Perilaku Seorang Blogger Yang Sia-Sia

Perilaku Seorang Blogger Yang Sia-Sia

Perilaku Seorang Blogger Yang Sia-Sia

perilaku blogger pemula
BacaNulis.Com - Pada pembahasan kali ini, lebih mengarah kepada seorang blogger newbie. Jika sudah mastah tentu tidak ada perilaku yang akan disebutkan sebagai menyia-nyiakan waktu. Karena seorang blogger yang sudah mastah sudah bisa membagi waktunya dengan baik. Tapi bagi pemula dalam menjalankan sebuah blog, banyak sekali motif yang diinginkan. Mulai dari ingin mendapatkan trafik yang banyak, mendaftar iklan di approve, menghasilkan uang, ingin terkenal, buka les privat dan lain sebagainya. Nah, tentu itu merupakan motif yang baik. Namun, perlu hendaknya juga untuk mengimbanginya dengan usaha untuk mencapainya.

Baca juga: Sabar dan Konsisten, Kunci Sukses Publisher Adsense

Persoalan waktu bagi seorang blogger amatlah penting. Sebuah pencapaian kesuksesan seorang blogger berproses dan berjalan mengikuti waktu yang tidak sebentar. Jika waktu disia-siakan maka motif yang diinginkan tidaklah akan sampai. Dan sebaliknya, jika waktu dimanfaatkan dengan benar, maka motif ngeblog akan semakin cepat tercapai.

Berikut ini perilaku seorang blogger yang sia-sia, yang pelakunya sering dilakukan oleh blogger pemula;

1. Melihat statistik blog

Dari bukti empiris menunjukkan seorang blogger pemula memiliki perilaku tidak sabaran. Ia menginginkan pencapaian trafik terhadap blognya dapat diraih dengan sesingkat-singkatnya. Maka, yang sangat sering dilakukannya adalah mengecek statistik pada blognya. Cek kunjungan bulanan, mingguan, dan harian yang perilaku ini dilakukannya terlalu sering, sehingga bila dihitung-hitung banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Tidak hanya itu, yang lebih buruk lagi bisa terjadi terhadap semangat, jika statistik tidak kunjung naik, sementara tulisan update terus. Ini akan membuat frustasi dan daya menulis menjadi turun. Khayalan tiap jam melihat statistik supaya terlihat angin-angin keberhasilan yang menyegarkan pikiran terhadap trafik kunjungan yang meningkat. Tapi sebaliknya, trafik masih saja seperti yang lalu-lalu. Perilaku ini sebaiknya perlu dihindarkan. Jika mengecek statistik buat saja jadwal seminggu sekali atau sebulan sekali. Hal itu akan lebih baik untuk memfokuskan terhadap membuat artikel yang berkualitas.

2. Cek dashboard iklan

Angan-angan bagi seorang blogger adalah sukses ngeblog dengan penghasilan yang melimpah. Penghasilan yang didapat tentu datangnya dari iklan. Bagi seorang blogger pemula, punya perilaku selalu cek pendapatan iklannya dengan rutin. Berharap-harap tiba-tiba penghasilan meledak. Hal ini tentu juga akan menyia-nyiakan waktu. Dan parahnya jika pendapatan kecil, maka hal ini bisa membuat seorang blogger berpikir apa yang sudah dikerjakannya sia-sia dan kemudian berhenti berharap untuk menjadi seorang blogger yang berpenghasilan, minimal bisa payout setiap bulannya.

3. Lebih aktif di sosmed

Mencari wawasan dan belajar itu sangatlah penting. Bergabung di sebuah komunitas blogger menjadi salah satu bagian untuk menjadi seorang blogger yang sukses. Banyak sekali pengalaman para mastah yang bisa dijadikan pembelajaran dan juga motivasi untuk ngeblog. Akan tetapi jangan sampai terlalu sering, sehingga melupakan tugas utama seorang blogger. Bayangkan saja jika aktif di komunitas tersebut sampai 4 jam setiap harinya, ini sangatlah rugi bila dibandingkan membuat artikel, cukup 2 jam saja sudah mendapat 2-3 artikel yang bisa di terbitkan jika waktu di sosmed dikurangi.

4. Membeli artikel karena malas

Baca juga: Tips Cara Mengelola Keuangan Hasil Nge-Blog

Membeli artikel supaya blog tetap terupdate setiap harinya dengan jumlah lumayan, misalnya; 3-5 artikel, ini boleh-boleh saja. Hal ini biasanya gawean seorang blogger mastah. Bagi blogger pemula sebaiknya jangan ikut-ikutan. Bagi blogger mastah, penghasilan iklan sangat besar, dan bisa menutupi biaya pembelian artikel. Berbeda dengan seorang blogger pemula, jika membeli artikel tentu Ia harus mengeluarkan uang dari kantongnya pribadi.

Poinnya bukan membeli atau tidak membeli artikel. Hal yang terpentingnya adalah jika baru terjun ke dunia blog saja sudah malas untuk menulis, bagaimana bisa memperoleh pengalaman menulis, mencari keywords, dll. Padahal waktu untuk menulis itu ada. Artinya jika masuk ke dunia blog masih membawa prilaku malas, maka itu berarti telah menyia-nyikan waktu Anda. Ngeblog ini mengajarkan banyak hal, tapi jika banyak berpangku tangan kepada orang lain. Berarti sudah menyia-nyiakan waktu untuk belajar dan berkarya.

5. Ngopas artikel

Ngopas artikel blog orang lain merupakan perilaku sia-sia dan tidak ada gunanya terhadap blog yang dibuat. Jikapun berjaya mendatangkan trafik, maka hal itu tidak akan bertahan lama. Ngeblog bukan sekedar mencari uang, tapi bisa menjadi kebahagiaan pemiliknya karena merasa sehati untuk berjuang bersama. Banyak karya-karya tulisan yang dibuat dan bermanfaat bagi orang lain, akan memberi sebuah motivasi yang kuat bagi seorang blogger, bahwa ngeblog merupakan bagian dari pekerjaan untuk penghidupan, penambah penghasilan dan kepuasan hati karena memiliki blog yang bermanfaat bagi oran lain.

Baca juga: 2 Cara Membuat Postingan Blog Tidak Bisa Di Copy Dengan Mudah
Buka Komentar