Pengertian Dan Penemu Website

Pengertian Dan Penemu Website

Pengertian Dan Penemu Website

pengertian dan penemu website
BacaNulis.Com - Di dunia internet pasti tidak asing dengan kata web/website. Istilah ini sudah biasa di dengar. Tapi, tentu tidak semua orang mengerti apa yang dimaksud dengan web tersebut. Web atau dikenal juga dengan World Wide Web (www) merupakan layanan yang disajikan dengan menggunakan konsep hyperlink (tautan) yang mempermudah untuk surfer yaitu melakukan browsing atau pencarian informasi yang ada di internet. Keunikan inilah yang membuat web cepat berkembang karena servis yang diberikan begitu istimewa.

Web memperbolehkan pemberian highlight (menggaris bawahi atau penyorotan) terkait kata atau gambar pada sebuah dokumen sebagai penghubung ke media lain, seperti dokumen, frasa, movie clip, atau file suara. Web juga bisa menghubungkan dokumen atau gambar dengan berbagai tempat yang berbeda. Dengan adanya sebuah browser yang mempunyai Graphical User Interface (GUI), maka link-link bisa dikaitkan kepada tujuannya kemana arah link tersebut ditujukan dengan mengklik mouse atau touchpad pada laptop.

Bila sebuah situs web disajikan dengan informasi yang up to date dan lengkap, maka hal tersebut akan mempercepat dikenal. Namun, perlu di perhatikan dalam menjalankan up to date bukanlah sebuah perkara yang mudah. Sebab tentu memerlukan waktu dan juga merupakan sesuatu yang merepotkan karena mengharuskan untuk melakukan penambahan atau pengubahan data yang disajikan.

Apabila sebuah situs web sudah dirancang secara otomatis, maka ini akan mempersulit dan merepotkan dalam hal pemeliharaannya, updating dan melengkapi data. Solusinya adalah dengan PHP dan database yang dapat digunakan dalam pengelolaan situs tersebut. Pada saat melakukan penambahan atau merubah data ke dalam database tidak perlu lagi harus mengubah atau editing HTML (Hyper Text Markup Language).

Penemu Web

Terkait dengan dunia internet tentu terus mengalami perubahan dan perkembangan. Web merupakan bagian dari dunia internet tersebut. Tentu hal ini membawa penasaran kepada siapa yang menemukan web yang sudah membawa manfaat yang begitu besar ke dalam aktivitas kehidupan masyarakat. Web ditemukan oleh Sir Timothy John Berners-Lee. Tapi untuk situs web yang terhubung dengan jaringan pertama sekali dimunculkan pada tahun 1991. Timothy memliki maksud dengan munculnya situs web tersebut untuk memudahkan tukar menukar dan memperbaharui informasi sesama peneliti, dimana tempat Ia bekerja. Kemudian pada tahun 30 April 1993, CERN (tempat timothy bekerja) diumumkanlah bahwa WWW bisa dipakai secara gratis untuk umum atau publik.

Sebuah situs web menunjukkan hasil kerja secara perorangan atau individu atau juga merupakan bukti kepemilikan secara organisasi atau perusahaan. Isi konten sebuah situs biasanya memiliki sebuah atau beberapa topik khusus atau kepentingan tertentu. Pada situs web juga terdapat pranala yang bisa menghubungkan antara web yang satu dengan yang lainnya, sehingga hal ini tidak terlalu membedakan apakah situs itu diperuntukkan untuk pribadi atau perusahaan.

Baca juga: Manfaat Teknologi Informasi untuk Dunia Pendidikan

Biasanya situs web ditempatkan di server web. Pada sebuah server web secara umumnya sudah di lengkapi dengan perangkat-perangkat lunak yang khusus untuk menangani pengaturan nama ranah dan juga menangani layanan atas protokol HTTP yang dinamakan sebagai Server HTTP, seperti halnya Apache HTTP atau Internet Information Services (IIS)
Buka Komentar