Skip to main content

Tinggal Serumah Dengan Mertua! Inilah Tips Menjadi Menantu Kesayangan

Tinggal Serumah Dengan Mertua! Inilah Tips Menjadi Menantu Kesayangan
BacaNulis.Com - Bagi pengantin yang baru saja menikah, wajar saja jika di awal-awal berumah tangga menumpang tinggal serumah dengan mertua. Banyak di kalangan pasangan suami istri yang seperti ini. Ekonomi yang masih belum cukup dan masih dalam tahapan merintis, para orang tua juga tidak tinggal diam. Daripada harus kontrak yang menguras kantong setiap bulannya, lebih baik tinggal serumah dengan orang tua. Uangnya bisa di tabung untuk merencanakan membuat rumah idaman sendiri.

Tapi, tentu tidak mudah tinggal serumah dengan mertua. Apalagi bagi seorang istri, yang lebih banyak di rumah bersama mertua. Kenyamanan di dalam rumah tergantung kepada mertua. Jika ada mertua yang pengertian tentu sebuah berkah. Namun, jika dapat mertua yang otoriter, wah... ini yang menjadi sebuah masalah. Banyak mertua yang masih bersikap egois kepada menantunya, karena Ia merasa sangat sangat berhak untuk itu. Rumah yang ditinggali adalah rumahnya dan anaknya juga harus mengabdi kepadanya. Ini yang terkadang membuat besar kepada para mertua. Baca juga: 10 Alasan Bagi Wanita atau Ibu Rumah Tangga Wajib Memulai Bisnis Internet

Jadi, bagaimana tipsnya supaya menjadi menantu kesayangan?. Berikut ini sebuah tips yang bisa dilakukan, tidak memandang siapa mertuanya. Baik yang pengertian atau pun yang otoriter, jika tipsnya dilakukannya maka mertua akan sayang. Inilah tips menjadi menantu kesayangan:

1. Berikan Uang Bulanan Sesuai Kemampuan

Tinggal serumah dengan mertua, ini sebuah fakta bahwa pengantin baru tersebut masih perlu bantuan. Ekonomi masih belum stabil atau juga karena sedang menabung untuk membeli rumah sendiri. Nah, perlu diperhatikan sekaya apapun mertua, mereka tetap matre. Tidak ada yang tidak matre di dunia ini, sehingga strategi memberikan uang setiap bulan menjadi cara jitu supaya di sayang mertua.

Uang yang diberikan semampunya saja, ambil sebagian dari gaji suami. Yang tentu suami juga akan senang, melihat istrinya perhatian kepada orang tuanya. Mertua yang mendapatkan uang, se otoriter apapun dia, pasti akan bungkam termakan pemberian menantu. Jika mertua ingin melampiaskan dengan marah, itu akan tertahan karena Ia merasa termakan budi. Ada yang sudah diambilnya dari menantu, sehingga perasaan tersebut akan meluluhkan hatinya.

Bagi mertua yang dasarnya sudah pengertian dan peduli, jika manantu memberikan uang, hal ini akan menambah nilai positif bahwa menantunya sangat peduli kepadanya. Sehingga mertua akan semakin bertambah sayang.

2. Jangan Cuek

Menjadi menantu harus selalu peduli dan membantu mertua. Jangan ceuk dengan aktivitas yang ada di rumah. Jika mertua lagi masak-masak, langsung segera membantunya. Bila perlu selalu menemaninya pergi belanja dan mengobrol di selah-selah waktu santai.

Bagi menantu karir, yang waktu berjumpa relatif jarang dengan mertuanya. Berilah perhatian yang menunjukkan kita tidak menyepelekannya. Saat akan pergi kerja, ucapkan salam dan cium tangannya. Hati mertua akan luluh dan semakin sayang, serta mereka bersyukur mendapatkan menantu seperti itu.

3. Ajak Jalan-Jalan (rekreasi)

Walau dengan uang seadanya, cobalah menyisihkan dalam rangka hiburan. Ajak jalan-jalan mertua untuk refreshing menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran. Dengan rekreasi keluarga, hal itu akan menambah kedekatan dan keakraban. Mertua bukan lagi menilai menantunya sebagai orang lain yang baru hadir di tengah kehidupannya, tapi sudah seperti sahabatnya yang selalu bisa menghilangkan keresahan dan kesedihannya.

4. Secepatnya Berusaha Mendapat Anak

Bagi mertua yang sudah mendapat menantu. Mereka punya harapan baru, yaitu mendapatkan cucu. Cucu merupakan seseorang yang ditunggu-tunggu kedatangannya. Banyak peristiwa dari kececokan menantu dengan mertua hilang karena datangnya si buah hati.

Tapi, hadirnya sesosok yang mungil dan lucu itu merupakan sebuah berkah. Tuhanlah yang punya gaweannya. Tapi, usaha tentu diperlukan karena secara medis bisa di rencanakan. Berdoalah dengan sungguh-sungguh supaya disegerakan memiliki anak dalam ikatan pernikahan yang baru tersebut, kemudian berusahalah semaksimal mungkin untuk medapatkannya. Baca juga: Larangan Panggilan Untuk Anak Angkat Menurut Islam
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar