Skip to main content

Darimana Keuntungan Perusahaan Marketplace Seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan OLX

Darimana Keuntungan Perusahaan Marketplace Seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan OLX
BacaNulis.Com - Saat sekarang ini interaksi dan transaksi di internet begitu luar biasanya. Semakin banyak orang yang pandai menggunakan internet, di sanalah jaringan massa para pengguna menjadi aset yang tidak ternilai. Sudah banyak aktivitas secara tradisional berubah menjadi digital. Baik yang menjadi primadonanya tentu pada wilayah perdagangan. Jual beli produk atau jasa secara online sudah menjadi hal biasa saat sekarang ini, bahkan sudah mengalahkan perdagangan secara tradisional pada beberapa produk dan jasa tertentu.

Dengan menjamurnya jual beli online, kemudian muncul beberapa perusahaan yang membuat situs marketplace yang dijadikan sebagai wadah pihak ketiga antara si penjual dan pembeli. Dengan adanya marketplace tersebut banyak konsumen yang semakin percaya dengan transaksi secara online, serta banyak kemudahan-kemudahan yang bisa di rasakan. Baca juga: Alasan Melakukan Transaksi Onlne Lebih Baik Daripada Transaksi Langsung

Diantara perusahaan marketplace yang tentu semua orang sudah mengenalnya, seperti shopee, bukalapak, tokopedia dan olx. Di perusahaan tersebut ada yang berperan langsung sebagai pihak yang menjadi penjamin terjadinya transaksi secara aman, baik dari pihak penjual maupun pembeli. Sehingga baik penjual maupun pembeli tidak perlu khawatir uangnya akan hilang atau barangnya tidak sampai. Ada perusahaan marketplace yang hanya sebagai wadah untuk menampung semua produk atau jasa yang diperjualbelikan, tanpa bertanggung jawab jika terjadi penipuan atau kesalahan dalam melakukan sebuah transaksi, contohnya adalah OLX.

Bagi si penjual dan pembeli tentu diuntungkan dengan terjadinya transaksi di antara mereka melalui marketplace yang tersedia. Bagi si penjual mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan dan si pembeli mendapatkan keuntungan dengan kepuasan barang atau produk yang diterimanya, bahkan juga harga lebih murah bila dibandingkan dengan membelinya di toko terdekat.

Nah, yang menjadi sebuah pertanyaan kecil, darimana keuntungan perusahaan marketplace seperti shopee, bukalapak, tokopedia dan OLX tersbut?. Berikut ini penjelasannya secara sederhana:

1. Iklan Premium (Sponsorship)

Bagi penjual yang ingin produknya laris manis, tentu perlu banyak pengunjung (calon pembeli) yang melihat produk atau jasa yang dijualnya di marketplace. Memang perusahaan marketplace tersebut menggratiskan bagi setiap member untuk menjual produknya. Akan tetapi itu tidak maksimal, karena begitu banyaknya member yang juga sebagai penjual. Sehingga produk yang dimasukkan akan ditimpa oleh produk yang baru. Hal ini menyebabkan para pengunjung (calon pembeli) tidak langsung melihat produk dari member gratisan. 

Apabila, member beriklan tentu produk yang dijualnya akan diletakkan oleh perusahaan marketplace paling atas dan dalam waktu yang ditentukan. Hal tersebut sesuai dengan anggaran yang ditetapkan untuk membayar iklan. Penjual yang beriklan premium (berbayar) inilah yang menjadi uang masuk ke perusahaan marketplace tersebut.

2. Iklan Dari Layanan Pihak Ke Tiga (Seperti Google Adsense)

Tidak semua perusahaan marketplace memasang iklan dari google adsense. Walaupun jika itu dilakukan, maka akan menambah masukan uang bagi perusahaan itu sendiri. Alasannya biasanya terkait dengan profesionalitas dan juga mengganggu pengguna. Iklan yang tidak relevan yang terpasang di situs marketplace, akan dinilai buruk oleh pengguna. Bagi perusahaan juga bisa menjadi dilematis, dikarenakan iklan yang muncul bisa jadi perushaan marketplace lain, yang menjadi pesaingnya.

Terkhusus bagi OLX, Ia memasang iklan dari google adsense sebagai pendapatannya. Pendapatan dari google adsense yang diterima oleh pihak OLX cukup besar, melihat memang banyak yang mengunjungi situs tersebut. Hal tersebut sah-sah saja, lagian OLX bukan marketplace yang menanggungjawapi segala transaksi yang ada. Baca juga: Review Berjualan di OLX

3. Perputaran Arus Kas

Pernah membayangkan berapa transaksi yang terjadi di dalam marketplace per harinya, per pekan, atau per bulan?. Mungkin bisa disamakan dengan transaksi yang terjadi di bank. Bahkan banyak perusahaan yang membuat uang digitalnya sendiri sebagai simpanan untuk membeli produk yang ada di marketplace tersebut. Jika uang tersebut terpendam atau mengalir ke rekening pihak ke 3 (perusahaan marketplace) dengan jumlah yang begitu besar. Bisa dibayangkan, akan begitu besar keuntungan jika uang itu diputar atau dikelola oleh perusahaan marketplace tersebut. Jika uang diletakkan di bank, akan mendapatkan bunga, bisa juga dijadikan sebagai investasi jangka pendek, dan lain sebagainya.

4. Agen Kemitraan

Bagi para penjual yang bekerjasama menjadi agen kemitraan perusahaan marketplace akan mendapatkan berbagai fitur-fitur yang menguntungkan. Salah satunya dapat menetapkan sendiri berapa keuntungan dari penjualan produk. Pada beberapa marketplace untuk menjadi agennya diperlukan biaya registrasi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar