Skip to main content

Inilah Sumpah dan Janji Pegawai Negeri Sipil Ketika Akan Diangkat

BacaNulis.Com - Mempunyai predikat Pegawai Negeri Sipil sepertinya menjadi kesenangan dan ada rasa kebanggaan yang mendalam bagi sebagian orang. Mengabdikan diri terhadap negara dan selalu memberikan kontribusi positif untuk negara tercinta memang menjadi keinginan banyak orang, khususnya di Indonesia. Untuk mereka yang beruntung, mereka akan dapat menikmati kebanggaan menjadi seorang pegawai negeri sipil atau PNS selama hidupnya.
Inilah Sumpah dan Janji Pegawai Negeri Sipil Ketika Akan Diangkat

Jika Anda ingin menjadi PNS, bukan perkara mudah untuk sampai kesana. Ada begitu banyak orang yang harus belajar dan berusaha ekstra demi dapat lolos seleksi penerimaan Calon PNS setiap tahunnya. Jika Anda lolos menjadi CPNS, maka Anda dapat menyandang predikat sebagai PNS.
Saat hendak menjadi PNS ini, terdapat prosedur yang harus dilakukan dan wajib Anda lakui. Apabila di perusahaan swasta hanya cukup dengan menandatangani kontrak kerja saja, lalu Anda akan terikat dengan perusahaan tersebut, namun jika Anda sebagai PNS tidak cukup dengan sekedar tanda tangan kontrak saja.

Nah, sebelum Anda menjadi seorang PNS, Anda akan dituntut untuk mengucapkan sumpah pegawai atau janji pegawai negeri Sipil di Indonesia. Hal ini telah tertuang dalam pasal 66 ayat (1), Undang -Undang No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, yang berbunyi “Setiap calon PNS pada saat  diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji.”.

Tujuan dana Arti Sumpah / Janji Pegawai Negeri Sipil

Apakah Anda mengetahui apa tujuan dari di lakukan sumpah atau janji pada setiap calon PNS ? Ini sebagai bagian dari upaya dalam hal pembinaan PNS sebagai aparatur Negara dan abdi masyarakat khususnya, yang bertujuan supaya para pejabat PNS ini memiliki kesetiaan dan ketaatan pada Pancasila, UUD 1945, Negara dan juga pemerintah.

Selain itu mereka juga di tuntut untuk memiliki mental yang baik, jujur, bersih, berguna dan juga penuh tanggung jawab terhadap semua tugasnya. Nah, di bawah ini adalah bunyi sumpah yang harus di ucapakan oleh setiap calon pegawai negeri sipil di Indonesia.

Sumpah Janji Pegawai Negeri Sipil (Pasal 26 UU No. 8/1974)

Demi Allah, saya bersumpah/berjanji :

Bahwa saya, untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil, akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah.

Bahwa saya, akan mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab.

Bahwa saya, akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan Negara, Pemerintah, dan Martabat Pegawai Negeri, serta akan senantiasa mengutamakan kepentingan Negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan.

Bahwa saya, akan memegang rahasia sesuatu yang menurut sifatnya atau menurut perintah harus saya rahasiakan.

Bahwa saya, akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan bersemangat untuk kepentingan Negara.

Jika Anda sudah mengucapkan sumpah yang saya tulis di atas, maka selanjutnya Anda akan di berikan surat kerja yang di keluarkan langsung oleh pemerintah. Sumpah ini adalah sumpah suci yang di lakukan dengan saksi kitab suci masing-masing agama di Indonesia.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Ingat, Seperti yang kita ketahui jika kita bersumpah dan hasilnya malah kita berbohong, maka akan ada dosa yang harus di pertanggung jawabkan. Setiap agama pasti mengajarkan untuk selalu berbuat baik, jujur, dan saling menolong. Selain itu akan ada hukuman kelak jika Anda melanggarnya.


Sumber bacaan : https://medium.com/@kacamatapena/sumpah-janji-pegawai-negeri-sipil-pasal-26-uu-no-8-1974-93a5aa70859a
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar