gelas menurut para ahli. Terkait minum ini, sudah dengan detail membahas di dalam sunnah. Sehingga, minum yang menjadi kebutuhan vital ini juga bisa menjadi ladang pahala jika dilakukan sesuai dengan sunnah Rasulullah tersebut.

Dikutip dari muslimah.or.id berikut ini sunnah-sunnah yang bisa diimplementasikan ketika hendak minum air;

1. Berniat dan membaca "Bismillah"
2. Minum dengan menggunakan tangan kanan
3. Jangan bernafas yang mengarah ke dalam gelas dan mengenai airnya
4. Minimal 3 tegukan air yang masuk di dalam mulut
5. Jangan minum air langsung dari mulut teko atau ceret
6. Dianjurkan duduk pada saat minum air
7. Ucapkan "Alhamdulillah" setelah menelan air
8. Jangan mencela air yang diminum, baik rasanya atau karena baunya.

Jika aktivitas minum air ini sudah sesuai dengan sunnah, berarti bila dihitung sudah ada minimal 8 pahala yang bisa didapatkan. Ini jika berbicara terkait sunnah. Bila ditinjau dari segi kesehatan pun, sunnah yang dilakukan tersebut sangat relevan untuk kebaikan tubuh. Sehingga, dapat dikatakan dengan menjalankan sunnah minum air diatas, sekaligus akan menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa dalil-dalil terkait dengan cara minum air sesuai sunnah Rasulullah, yang tentunya dilakukan setiap hari oleh manusia;

A. HR. Abu Dawud dan Attirmidzi

Saat hendak makan dan minum, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam selalu membaca doa. Apa doa yang dibaca? Beliau selalu membaca basmalah. Ada pun jika lupa membaca Bismillah, maka bacalah “Bismillahi Awwa-lahu wa Akhirahu” yang artnya dengan nama Allah dari mula hingga akhir.
B. HR. Bukhari : 5630

Diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,"Apabila satu dari kalian minum makan janganlah bernafas di bejana (gelas), dan jika salah seorang dari kalian kencing, janganlah ia memegang dzakar (kemaluannya) dengan tangan kanan, jika membersihkan jangan membersihkan dengan tangan kanan.”

C. HR. Muslim : 2020

“Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.”

D. HR. Bukhari : 3280 dan Muslim : 2012

Dari Jabir r.a, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Tutuplah pintumu, sebutlah nama Allah, matikan lampu dan sebutlah nama Allah, kencangkan (tutup) minumanmu dan sebutlah nama Allah, tutuplah bejanamu dan sebutlah nama Allah, meski kamu menutupinya dengan sesuatu (yang bukan tutupnya).”

Baca juga: 4 Penyebab Air Minum Menjadi Racun Di Dalam Tubuh

Sumber Baca:
- https://muslimah.or.id/243-wahai-anakku-beginilah-cara-minum-rasulullah.html
- https://lifestyle.okezone.com/read/2018/02/10/298/1857631/tata-cara-minum-yang-benar-sesuai-sunnah-rasulullah 
Buka Komentar