Skip to main content

Etika Komunikasi di Lingkungan Kantor yang Baik

Komunikasi ialah hal yang paling penting dalam melakukan suatu pekerjaan. Dimana seseorang yang mampu berkomunikasi dengan baik akan memberi banyak keuntungan untuk dirinya sendiri ataupun perusahaan tempat dia bekerja.
Etika Komunikasi di Lingkungan Kantor yang Baik

Semua perusahaan pasti mempunyai standar dan etika berkomunikasi yang berbeda-beda namun tujuannya pasti sama yaitu untuk memberi pelayanan yang terbaik bagi setiap customer. Sebab melalui komunikasi yang santun akan membuat lawan bicara Anda mudah memahami apa maksud dan tujuan yang Anda sampaikan.

Baca juga: Kantor dengan Desain Interior Keren dan Produktif

Etika Cara Komunikasi di Lingkungan Kantor yang Baik

Apabila Anda mau di hargai oleh semua orang yang ada di kantor, maka sudah selayaknya Anda juga bisa menghargai mereka. Salah satu caranya yaitu dengan etika berbicara, di bawah ini ialah beberapa tips cara komunikasi yang baik, diantaranya :

1. Bersikap Profesional

Melakukan komunikasi di lingkungan kantor ialah suatu proses penyampaian pesan yang dilakukan satu pihak ke pihak lain dalam ruang lingkup organisasi. Ketika berkomunikasi Anda ialah orang yang mewakili perusahaan tempat bekerja, bukan sebagai pribadi sendiri, jadi Anda harus bisa membedakan arah serta tujuan pembicaraan yang akan Anda lakukan.

Anda perlu melakukan komunikasi sesuai etika perusahaan Anda, jangan sampai lawan bicara Anda berpikir negatif tentang Anda dan perusahaan Anda, jadi tugas Anda ialah memberi komunikasi yang positif.

2. Hargai Lawan Bicara

Apabila Anda sedang berbicara dengan seseorang, maka hargailah orang yang ada dihadapan Anda siapapun dia. Biarkan lawan bicara Anda berbicara tentang apa yang ingin dia sampaikan, dengarkan dengan baik semua kalimat yang muncul supaya Anda mengerti maksud pembicaraannya.

Jika sudah selesai barulah Anda bisa menjawab dan memberi penjelasan kepada lawan bicara Anda. Usahakanlah untuk berbicara secara singkat ,padat dan jelas supaya tidak membosankan orang yang mendengar Anda.

3. Jangan Memotong Pembicaraan

Ketika Anda sedang membahas suatu dengan seseorang, Anda perlu berikan waktu pada lawan bicara Anda untuk berbicara, setelah selesai barulah Anda menjawab dan memberi penjelasan. Ingat jangan sekali-kali memotong pembicaraan seseorang sebab hal tersebut tidak sopan dan terasa tidak etis dilakukan, terlebih lagi apabila Anda berada dilingkungan kantor.

4. Tatap Mata Lawan Bicara Anda

Baca juga: Inilah Rahasia Dalam Kehidupan Sosial Dunia Kantor

Ketika Anda berkomunikasi dengan customer atau rekan kerja Anda di kantor atau perusahaan, maka usahakan Anda menatap matanya supaya lawan bicara tahu bahwa Anda mendengarkan dan memperhatikan apa yang mereka bicarakan. Hindari untuk Anda menatap keatas atau ke arah yang tidak jelas bahkan memainkan jari atau HP Anda sebab hal tersebut tidak sopan dan terkesan menyepelekan lawan bicara Anda yang sedang bicara.

5. Gunakan Bahasa yang Sopan

Saran saya ketika Anda berkomunikasi dengan seseorang di kantor selalu pakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Terlebih lagi apabila orang tersebut ialah customer atau atasan Anda.Hindari penggunaan kalimat yang tidak sopan dan tidak layak untuk Anda ucapkan di kantor. Sebab kalimat dan kata yang Anda ucapkan ialah cerminan diri Anda dan perusahaan Anda tempat bekerja.

6. Atur Volume dan Nada Bicara

Anda perlu mengetahui bahwa berkomunikasi dengan seseorang pasti memerlukan keahlian dalam merangkai kata demi kata dengan baik dan benar supaya tercapai kesepahaman antara Anda dan lawan bicara.

Nada bicara yang baik dan tepat juga akan sangat menentukan seseorang bisa memahami maksud pembicaraan Anda. Sebab apabila Anda tidak bisa mengatur nada dan intonasi dengan baik, terkadang akan menimbulkan kesalahpahaman. Bukan hanya itu saja,Anda juga harus bisa mengatur volume suara Anda, jangan terlalu pelan dan jangan terlalu keras.

7. Fokus pada Topik

Baca juga: Empat Tugas Pegawai Administrasi Perkantoran

Saat membahas suatu hal yang seru dan menarik terkadang membuat orang lupa diri sebab terlalu bersemangat dalam berbicara. Memang hal tersebut tidak salah jika hanya sekedar untuk selingan dan tidak melebar kemana-mana, yang bisa membuat topik utama pembicaraan Anda malah tidak tersampaikan dengan baik. Maka dari itu, saran saya ketika berkomunikasi dengan seseorang fokuslah pada topik pembicaraan Anda sehingga Anda tidak membuang waktu yang memberikan kesan membosankan lawan bicara Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar