Skip to main content

Informasi Seputar Khasiat Pepaya yang Perlu Anda Tahu

Buah pepaya tidak saja enak rasanya, tetapi juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Bayangkan saja, dalam satu buah pepaya terkandung hingga 235mg vitamin C. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A, vitamin B1, B3, B5, folat, potasium, vitamin K, vitamin E, serat, dan magnesium.  Beragam kandungan yang terkandung di dalam pepaya, menjadikan orang-orang rutin  mengkonsumsinya hanya karena ingin merasakan khasiat pepaya tersebut.
Informasi Seputar Khasiat Pepaya yang Perlu Anda Tahu

Detail Informasi Seputar Ragam Pepaya

Baca juga: Informasi Seputar Khasiat Alpukat

Saat ini barangkali sebagian besar orang hanya mengenal pepaya sebagai buah untuk memperlancar pencernaan. Tapi sejatinya masih banyak lagi manfaat/khasiat pepaya bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu diketahui:

  • Menyehatkan mata. Pepaya mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Vitamin A dibutuhkan dalam rangka agar kesehatan kornea tetap terjaga dan menghasilkan kelembapan yang cukup agar mata selalu terlumasi dengan baik.
  • Memperlancar pencernaan.Pepaya terbukti mampu melancarkan pencernaan. Hal ini karena pepaya mengandung enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Menurut penelitian, jika seseorang  mengkonsumsi pepaya selama 40 hari, besar kemungkinan akan terhindar dari perut kembung.
  • Menyehatkan rambut dan kuku. Pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang terbukti sangat efektif dalam  meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Buah berwarna oranye ini bahkan bisa dibuat sebagai masker pepaya untuk menyuburkan rambut.
  • Memulihkan kulit yang terbakar akibat pancaran sinar matahari. Terdapat kandungan zat yang dikenal dengan nama likopen. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kalau likopen dapat melembabkan dan menghaluskan kulit karena kinerja antioksidan dari zat tersebut sangat efektif dalam memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas.
  • Kesehatan jantung. Pepaya yang mengandung vitamin C dan likopen bisa dijadikan sebagai  makanan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan dalam pepaya juga terbukti berkhasiat untuk meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.
  • Mencegah risiko terserang kanker. Pepaya mengandung likopen yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.
  • Antipenuaan. Berbagai kandungan nutrisi dalam buah pepaya akan menjadikan nampak awet muda. Contohnya saja enzim papain yang melembutkan dan merevitalisasi kulit, serta vitamin A dan C yang membantu mengurangi kerutan serta menghilangkan noda atau flek hitam. Selain itu, vitamin C dalam pepaya turut merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen yang berperan mengurangi keriput.
  • Memperkuat kekebalan tubuh. Vitamin A, C, serta E dalam pepaya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tak mudah terserang penyakit. Hasilnya, Anda bisa terhindar dari berbagai keluhan tubuh seperti flu atau pilek.
  • Efektif untuk mengatasi penyakit demam. Pepaya juga berkhasiat meningkatkan jumlah trombosit. Studi kasus menunjukkan bahwa penderita infeksi dengue yang memperoleh ekstrak daun pepaya berpotensi mengalami peningkatan trombosit yang signifikan ketimbang mereka yang mendapatkan pengobatan biasa.
Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar