Skip to main content

Pengertian Administrasi Perkantoran Lengkap

BacaNulis.Com - Sebuah kantor yang besar tentu akan membutuhkan administrasi perkantoran. Ini menunjukkan bahwa semua uang yang masuk dan keluar dari kantor tersebut telah di catat dan di buktikan dengan data yang telah di tulis oleh sangat admin.

Memang orang akan mengetahui apa itu administrasi perkantoran dari pekerjaan mereka yang biasa menjadi admin. Namun, apakah Anda tahu apa sebenarnya pengertian atau definisi dari administrasi perkantoran tersebut ?
Pengertian Administrasi Perkantoran Lengkap

Untuk Anda yang mungkin bingung dengan istilah tersebut, jangan khawatir lagi sebab sebentar lagi Anda akan mengetahuinya secara rinci. Saya telah melakukan beberapa penelitian dan menemukan secara keseluruhan mengenai definisi administrasi perkantoran.

Definisi Administrasi Perkantoran merupakan serangkaian aktivitas rutin di dalam suatu organisasi yang erat berhubungan dengan pengelolaan data serta informasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut secara detail dan terperinci.

Kata Administrasi sendiri berasal dari bahasa Latin, yakni Ad yang mempunyai arti intensif dan ministrare atau dalam bahasa Indonesia ini berarti membantu, melayani, atau memenuhi setiap tugas.

Pengertian administrasi perkantoran sendiri dalam arti sempit merupakan semua kegiatan teknis dan mempunyai peranan pokok dalam pelaksanaan kegiatan operatif serta menyajikan laporan pada direksidan juga berperan dalam menciptakan organisasi perusahaan yang lebih efektif juga efisien.

Administrasi perkantoran dalam makna yang luas dapat diartikan sebagai aktivitas perencanaan, menyelenggarakan, mengorganisir, mengarahkan, serta mengawasi bermacam pekerjaan yang berhubungan dengan ruang lingkup pada kantor dan tata usaha sesuai tata tertip yang berlaku.

Definis Administrasi Perkantoran Menurut Pendapat Para Ahli

Saya rasa jika kita hanya mengacu pada kenyataan yang ada dalam sebuah kantor untuk mendefinisikan administrasi perkantoran tanpa melihat pendapat pada ahli akan kurang etis. Maka dari itu saya juga mengutip beberapa pendapat para ahli mengenai arti administrasi perkantoran. Di bawah ini merupakan definisi administrasi perkantoran menurut para ahli, di antaranya :

Suparjati

Menurut beliu definisi atau pengertian Administrasi perkantoran merupakan suatu proses kerja sama dalam suatu lingkup kantor untuk mencapai tujuan yang sudah disepakati bersama dengan melakukan fungsi manajemen yang terperinci.

Secara umum pendapat ini dapat saya katakan sesua dengan apa yang ada dalam sebuah organsasi atau perkantoran. Suparjati adalah ilmuan satu satunya orang Indonesia yang di terima pendapatnya oleh khalayak banyak.

William Spriegel dan Ernest Daview

Menurut mereka yaitu Spriegel dan Ernest Daview, pengertian atau definisi administrasi perkantoran merupakan pemberian yang tertuju pada semua kegiatan operasional yang di lakukan bersama seperti transportasi, pengelolaan gudang, manufacturing, produksi, dan marketing.

George Terry

Menurut diadefinisi administrasi perkantoran merupakan sebuah perencanaan serta pengendalian dan juga pengorganisasian pekerjaan terhadapsuatu perkantoran yang mana hal itu menjadi penggerak pada mereka yang menjalankannya supaya tujuan yang telah ditetapkan tersebut dapat tercapai.

Edwin Robinson dan William Leffingwell

Menurut mereka yaitu Edwin Robinson dan William Leffingwell pengertian atau definisi Administrasi perkantoran merupakan turunan dari ilmu dan seni manajemen yang yang erat kaitannya dengan operasional tugas kantor secara cepat dan tepat.

Arthur Granger

Menurut dia administrasi perkantoran mempunyai fungsi untuk melaksanakan komunikasi pekerjaan kantor dengan cepat, tepat dan tata pelayanan kegiatan dokumentasi. Dalam arti lain semua yang berkaitan dengan kegiatan kantor itu di dokumentasikan atau dengan kata art lain di tulis secara rinci mengenai barang, produksi, uang dan yang lainnya.

Dari beberapa arti dan pendapat dari para ahli mengenai administrasi perkantoran, dapat saya simpulkan bahwa administarasi perkantoran adalah semua aktifitas yang di lakukan secara rutin dalam suatu organisasi yang menyangkut perencanaan, menyelenggarakan, mengorganisir, mengarahkan, serta mengawasi semua aktivitas yang ada.

Jika di lihat dari segi pekerjaan yang ada dalam sebuah organisasi atau kantor, maka orang hanya akan mengatakan bahwa administrasi perkantoran ialah mereka yang bekerja pada posisi admin, khususnya yang mengelola keuangan.

Namun, kali ini Anda sudah datang pada blog saya dan menemukan jawaban atas apa yang Anda belum ketahui. Tentu Anda dapat menyimpulkan sendiri apa itu administrasi perkantoran setelah membaca artikel ini. Baca juga: Fungsi Administrasi Perkantoran yang Perlu Anda Ketahui
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar