Skip to main content

Inilah Khasiat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Khasiat madu bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat. Sebagian orang bahkan mengkonsumsi madu secara rutin untuk menjaga kesehatan mereka.  Di zaman romawi, para atlet menggunakan madu sebagai minuman penambah energi yang membantu mengembalikan tenaga mereka sehabis bertanding.
Inilah Khasiat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Selain sebagai penambah energi, tentu saja madu memiliki beragam khasiat lainnya untuk kesehatan tubuh kita. Apa sajakah khasiat madu tersebut? Simak keterangannya di bawah ini.

1.Menyeimbangkan kadar kolestrol dalam tubuh

Salah satu khasiat madu yang sangat bermanfaat bagi tubuh adalah menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa di dalam tubuh kita terdapat dua jenis  kolestrol, yakni kolestrol baik (HDL) dan kolestrol jahat (LDL). Kolesterol jahat meningkatkan resiko yang besar bagi kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi madu, total LDL dalam tubuh akan berkurang, sehingga kolestrol baik akan meningkat.

2.Sebagai obat batuk alami

Khasiat madu yang berikutnya adalah sebagai obat batuk alami. Penggunaan madu sebagai obat batuk alami sangat aman digunakan untuk segala usia. Penggunaan dalam jangka panjang pun tidak berbahaya, karena sifatnya yang alami dan tidak mengandung bahan kimia sedikitpun.

3.Sebagai obat luka

Khasiat madu berikutnya adalah sebagai obat luka. Saat tubuh kita terkena benda tajam sehingga mengakibatkan luka, penggunaan madu dengan cepat sangatlah efektif untuk segera menutupi luka tersebut dan mengobatinya. Caranya, oleskan madu tersebut ke area tubuh yang mengalami luka.  Nanti kandungan antibakterial dan anti-inflamasi pada madu akan mencegah bakteri dan menutup jaringan yang luka.

4.Kaya akan antioksidan

Kandungan antioksidan pada madu sangat tinggi. Oleh karena itu, madu cocok digunakan sebagai obat alami yang menghambat sel-sel kanker. Tidak hanya mengandung antioksidan, madu juga mengandung beragam kandungan lainnya yang juga bermanfaat bagi tubuh, seperti membantu mengurangi risiko gangguan jantung dan stroke. Hal tersebut dikarenakan madu terbukti mampu melancarkan aliran darah sehingga tidak menggumpal dan tersumbat.

5.Menghaluskan kulit wajah

Madu merupakan obat kecantikan alami yang sangat efektif untuk memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Tidak heran jika saat ini banyak kosmetik pemutih wajah yang mengandung madu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penggunaan madu secara langsung merupakan pilihan yang tepat.

Cara penggunaannya adalah dengan menjadikan madu yang dipadukan dengan lemon sebagi masker. Setelah madu dan lemon tercampur menjadi satu, tingggal dioleskan ke wajah dan dibiarkan terlebih dahulu selama 15-20 menit, baru setelah itu dibersihkan dengan air bersih. Jika hal ini dilakukan secara rutin, niscaya kulit wajah akan lebih halus, serta tampak cerah dan alami.

Selain memutihkan dan mencerahkan kulit wajah, madu juga terbukti efektif dalam menghilangkan jerawat yang membandel dari wajah. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang menjadikan madu sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar