Skip to main content

Inilah Rahasia Dalam Kehidupan Sosial Dunia Kantor

BacaNulis.Com - Hal ini mungkin kedengarannya sedikit klise tenamun sangat penting untuk mengingatkan Anda bahwa hal-hal sepelepun yang Anda lakukan dapat berujung pada akhir karir Anda pada suatu kantor/perusahaan tempat Anda bekerja.
Inilah Rahasia Dalam Kehidupan Sosial Dunia Kantor

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang beberapa pelajaran dan rahasia dalam kehidupan sosial dunia perkantoran. Memang ini terkesan sedikit remeh, namun dapat berakibat fatal apabila Anda mengabaikannya:

1. Jangan Bergosip

Jika di lihat secara seksama, ini bukan hanya terjadi pada dunia kantor saja, namun hampir dalam segala hubungan sosial. Perlu Anda ketahui bahwa sedikit drama dan gosip pada umumnya akan mengantarkan pada retaknya suatu hubungan.

Dalam lingkungan kantor / perusahaan pada umumnya hal ini dimulai dengan para karyawan yang mulai membuat sebuah grup WA yang berisi teman-teman kerja 1 level/divisi dimana disana tidak ada bos / manajer. Group tersebut pada umumnya akan dijadikan ajang untuk bergosip, tentu ini akan sangat berbahaya untuk Anda.

2. Hati-hati Sebab di Sekitar Anda Ada Mata-mata

Saya pikir ini hanya kata-kata lebay, namun realitanya ini benar-benar terjadi dalam dunia kerja.pada umumnya dalam dunia kantor ada mata-mata di dalam lingkungan kerja tersebut, orang ini dapat jadi asisten / sekretaris bos Anda, manajer atau atasan, dan bawahan OB di kantor Anda

3. Jika Resign Maka Keluarlah dengan Baik-baik

Apa saja alasan Anda resign / berhenti kerja, saran saya lakukan dengan terhormat dan baik-baik. Mungkin saja Anda ingin pindah kerja atau mulai berbisnis sendiri, jangan pernah Anda pergi dengan sembarangan sebab Anda tidak akan pernah tahu apa yang dapat terjadi nantinya setelah berhenti.

Sebab bisa saja Anda memperoleh reputasi yang buruk, Anda mungkin membutuhkan referensi kerja dari kantor sebelumnya. Lebih parah lagi, Anda malah tidak mendapatkan pekerjaan setelah keluar dan meminta untuk bekerja kembali di kantor tersebut.

4. Jangan Terlalu Pusing dengan Politik Kantor

Anda harus tahu bahwa perusahaan yang skala kecil ataupun besar pada umumnya mempunyai kecenderungan power play. Maksudnya yaitu mereka yang diatas dapat memainkan aturan seenaknya, akibatnya bawahan akan merasa tertekan, merasa tidak adil dan sebagainya.
Saran saya jangan terlalu menanggapi serius hal tersebut, sebab hal itu juga pada umumnya sering terjadi dalam dunia pendidikan dimana senior menggunakan sistem power play yang sama kepada juniornya kan.

5. Terkadang Kita Dituntut Bekerja dengan Baik, Tapi Orang Tersebut Tidak Lebih Baik Dari Kita

Ini memang sering terjadi, sebab saya sendiri selaku mantan karyawan juga pernah mengalaminya. Anda bisa saja akan di tuntut untuk bekerja lebih kerasa dan lebih giat lagi, saat Anda masih baru bekerja di suatu perusahaan.

Saran saya jangan terlalu di fikirkan, kerjakan saja apa yang harus Anda kerjakan. Sebab lambat laun Anda juga akan menjadi senior, tunjukkan semua yang Anda punya. Ingat saat Anda berada di puncak, Anda tidak akan lagi memperoleh perlakuan tersebut.

6. Jangan Memulai Sebuah Gosip Dalam Dunia Kerja

Anda perlu selalu waspada sebab teman/partner kerja Anda yang tadinya sepihak dengan Anda dapat berubah seketika. Apabila Anda memang memutuskan resign, ingat seburuk apapun perusahaan Anda, maka usahakan tetaplah keluar dengan cara baik-baik.

Jangan terlalu serius dalam menanggapi atasan yang suka seenaknya pada Anda, sebab itu hanya masalah posisi dan kedudukan dalam 1 perusahaan tersebut. Anda suka atau tidak suka harus terima saja, jika memang Anda tidak suka maka pindah saja.

Anda juga tidak boleh terlalu bergantung pada 1 orang / 1 perusahaan dalam karir Anda, terlebih lagi jika memang lingkungan tersebut tidak membuat Anda berkembang selama bertahun-tahun  lamanya, dar sana Anda dapat mencari peluang yang lebih baik di tempat yang lebih baik.

Baca juga: Trik Menghadapi Politik Kantor yang Biasanya Meresahkan

Anda harus mencintai pekerjaan saat ini yang sedang Anda lakukan sesuai kedudukan. Jangan pernah mengeluh atas hal tersebut, sebab Anda tidak akan dapat mengerjakan semuanya dengan maksimal jika Anda selalu mengeluh dan tidak mencintai pekerjaan. Biasanya dengan mencintai pekerjaan, hasil dari pekerjaan tersebut akan lebih baik dari yang hanya seadanya saja.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar