Tips Menghindari Skema Bisnis "Menghasilkan Uang Cepat" Yang Biasa Masuk Melalui Pesan Email

Tips Menghindari Skema Bisnis "Menghasilkan Uang Cepat" Yang Biasa Masuk Melalui Pesan Email

Tips Menghindari Skema Bisnis "Menghasilkan Uang Cepat" Yang Biasa Masuk Melalui Pesan Email

BacaNulis.Com - Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa saat ini kehidupan, dimana internet sudah menjadi bagian terpenting dalam berkomunikasi dan bisnis. Internet menawarkan dan memberikan kenyamanan yang luas bagi para penggunanya.

Berkembangnya internet, membuat bisnis online juga berkembang pesat. Banyak orang menginginkan penghasilan tambahan melalui internet. Ada banyak bisnis yang sah (legal) yang mempunyai produk atau keterampilan untuk diperjualbelikan atau diperdagangkan. Tapi, ada banyak juga bisnis dengan situs penipuan yang mencuri uang orang lain, yang biasa di kenal dengan skema bisnis "menghasilkan uang cepat".

Skema bisnis tersebut biasanya bekerja secara jaringan (berantai) yang melibatkan banyak pengguna. Setiap pengguna diwajibkan mencari bawahan agar memperoleh hasil yang lebih maksimal. Skema ini sering mengklaim bahwa mereka legal dan menjanjikan perolehan uang dalam waktu singkat. Ini akan merasuk ke benak pikiran, bahwa ada sebuah peluang yang menjanjikan investasi yang luar biasa.

Kebanyakan orang berpikir, apa yang nanti akan hilang, jauh lebih kecil dari apa yang akan di dapatkan. Motif ini menjadi motivasi untuk masuk ke skema bisnis tersebut, yang pada akhirnya apa yang dikeluarkan hilang tanpa hasil yang didapatkan. Walau ada orang yang sudah diuntungkan, karena masuk ke skema bisnis lebih awal, tapi bila dibanding dengan korban yang dirugikan akan jauh lebih banyak. Satu lagi yang ada di benak orang, mereka selalu ingin sesuatu yang mudah untuk mendapatkan uang. Sehingga, sudah dirasa bahwa bisnis tersebut bakalan runtuh, tetap saja tergiur untuk masuk. Baca juga: 3 Bidang Investasi Terbaik Untuk Masa Depan

Skema bisnis "menghasilkan uang cepat" bisa datang melalui pesan email. Yang sering menjadi isi email tersebut, menyuruh kepada Anda untuk mentransfer sejumlah ke beberapa nama atau semua nama dalam daftar, yang selanjutnya menjadi giliran Anda untuk memasukkan nama Anda sendiri dan mengirim email ke orang lain.
Tips Menghindari Skema Bisnis "Menghasilkan Uang Cepat" Yang Biasa Masuk Melalui Pesan Email
Berikut ini beberapa isi email yang secara umum yang terdapat dalam skema bisnis "menghasilkan uang cepat" tersebut:

1. Biasanya diawali dengan salam dari orang yang mengirimkan surat tersebut.

2. Di dalamnya juga di tunjukkan beberapa testimoni dari beberapa investor yang sudah sukses meraup jutaan rupiah dengan skema bisnis tersebut. Ini menjadikan Anda termotivasi untuk mengikuti skema bisnis tersebut. Walau bahkan dengan mengorbankan jumlah yang lumayan besar.

3. Terdapat daftar nama dan alamat. Skema bisnis dengan sistem jaring, akan mendapatkan uang dari orang lain. Sehingga nama-nama yang terdaftar merupakan member yang sudah aktif, yang berhak mendapatkan transferan sejumlah uang.

4. Adanya sebuah petunjuk untuk mengirimkan sejumlah uang kepada nama dalam daftar yang sudah disebutkan di dalam email tersebut.

5. Adanya sebuah instruksi kepada Anda agar mengirimkan email yang sudah tertera nama Anda dan alamat Anda sendiri ke sebanyak-banyaknya email orang lain.

6. Terdapat sebuah pernyataan bahwa uang Anda akan bertumbuh dengan cepat. Klaim bahwa skema bisnis itu sah dan menjanjikan menghasilkan uang cepat, atau setidaknya pengembalian investasi Anda.

Banyak variasi terkait skema bisnis ini. Yang sangat umum adalah mentransfer sejumlah uang untuk mengaktifkan keanggotaan, kemudian melanjutkannya kepada orang.

Pasti oleh si pembuat skema bisnis ini dikatakan legal. Bahkan memasukkan bagian dari hukum untuk mengkonfirmasi legalitasnya. Akan tetapi sebenarnya itu hanya penipuan saja, yang akan menjadi ilegal pada bagian hukum yang lain.

Situs website yang melakukan skema bisnis ini memang terlihat sangat menarik dan memikat orang untuk melakukan sebuah investasi. Banyak ditampilkan gambar-gambar orang yang sukses, dengan senyuman yang lebar di wajahnya, beserta testimoninya. Perlu diketahui bahwa semua foto-foto tersebut bisa dibeli, dan banyak orang yang melihatnya tidak akan curiga. Kemudian pada bagian testimoni, tentu siapa saja bisa membuatnya.

Tidak semua skema bisnis yang ada di sebuah situs tidak sah atau legal. Ada banyak yang sudah terbukti tidak menipu, tapi sangat banyak yang pada akhirnya menipu. Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, sebaiknya ikuti tips berikutnya ini agar dapat membedakan situs yang legal dengan yang menipu:

1. Situs penipuan menjanjikan pengembalian uang yang didapat begitu fantastis, namun tidak terlalu dapat dijelaskan dengan baik bagaimana sistem itu berjalan dan akan bertahan sampai kapan. Misalnya saja, dengan berinvestasi uang 1 juta rupiah kemudian menjadi 10 juta dalam hitungan hari. Anda harus paham sistem yang bagaimana yang sedang dijalankan. Jangan terlalu tergiur dengan hasil yang dijanjikan, tapi pada kenyataannya sangat berisiko sekali.

2. Dapatkan informasi dengan lengkap. Baik alamat kantornya dan juga nomor telepon yang bisa dihubungi. Bahkan jauh lebih baik, langsung ketemu dengan founder beserta manajemennya. Baca juga: 14 Poin Mengenali Proyek Crypto Asli atau Tidak

3. Cek situs tersebut dengan masuk ke dalam forum-forum. Di sana akan di peroleh informasi dari orang-orang yang sudah mengawali terlebih dahulu untuk berinvestasi disana. Testimoni tersebut akan lebih akurat dan faktual, dibandingkan dengan melihat testimoni yang ada di situs saja.

4. Pelacakan IP yang digunakan situs web dengan orang yang memberikan testimoni di forum-forum. Jika IP yang digunakan sama, maka itu sudah menunjukkan indikator perusahaan tersebut akan menipu di masa mendatang.

Ingat! bahwa tawaran yang disajikan di internet begitu besar. Berhati-hatilah! selamatkan diri Anda dari frustasi dan kehilangan uang. Oleh karenanya, selalu lakukan riset terlebih dahulu untuk mengambil keputusan dalam melakukan investasi.
Buka Komentar