Skip to main content

Empat Tugas Pegawai Administrasi Perkantoran

BacaNulis.Com - Menurut riset yang saya lakukan, ada sekitar 10.000 yang mencari tahu tentang tugas dari seorang pegawai Administrasi Perkantoran. Saya berfikir, mungkin di sebabkan oleh bidang pekerjaan ini memang banyak dibutuhkan, sehingga ada begitu banyak calon pegawai yang ingin mengetahui lebih terlebih dahulu sebelum bekerja.
Empat Tugas Pegawai Administrasi Perkantoran

Sebenarnya tugas pokok Administrasi Perkantoran ialah melakukan perlengkapan data, mengelola dokumen dan juga menyimpannya secara terstruktur. Yang paling utama adalah seorang Admin kantor perlu membangun hubungan baik dengan setiap karyawan. Karena memang dalam posisi ini, semua orang yang ada di kantor tersebut akan sering berhubungan dengan administrasi perkantoran. Di bawah ini adalah tugas yang perlu dilakukan oleh seorang Administrasi Perkantoran, diantaranya:

Menerima Panggilan Telepon

Seorang admin kantor pada umumnya akan bertugas untuk urusan komunikasi melalui telepon, yakni menerima dan melakukan panggilan melalui telepon dari pihak luar atau sesama kantor. Tentunya Anda perlu mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Untuk beberapa kantor yang skala kecil hingga menengah, biasanya memang bertugas untuk menjawab atau menerima telepon. Sangat berbeda tentunya untuk perusahaan skala besar, yang biasanya sudah ada divisi lain seperti Customer Service.

Dalam hal ini tugas administrasi perkantoran yaitu sebagai penghubung. Bahkan terkadang harus berhubungan dengan relasi dari kantor lain dalam hal urusan kerjasama bisnis dan yang lainnya.

Membuat Agenda Kantor

Dari setiap komunikasi melalui telepon, terkadang ada relasi yang ingin bertemu dengan pimpinan perusahaan atau divisi lain yang ada pada kantor tersebut. Ini merupakan tugas Administrasi Perkantoran juga di haruskan untuk menyiapkan agenda mengenai beberapa kegiatan semacam ini. Namun yang harus di ingat adalah, sebelum membuat agenda Anda harus komunikasikan terlebih dahulu pada pihak terkait.

Entri Data Perusahaan

Tugas pokok di setiap kantor untuk seorang admin biasanya adalah masalah entri data. Mulai data transaksi dari klien, data informasi konsumen, data pengeluaran dan lainnya harus direkap. Jangan khawatir yah, sebab tidak semuanya di rekap sendiri. apabila perusahaan sudah ada divisi lain, contohnya niih divisi gudang, pada umumnya sih tugas admin kantor hanya merekap kesimpulan yang sudah dilakukan dari divisi lain.

Melakukan Arsip Data

Supaya semua data mudah dikelola, maka disini diperlukan pengarsipan. Hal itu bertujuan agar data dokumen dan apapun itu bisa terorganisir dengan baik.

Apabila di lihat sekilas saja, memang terlihat banyak sekali tugas dari Administrasi Perkantoran. Namun,apabila Anda sudah tahu dan senang dengan pekerjaan tersebut, semua tugas tersebut bukanlah beban yang harus di pikirkan.

Yang perlu Anda ketahui adalah setiap pekerjaan itu ada resiko dan tanggung jawab yang harus diemban. Hal itu terserah diri kita masing-masing. Apabila Anda memang sudah mantap dengan pekerjaan ini ya lakukan saja dengan senang hati.

Saya sangat yakin apabila Anda menjalani pekerjaan dengan hati senang dan nyaman dengan pekerjaan tersebut, maka semuanya akan berjalan lancar dan mudah. Anda tidak harus merisaukan apa saja pekerjaannya, yang terpenting adalah melakukan sesuai tanggung jawab yang diberikan.

Tugas dari seorang Administrasi Perkantoran ini sangat penting, hal ini berarti keberadaan Anda di kantor juga sangat vital lho. Kemampuan Anda miliki sangatlah dibutuhkan untuk urusan Administrasi ini. Baca juga: Fungsi Administrasi Perkantoran yang Perlu Anda Ketahui

Pada umumnya perusahaan yang membutuhkan Administrasi Perkantoran akan mencari kandidat terbaik, mulai dari lulusan SMK Administrasi Perkantoran. Tapi apabila perusahaan tersebut sudah bonafit, pada umumnya persyaratan pendidikan minimal S1 yah. Namun, jika Anda lulusan D2 atau D3m itu bukan masalah kok, Anda dapat datang langsung dan melamar disana. Sebab jika Anda memang bagus dan berkompeten tidak menutup kemungkinan Anda akan langsung di terima.

Saya sangat menyarankan untuk Anda tidak pesimis, apapun bisa terjadi yang terpenting Anda usaha lebih dulu. Memang administrasi perkantoran membutuhkan orang orang yang cukup cerdas, namun rezeki juga tidak boleh di lupakan. Jika Anda memang rezekinya di tempat tersebut, walaupun Anda hanya lulusan D2 Anda pasti di terima. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar