Skip to main content

Tips Menjadi Karyawan Berprestasi di Tempat Kerja

BacaNulis.Com - Apabila Anda ingin menjadi karyawan luar biasa dan berprestasi, tentu tidak cukup dengan bekerja keras saja yah. Sebab karyawan lain juga dapat bekerja keras di kantor, bahkan bisa saja lebih keras dari Anda. Maka dari itu, Anda jangan mau jadi karyawan yang biasa-biasa saja seperti yang lainnya saat bekerja.
Tips Menjadi Karyawan Berprestasi di Tempat Kerja

Saya sangat menyarankan Anda untuk berusaha untuk menjadi karyawan yang luar biasa sehingga dapat memicu percepatan karir Anda sendiri di tempat kerja. Yang yang jadi pertanyaan bagaimana menjadi karyawan yang baik ? Anda akan menemukannya dalam artikel ini. Berikut ialah cara menjadi karyawan berprestasi di tempat kerja.

1. Bekerja Lebih Dari Deskripsi Pekerjaan

Tips yang pertama ini dapat kita lakukan untuk menjadi seorang karyawan yang berprestasi di kantor. Dimana Anda dapat bekerja melebihi ekspektasi dari deskripsi pekerjaan Anda sendiri, bahkan dari perkiraan orang lain. Artinya apabila sebenarnya pekerjaan Anda hanya menuntut mendapatkan 50, maka dengan inisiatif Anda harus berusaha keras memberikan 100.

Terlebih lagi apabila Anda dapat memberikan dan menyarankan kepada perusahaan tentang skala prioritas untuk Anda sendiri yang berdampak pada perusahaan. Hal itu sangatlah bagus, tapi Anda tetap harus berhati-hati, jangan sampai target tinggi dari perusahaan atas apa yang Anda sarankan justru membunuh karir Anda sendiri.

2. Menjadi Pribadi yang Total Untuk Perusahaan

Sangat jarang ada orang yang bekerja secara total tanpa batas kepada perusahaan. Walaupun demikian, Anda juga harus mencoba untuk memberikan totalitas Anda melebih rekan kerja Anda yang lain yah.

Dengan Anda totalitas dalam bekerja, hal itu dapat membuat Anda menjadi seorang karyawan yang luar biasa. Biasanya perusahaan akan melihat perbedaan orang yang bekerja secara total dengan yang bekerja yang biasa saja. Totalitas menurut saya sangat penting untuk Anda dalam hal menunjang karir Anda agar semakin berkembang.

3. Menjadi Pribadi yang Fair

Ini memang mudah di ucapkan sih, tapi sejatinya hal ini sulit dilakukan. Tapi untuk menjadi luar biasa, tentunya Anda harus menjadi orang yang fair. Terlebih lagi di dalam lingkungan kerja, Anda tidak perlu bermain curang dalam meraih prestasi.

Mengenai prestasi dan pencapaian, Anda tidak perlu ragu untuk memuji dan menyanjung rekan kerja lain yang lebih baik dalam pandangan Anda. Ungkapkan pujian tersebut harus Anda lakukan secara terbuka, sebab sangat jarang orang melakukan hal ini. Pada umumnya saat terjadi persaingan di tempat kerja, dan saat ada orang lain yang mendapatkan prestasi, yang lain biasanya hanya diam.
Banyak yang tidak paham bahwa sebenarnya sikap diam terlihat sangat buruk baik di mata atasan, ataupun di mata rekan kerja. Sebab diam cenderung terlihat seperti orang yang iri dan acuh saja.

4. Jangan Takut Mengungkapkan Pendapat

Keberanian menyampaikan pendapat saat ini juga masih belum begitu umum di lingkungan pekerjaan. Bahkan kebanyakan karyawan masih menjadi seorang penurut dan biasanya akan mendadak menjadi bodoh di hadapan boss. Ada begitu banyak karyawan yang hanya melakukan perintah bos saja tanpa mempunyai inisiatif yang lebih kreatif.

Pada umumnya hal itu timbul sebab takut salah sehingga tidak pernah berani menyampaikan pendapat. Anda harus berani merubah mindset tersebut, beranikan diri berbicara dan menyampaikan pendapat pada bos Anda.

Sebab bos sendiri sebenarnya juga memerlukan berbagai macam jenis pemikiran yang berbeda untuk memajukan perusahaannya demi kesejahteraan bersama. Maka dari itu Anda jangan pernah ragu lagi untuk memberikan masukan kepada atasan atau bos.

5. Mencoba Menjadi Orang yang Eksentrik

Saya sadari mungkin ini sedikit lebih sulit dilakukan sebab pada umumnya sikap eksentrik ialah bawaan dari lahir. Tapi demikian Anda dapat mempelajari sikap positif orang yang mempunyai sikap eksentrik yah.

Biasanya orang yang seperti ini mempunyai sifat Nothing to Lose, yang berarti mereka akan selalu yakin akan apa yang dia lakukan. Dengan begitu setiap langkahnya akan lebih maksimal dan penuh dengan totalitas penuh. Dari survei yang di lakukan orang eksentrik ini cenderung ialah pribadi yang tidak biasa dan terlihat sedikit aneh di mata orang lain lho.
Baca juga: Tanda Karyawan Teladan yang Didamba Bos Perusahaan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar