Darimana Keuntungan Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek Dan Grab

Darimana Keuntungan Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek Dan Grab

Darimana Keuntungan Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek Dan Grab

BacaNulis.Com - Saat ini pengguna ojek online sudah sangat menjamur. Dimapun keberadaan ojek online, pasti banyak pengguna yang menjadi pelanggannya. Tidak hanya sebagai penumpang saja, masyarakat juga mendaftar sebagai mitra driver ojek online tersebut. Dan banyak juga yang biasa sebagai driver konvesional beralih ke aplikasi, baik itu gojek maupun grab. Bila dilihat dari sisi pelanggan maupun driver sama-sama menjadi pihak yang sangat diuntungkan.

Penghasilan driver ojek online dibilang cukup lumayan bila dibandingkan dengan ojek konvensional. Selain dari hasil bayaran pelanggan, para driver juga mendapatkan bonus dengan ketentuan yang berlaku, yang hal hasil menjadi penambah penghasilan yang diterimanya. Bahkan dari sisi biaya operasional, cukup efektif penggunaannya. Saat menjadi driver konvensional, mencari pelanggan perlu berkeliling terlebih dahulu, sedangkan saat sudah beralih ke aplikasi, para driver bisa duduk santai sambil ngopi, tinggal nunggu orderan dari pelanggan saja melalui aplikasi. Baca juga: Dampak Hadirnya Go-Jek Di Kota Kisaran Bagi Usaha Ojol Lainnya

Bagi pihak pelanggan, menaiki ojek online cukup memuaskan. Dengan ojek online bisa dijemput langsung ke rumah dan sampai tepat pada tempat tujuan, tanpa harus sambung menyambung kendaraan lagi. Dari segi biaya juga cukup murah, bahkan lebih murah jika dibandingkan naik kendaraan umum atau ojek konvensional. Tidak hanya itu, para mitra driver ojek online punya standarisasi terkait kendaraan yang bisa digunakan, sehingga ini memberi kenyamanan bagi pelanggan yang memakai jasa tersebut. Baca juga: 9 Tips Aman Naik Ojek Online Dari Kejahatan Driver

Dengan adanya aplikasi di bidang ojek online ini, semua menjadi transparan dan aman. Jasa yang ditawarkan pada aplikasi ojek online cukup beragam. Bukan saja sebagai layanan antar pelanggan, tapi juga terdapat berbagai fitur layanan lainnya, misalnya: antar makanan, antar barang, membelikan barang, bayar-bayar secara online, dan lain sebagainya.
Darimana Keuntungan Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek Dan Grab
Banyak yang heran dengan inovasi aplikasi transportasi seperti ini. Jika di lihat dari segi penghasilan driver saja, rasanya tidak mungkin penghasilan driver bisa banyak. Bahkan bisa berkali-kali lipat dari gaji ojek konvensional. Nah, tentu penasaran, bukan! darimana keuntungan aplikasi ojek online seperti gojek dan grab. Yuk... cek secara umum berikut ini:

1. Iklan Yang Di Endorse Secara Berbayar

Aplikasi ojek online memiliki jutaan pengguna. Ini bisa dijadikan sebagai media iklan bagi, baik secara personal atau instansi. Ketika aplikasi ojek online, membuat sebuah banner promosi. Kemudian, bisa saja ada artis atau orang yang berkepentingan untuk naik rating atau populer menjadi model yang ada di banner tersebut. Ini menjadi salah satu pemasukan ojek online, karena gambar yang terpampang itu bayar.

Banyak juga misalnya perusahaan komersial yang bekerjasama untuk menjual produk atau jasa di aplikasi tersebut. Untuk memasukkan produk atau jasanya, pihak aplikasi ojek online mengenakan biaya dengan jumlah tertentu. Dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari iklan.

2. Menjual Informasi Data Ke Jasa Layanan Iklan Billboard

Iklan yang dipasang di jalan-jalan kota atau jalan yang berpotensi banyak dilihat orang, menjadi sebuah lokasi yang sangat strategis bagi jasa layanan pemasangan iklan billboard. Dengan melihat rute perjalanan paling strategis bisa melalui aplikasi ojek online. Disana terlihat jelas, dimana paling banyak di lalui oleh pelanggan. Nah, disini perusahaan membayar atau bekerjasama dengan pihak aplikasi ojek online untuk mendapatkan data rute perjalanan tersebut.

3. Pengelolaan Dana Pelanggan Yang Deposit

Aplikasi ojek online menyediakan layanan uang elektronik yang bisa digunakan oleh pelanggan dengan cara mendeposit uangnya. Keuntungannya bagi pelanggan akan mendapatkan potongan yang lumayan, daripada harus membayar secara kas kepada driver. Uang yang masuk itu tentu bisa diolah oleh pihak aplikasi untuk meraup keuntungan ganda.

4. Persenan Dari Driver

Bagi pihak driver di kenakan potongan yang cukup kecil pada saat pelanggan membayar. Jadi tidak semua uang dari pelanggan masuk ke kantong driver. Ada potongan, tapi tergolong sangat kecil. Potongan kecil tersebut bukan ukuran yang kecil bila dikalikan dengan jumlah pelanggan yang melakukan transaksi setiap harinya. Misalnya saja jika setiap transaksi pihak ojek online mengambil Rp. 1.000 dan setiap hari ada 1 juta transaksi, maka hasilnya 1 Miliar perhari.

5. Setoran Dari Perusahaan Makanan Atau Produk Lainnya

Setiap transaksi yang terjadi di aplikasi ojek online semua terdata dengan jelas. Produk apa yang terjual, makanan apa yang diantar dan seterusnya. Bagi perusahaan yang bekerjasama dengan aplikasi ojek online akan menyetor hasil keuntungan dari penjualan tersebut. Tentu jumlah uang yang disetorkan ke aplikasi disesuaikan dengan seberapa banyak produk atau jasa yang telah terjual.

6. Kerjasama Dengan Pihak Telekomunikasi

Dengan semakin banyaknya pengguna aplikasi online, maka tentu semakin meningkat penggunaan data yang digunakan lewat perusahaan telekomunikasi. Ini tentu menjadi keuntungan bagi pihak perusahaan telekomunikasi. Disini pihak aplikasi ojek online juga mendapatkan keuntungan dari sharing profit yang diberikan oleh pihak telco.
Buka Komentar