Skip to main content

Jenis-jenis Pengambilan Keputusan Dalam Perencanaan Strategi

Pengambilan keputusan dalam perencanaan strategi adalah proses memvisualisasikan masa depan yang diinginkan dan menerjemahkan visi itu menjadi tujuan atau sasaran.
Jenis-jenis Pengambilan Keputusan Dalam Perencanaan Strategi

Perencanaan strategi adalah kegiatan manajemen organisasi yang digunakan untuk memprioritaskan, memfokuskan sumber daya, memperkuat operasi, memastikan bahwa setiap orang bekerja untuk mencapai tujuan bersama, membuat kesepakatan tentang hasil yang diinginkan, dan menyesuaikan arah organisasi dalam menanggapi lingkungan yang berubah.

Ini adalah upaya disiplin yang menghasilkan tindakan mendasar yang membentuk organisasi. Perencanaan strategi yang efektif mengartikulasikan tidak hanya di mana keinginan perusahaan dan tindakan apa yang diperlukan untuk sampai ke sana, tetapi juga bagaimana ia akan tahu jika itu berhasil.
Dari latar belakang tersebut saya menguraikan posting ini untuk menunjukkan jenis pengambilan keputusan yang sesuai dengan perencanaan strategi dan bagaimana mencapai jenis keputusan yang memang sesuai.

Baca juga: Fungsi Administrasi Perkantoran yang Perlu Anda Ketahui

Rencana bisnis adalah dokumen yang sangat penting, dan biasanya membahas apa bisnis Anda dan mengapa memiliki nilai di pasar. Perencanaan strategi menentukan tindakan dengan tujuan spesifik mengenai bisnis yang Anda jalankan. Ini juga mendefinisikan siapa yang bertanggung jawab atas semua keputusan yang menjadi kesepakatan bersama.

Pengambilan Keputusan

Perencanaan strategi Anda akan menjelaskan ke mana perusahaan akan pergi sehingga semua orang bekerja dengan informasi yang sama. Pada akhirnya, ini membantu Anda menilai apa organisasi Anda, apa yang dilakukannya dan mengapa itu dilakukan, dengan fokus pada mengoptimalkan potensi masa depan perusahaan Anda.

Namun Anda juga harus ingat, saat mengambil suatu keputusan dalam dunia bisnis harus terlebih dahulu di ketahui untung rugi dari project tersebut. Tidak akan ada yang menolong Anda, saat semua yang Anda jalankan mengalami kegagalan.

Dalam hal ini ketelitian akan proyek itu sangat di butuhkan, detail pasar dan dana yang di butuhkan perlu Anda lihat. Jangan sampai investasi yang cukup besar malah membuat Anda menjadi sangat tertekan di kemudian hati, atau malah mengalami kebangkrutan.

Rencana Strategi Bisnis

Rencana dalam bisnis perlu Anda buat dari awal sebelum memulai sebuah proyek, ini bertujuan membuat semuanya tampak jelas antara kerugian dan keuntungan yang akan di alami perusahaan jika proyek itu di lakukan. Pada umumnya rencana strategi akan mencakup:

• Ringkasan eksekutif, yang ditulis pada akhir proses.
• Deskripsi perusahaan.
• Misi, visi dan nilai-nilai.
• Analisis strategi seperti SWOT yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.
• Penjelasan tentang strategi dan taktik.
• Rencana aksi.
• Rencana anggaran dan operasional.
• Metode rinci pemantauan dan evaluasi.

Namun apabila Anda hanya bekerja dalam perusahaan atau bisnis yang terbilang kecil, maka merencanakan bisnis dengan cepat juga bukan masalah. Sebab segala sesuatunya sudah dapat di cerna dengan mudah. Namun di sisi lain, perencanaan yang lebih rinci pada berbagai aspek dapat lebih efektif dalam organisasi yang lebih besar.

Pelatihan untuk Perencanaan Strategi

Perencanaan strategi Anda harus dilakukan dalam lingkungan tim yang melibatkan mitra bisnis utama.Biasanya dijalankan oleh presiden perusahaan, yang menerima informasi dari para profesional atau tim tertentu. Namun, sebagai area yang sangat penting, posisi akan tersedia bagi mereka yang memiliki persiapan yang cukup untuk menjalankan fungsinya.

Tim mengidentifikasi faktor utama untuk analisis strategi dan berpartisipasi dalam diagnosis ini dapat melalui wawancara. Ini juga terlibat dalam merumuskan arahan strategi dan rencana aksi. Namun jika Anda masih baru mendirikan sebuah perusahaan maka Anda perlu melakukan pelatihan terlebih dahulu.

Jika Anda masih ragu atas rencana bisnis Anda tersebut, Anda dapat mecobanya pada usaha yang tergolong kecil, namun tetap menggunakan metode yang sama. Ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian yang akan menimpa perusahaan Anda.

Baca juga: Bagaimana Melakukan Analisis Pasar untuk Rencana Bisnis?

Pada umumnya seorang pengusaha yang handal akan selalu yakin atas apa yang menjadi rencana bersama dalam suatu perusahaan. Dia akan berani investasi dalam jumlah besar, tidak peduli apa yang akan terjadi nanti.

Rencana bisnis boleh saja berkualitas, namun tetap saja aksi untuk apa yang telah di rencanakan adalah yang paling utama. Jadi dalam hal ini keberanian Anda sangat di butuhkan dalam mengambil keputusan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar