Skip to main content

Fungsi Administrasi Perkantoran yang Perlu Anda Ketahui

BacaNulis.Com - Sebuah organisasi atau perusahaan tentu mempunyai sistem pengaturan yang sangat rapi sehingga semua hal yang keluar masuk sistem perkantoran tersebut menjadi lebih tertata. Apabila mereka tidak mempunyai beberapa aturan serta ketentuan yang berlaku , maka di antara mereka yang bekerja tentu tidak akan terjadi keselarasan bersama.
Fungsi Administrasi Perkantoran yang Perlu Anda Ketahui

Aturan yang berlaku dari kantor tersebut haruslah di taati oleh setiap orang yang bekerja disana, apabila ada salah satu di antara mereka yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik, maka sang atasan dapat melakukan tugasnya.

Fungsi Administrasi Perkantoran

Dalam sebuah kantor atau organisasi tentu akan ada administrasi perkantoran. Nah, ada beberapa fungsi dari administrasi perkantoran tersebut, dan ini banyak yang masih belum memahami, bahkan bagi mereka yang telah bekerja di sebuah perusahaan. Di bawah ini ialah beberapa fungsi dari administrasi perkantoran, diantaranya :

Rutin

Fungsi rutin disini ialah fungsi yang akan membutuhkan perhatian minim mengenai penataan arsip sehingga semua akan tertata rapi dan apabila sewaktu-waktu di butuhkan, maka Anda tidak kebingungan mencarinya.

Dengan secara rutin melihat beberapa arsip pekerjaan pada kantor Anda, itu akan membuat Anda lebih efisien dalam mengatur segala sesuatu tanpa harus membaca lagi saat di butuhkan. Ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk Anda.

Teknis

Fungsi teknis membutuhkan perhatian lebih sebab dalam fungsi tersebut membutuhkan sebuah opini, keputusan serta ketrampilan perkantoran yang tentunya memadai. Disini kita dapat mengambil contoh, staf yang bekerja memakai perangkat keras komputer.

Fungsi ini adalah salah satu yang paling penting saat ini, dimana hampir semua organisasi atau perusahaan saat ini akan menggunakan teknis berupa komputer dalam setiap pekerjaannya. Saya dapat mengatakan elemen paling penting di Era digital ini adalah fungsi teknis.

Analisis

Dalam fungsi analisis tentu Anda membutuhkan pemikiran yang lebih kritis dan juga kreatif. Bukan hanya itu saja, fungsi ini juga disertai dengan kemampuan untuk mengambil keputusan pada suatu hal. Fungsi analisis pada umumnya akan di digunakan untuk menganalisis laporan yang kemudian memutuskan sesuatu dari laporan yang telah di analisa tersebut.

Analisis memerlukan ketelitian dalam pengerjaannya, sebab hasil dari analisis tersebut akan menjadi gambaran bagaimana perusahaan Anda akan berjalan. Jika Anda menemukan terobosan baru dalam hal analisis tersebut tentu perusahaan akan semakin maju.

Interpersonal

Fungsi Interpersonal merupakan fungsi dimana hal ini memerlukan kemapanan penilaian dan juga analisis yang kemudian akan dijadikan dasar pengambilan keputusan. Kita dapat mengambil contoh yaitu ketrampilan untuk mengkoordinasikan tim proyek.

Jika seseorang yang bertugas sebagai Interpersonal tersebut cekatan dan mampu untuk mengatur segala sesuatu dengan baik, maka operasional perusahaan juga akan berjalan dengan lancar. Ingat penggerak dari sebuah perusahaan adalah bidang produksi, dan bidang produksi ini di pegang secara penuh oleh seorang Interpersonal.

Manajerial

FungsiManajerial membutuhkan kemampuan dalam hal perencanaan, pengukuran, dan juga motivasi. Biasanya fungsi ini bisa kita lihat pada beberapa kegiatan pengorganisasian pembuatan anggaran dan juga pengevaluasian karyawan.

Manajerial adalah yang paling penting dari sebuah perusahaan. Dapat kita bayangkan bagaimana perusahaan akan terus berdiri jika pengelolaan manajerialnya tidak berjalan secara lancar. Ini bukan masalah mereka karyawan bawahan yang lalai, namun jika Anda yang berposisi sebagai manager yang mempunyai fungsi khusus dalam hal manajerial maka kecerdasan dan ketelitian untuk mengambil keputusan sangat di perlukan.

Dalam sebuah perusahaan yang besar, otak sesungguhnya dari semua roda administrasi yang berjalan di pegang oleh manager. Dia memegang kendali atas apa yang dia duduki. Kita dapat mengambil contoh, seorang manager marketing tidak akan di katakan berhasil jika penjualan mereka masih sangat minim.

Dengan menjalankan fungsi administrasi yang baik maka roda perusahaan akan terus berjalan. Jika Anda berposisi sebagai seorang manager maka Anda harus menjadi orang pertama yang bertindak sebagai pengendali, jangan pernah takut untuk mengambil keputusan jika hal itu dapat merugikan perusahaan.

Dari beberapa fungsi administrasi d atas dapat kita simpulkan bahwa semua elemen dari sebuah organisasi atau perusahaan harus berjalan berkesinambungan agar tujuan bersama dapat di capai. Baca juga: Pengertian Administrasi Perkantoran Lengkap
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar