Skip to main content

Tips Menyimpan Es Krim Homemade Sehat Agar Tahan Lama

Tips Menyimpan Es Krim Homemade Sehat Agar Tahan Lama
BacaNulis.Com - Es krim merupakan salah satu dessert semua umat mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.  Namun, di sisi lain tidak sedikit yang menganggap bahwa es krim adalah olahan tidak sehat karena memiliki kandungan gula yang tinggi. Oleh karena itu kini banyak ibu rumah tangga yang lebih memilih membuat es krim homemade sendiri. Dengan begitu Anda bisa memilih jenis bahan baku es krim yang membuat kesehatan tubuh tetap terjaga.

Sayangnya homemade ice cream mempunyai kelemahan yakni tidak bisa membeku dalam waktu lama. Es krim buatan sendiri lebih mudah mencair dan tak seawet yang di jual di pasaran. Kini, hal tersebut tidak lagi menjadi kendala karena berikut akan diulas mengenai tips menyimpan es krim homemade agar tahan lama. Sebelum itu, mari cari tahu jenis es krim sehat apa saja yang bisa menjadi pilihan dibawah ini.

Jenis-Jenis Es Krim yang Sehat

1. Jenis es krim yang rendah kalori atau bahan baku yang digunakan ialah susu rendah lemak misalnya seperti es krim cake bali. Tak perlu khawatir varian rasa yang bisa Anda pilih terbatas karena kini es krim rendah kalori juga tersedia dalam berbagai macam rasa.

2. Es krim dengan tambahan probiotik atau bakteri baik lainnya
Es krim berbahan dasar susu bisa difortifikasi dengan memberikan probiotik atau bakteri baik lain dalam produknya. Hal ini tentu sangat baik bagi tubuh mengingat probiotik memiliki mendukung fungsi pencernaan.

3. Hindari es krim yang hanya menggunakan perasa susu
Hindari es krim yang hanya menggunakan perasa susu jika Anda ingin mengonsumsi nikmatnya es krim, tanpa perlu khawatir dengan risikonya pada kesehatan. Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan es krim sehat di outlet terpercaya seperti Cold Stone Creamery.

Mungkin beberapa orang lebih memilih es krim dengan bahan dasar perasa susu saja karena harganya lebih murah. Padahal,  Cold Stone Creamery menyediakan es krim sehat dengan harga terjangkau. salah satu es krim sehat terbaru yang bisa menjadi pilihan di Cold Stone Creamery adalah es krim cake bali karena hadir dalam varian rendah kalori.

4. Es krim dengan bahan dasar susu tanaman/ kacang-kacangan
Es krim yang terbuat dari susu kacang mete atau susu almond lebih sehat karena memiliki kadar lemak yang lebih rendah. Meskipun susu dari kacang-kacangan rendah lemak tetapi kandungan kalsium yang dimiliki tidak kalah dengan susu biasa.

Tips Menyimpan Es Krim Homemade Agar Awet

1. Simpan es krim di bagian belakang freezer
Jika es krim disimpan di dekat pintu freezer maka udara panas yang ikut masuk ketika pintu freezer dibuka tutup bisa membuat es krim mudah mencair. Oleh karena itu, pilih tempat yang memiliki suhu stabil seperti di bagian belakang freezer.

2. Mempertahankan suhu freezer
Sebelum menyimpan es krim periksalah suhu freezer Anda dahulu. Suhu untuk menyimpan es krim yang baik adalah di bawah -17°C. Suhu tersebut tidak hanya dapat menjaga kelembutan tekstur es krim tetapi juga mencegah terbentuknya kristal es. Oleh karena itu, pertahankan suhu freezer Anda di suhu tersebut agar teksturnya terjaga seperti halnya ice cream cake bali. Jenis es krim terbaru ini menawarkan tekstur es yang creamy dan terjaga kelembutannya.

3. Gunakan wadah kedap udara
Biasanya, kandungan krim atau susu es krim buatan sendiri tidak sebanyak es krim yang biasa dijual di pasaran. Nah, ketika terkena udara freezer yang dingin Es krim seperti ini cenderung mudah mengeras. Oleh karena itu, untuk menjaga agar es krim Anda tetap awet, simpanlah di dalam wadah kedap udara sehingga tekstur es krim tetap lembut dan tidak berubah.

4. Tutup es krim dengan plastik wrap
Tutup permukaan atas es krim dengan plastik wrap untuk mencegah pembentukan kristal es yang menyebabkan es krim mengeras dan tak lembut lagi. Sesudah dilapisi dengan plastik wrap, Anda bisa menutupnya lagi dengan tutup asli wadahnya. Tips ini juga bisa Anda terapkan saat membeli es krim dalam cup yang tidak habis dalam sekali makan.

5. Hindari menyimpan es krim lebih dari 2 bulan
Rasa dan tekstur es krim akan berubah jika terlalu lama disimpan. Bakteri yang ada pada susu akan berkembangbiak jika disimpan lebih dari 2 bulan sehingga menimbulkan bau dan rasa yang kurang enak. Es krim homemade menawarkan rasa terbaiknya maksimal dalam jangka 1 minggu setelah dibuat.

Nah, sekarang es krim homemade Anda bisa awet dan tahan lama dengan menerapkan tips diatas. Jika ingin merasakan es krim yang sehat tetapi tidak mempunyai waktu untuk membuatnya sendiri Anda bisa langsung datang ke outlet Cold Stone Creamery. Cold Stone Creamery menawarkan es krim sehat rendah kalori. Meskipun ada banyak varian tetapi, ice cream cake bali bisa menjadi pilihan utama. Karena, kandungan lemak yang ada pada ice cream cake bali rendah sehingga tidak mengganggu kesehatan tubuh Anda. Meskipun begitu, ice cream cake bali menawarkan rasa yang tidak kalah lezat dari es krim biasa pada umumnya. Jadi, segera kunjungi Cold Stone Creamery disini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar