Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Vital Manajer TI di perusahaan

Seorang manajer TI tahu secara detail mengenai rutinitas administrasi dan alat teknologi dari sebuah perusahaan. Divisi ini akan selalu berusaha untuk mengoptimalkan hasil bisnis, sebab hal itu adalah salah satu syarat dasar untuk terus bersaing dengan  perusahaan lain.
Peran Vital Manajer TI di perusahaan

Manajer bertugas merencanakan dan mengimplementasikan sistem otomasi untuk manajemen informasi dan memiliki fungsi menciptakan dan menerapkan strategi TI kepada perusahaan untuk memastikan kinerja terorganisasi dengan baik.

Baca juga: Fungsi Administrasi Perkantoran yang Perlu Anda Ketahui

Tanggung Jawab dan Peran Vital Manajer TI di perusahaan

Menjadi seorang manajer bukan perkara yang mudah, sebab akan selalu di hadapkan pada sesuatu yang cukup menantang. Dan perusahaan memang akan selalu membutuhkan seorang manajer yang berpengalaman. Di bawah ini adalah tanggung jawab dan Peran Vital Manajer TI di perusahaan, diantaranya :

1. Mengelola proyek di semua tahapannya

Periksa setiap langkah proyek dan beri tahu apakah tim dapat melanjutkan ke fase berikutnya, menyelesaikan proyek, mengambil kesalahan dan menyelesaikan final. Manajer TI bertanggung jawab atas keberhasilan akhir dari setiap proyek, karena menangani uraian implementasi, rasionalisasi, dan desain ulang proses.

2. Mengembangkan strategi dan prosedur darurat

Di antara fungsi-fungsi manajer TI, yang satu ini bertujuan untuk keamanan di tingkat data, akses, audit, dan kontinuitas layanan TI. Oleh karena itu, seorang manajer TI harus dapat mengevaluasi sistem informasi, keamanan dan database dan mengembangkan strategi sehingga semuanya berjalan sesuai rencana. Jika ini bukan masalahnya, Anda harus memikirkan prosedur kontingensi dan meneruskannya kepada tim.

3. Mengkoordinasikan pekerjaan timnya

Fungsi penting dalam hal ini adalah pengumpulan dan penunjukan anggota untuk fungsi tertentu yang dieksekusi dengan sukses. Seorang manajer yang hebat akan mampu mengatur dan mengkoordinasi semua tim yang dimiliki agar dapat bekerja dengan semaksimal mungkin.

Ingat jika Anda tidak dapat mengkoordinasi semua tim dengan baik, tinggal tunggu saja akan ada kendala dalam proyek yang Anda lakukan. Pantau setiap tindakan mereka, baik langsung atau tidak langsung. Serta berikan pengarahan untuk yang belum paham.

4. Bernegosiasi dengan konsultan

Mempekerjakan pengembangan proyek atau mengalokasikan sumber daya untuk pengembangan kegiatan analisis dan pemrograman juga merupakan bagian dari fungsi manajer TI. Dalam hal ini di butuhkan sebuah rasa yang terbuka, dengan begitu Anda akan menerima beberapa saran dari beberapa orang dan kemudian Anda dapat mengambil keputusan dari semua ide tersebut.

5. Memahami kebutuhan bisnis dan pelanggan

Manajer dapat memiliki hubungan yang lebih dekat dengan klien perusahaan dan mencari solusi yang memenuhi tuntutan yang dihasilkan oleh mereka dan yang sesuai dengan bisnis itu sendiri. Selalu berikan apa saja yang di perlukan pelanggan atau klien agar Anda dapat selalu menjadi prioritas d hati klen.

6. Identifikasi, dokumentasikan, kelola, dan selesaikan masalah

Ini mendiagnosis kerusakan sistem dan memecahkan masalah jaringan. Ini juga harus membantu dalam mengembangkan dan mengintegrasikan sistem, mengidentifikasi, mendokumentasikan dan mencari solusi alternatif untuk setiap masalah yang mungkin timbul.

Dalam hal ini tentu seorang manajer TI akan sangat mudah melakukannya. Namun jika masalah tersebut terlampau banyak maka Anda dapat meminta bawahan Anda untuk membantu. Inilah Peran Vital Manajer TI yang memang harus Anda tahu.

7. Lakukan kontrol kualitas

Memantau dan menganalisis indikator dalam perusahaan adalah tugas penting manajer dan fundamental bagi keberhasilan suatu organisasi. Kontrol proses harus digunakan sebagai dasar untuk memberikan tingkat kualitas yang setidaknya dapat diterima.

Yang pasti seorang manajer TI perlu memiliki pengetahuan teknis yang berkaitan dengan pengoperasian jaringan dan sistem. Karena bidang ini ditandai dengan pembaruan dan inovasi terus-menerus.

Baca juga: Tips Melatih Karyawan Demi Kemajuan Perusahaan

Peran Vital Manajer TI yaitu harus selalu mencari peningkatan dan daur ulang pengetahuan tentang teknologi baru. Dengan begitu akan ada ha baru yang tercipta dar perusahaan tempat Anda bekerja tersebut.

Bukan hanya itu saja, pengetahuan di bidang manajemen sumber daya, waktu dan sumber daya manusia  sangat penting bagi manajer, hal ini bertujuan agar dapat memenuhi setiap fungsi yang memang di emban oleh seorang manajer TI. Tentu Anda akan sangat sibuk jika menjadi manajer.

Post a Comment for "Peran Vital Manajer TI di perusahaan"