Skip to main content

Penyebab Utama Masalah Keuangan Pegawai yang Biasa Terjadi

BacaNulis.Com - Menjadi seorang pegawai tentu kita harus dapat mengelola keuangan pribadi dengan benar dan efisien. Sebab dengan nominal pendapatan yang tetap, hal itu justru harus membuat Anda benar-benar tepat dalam menggunakannya sedari hari. Ingat jangan sampai hal itu malah menyebabkan masalah keuangan yang terus ada dalam setiap bulannya.
Penyebab Utama Masalah Keuangan Pegawai yang Biasa Terjadi

Hal yang kerap terjadi pada karyawan adalah disebabkan oleh belanja yang tidak di atur. Memang sih berbelanja menjadi kebutuhan wajar, namun hal itu kadang menjadi gaya hidup yang tidak baik untuk sebagian orang. Terlebih lagi apabila sudah tidak terkontrol, sehingga sangat sering berbelanja sesuatu yang tidak ada gunanya untuk hidup seseorang.

Saya merupakan mantan karyawan di salah satu perusahaan swasta yang di Indonesia. Memang saya akui pada awal saya bekerja saya tidak dapat mengatur semua keuangan pada dompet setelah menerima gaji.Jangan sampai Anda seperti saya dulu, sebab hal itu dapat menyebabkan masalah keuangan di hidup Anda.

Penyebab Masalah Keuangan Para Pegawai

Seperti yang di katakan banyak orang, “Tidak Ada Asap Apabila Tidak Ada Api”. Hal ini memang benar adanya. Seperti dalam keuangan, uang Anda tidak akan cepat habis apabila tidak ada penyebabnya. Nah, penyebab itulah yang harus kita cari dan segera meminimalisir. Berikut Penyebab  Masalah Keuangan yang Biasa Terjadi Pada Karyawan.

1. Memakai Kartu Kredit Yang Tidak Terkontrol

Anda harus tahu bahwa kartu kredit bisa jadi hantu di hidup Anda apabila Anda tidak dapat mengontrolnya. Semua tahu kartu kredit akan mempermudah kita jika membeli sesuatu, namun ingat yang namanya kartu kredit berarti Anda hutang dulu, lalu nanti dibayar di akhir atau awal bulan sesuai dengan tagihannya kan.

Terkadang penggunaan kartu kredit ada yang tidak terkontrol, yang akhirnya tagihannya terlalu besar dan tidak mampu membayar.

Dengan Anda menggunakan kartu kredit, hal itu juga akan membuat Anda dapat membeli apapun, yang sebenarnya sih jika di lihat dari segi finansial Anda tidak mampu membelinya. Sehingga hal ini akan menjadi masalah baru di keuangan Anda.

Bukan merendahkan, tapi dengan gaji pegawai yang terbilang minim tersebut, tentu akan menjadi sandungan jika Anda menggunakan kartu kredit.

2. Tergiur Promo

Biasanya yah tanggal muda, abis gajian, eh pas banget ada promo gila-gilaan, lalu Anda belanja hingga tidak sadar kalau uangnya habis banyak untuk belanja. Ingat yah promo sebenarnya jadi setan untuk keuangan Anda, sebab promo pada umumnya akan menawarkan harga yang murah.

Namun walaupun terlihat murah, ini akan membuat Anda untuk terus membelinya  sampai puas sehingga tidak sadar bahwa hal itu akan menguras uang Anda.

3. Gabung Member

Anda harus tahu bahwa saat banyak sekali program-program member yang menawarkan beberapa fasilitas kepada setiap membernya, contohnya nih yah potongan harga, event-event, voucher, dan lain-lain. Member-memberan seperti ini sekarang banyak diikuti, gabung dengan member-member seperti ini akan membuat Anda secara tidak langsung  membuat gairah berbelanja semakin tinggi, hal itu di sebabkan oleh rasa sudah gabung member dapat potongan harga.

Namun Anda harus ingat, program seperti ini akan membuat uang Anda cepat habis dan bahkan ludes dalam seketika. Saran saya jangan pernah ikut program seperti ini, kita tahu manusia adalah mahluk yang suka dengan promo. Jika ada promo langsung saja beli biasanya.

4. Suka Makan Dan Minum Di Luar

Kebiasaan Anda untuk makan dan minum di luar seperti di cafe, restoran, dll juga akan membuat Anda bertemu dengan masalah pada keuangan Anda. Saya yakin Anda tidak akan tahu seberapa total yang sudah dikeluarkan, namun apabila ini sering dilakukan maka hal itu dapat membuat masalah serius pada keuangan Anda. Baca juga: Inilah Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Bergaji Kecil

Masalah keuangan dapat datang pada siapa saja, terlebih lagi jika orang tersebut suka dengan gaya hidup mewah. Bagi mereka dengan uang milyaran, tidak masalah untuk bergaya mewah. Tapi untuk kita dalam batas karyawan tentu juga harus memikirkan isi dompet sebelum bergaya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar