Skip to main content

Trik Menghadapi Politik Kantor yang Biasanya Meresahkan

BacaNulis.Com - Saya meyakini bahwa semua perusahaan mempunyai lingkungan kerja yang berbeda-beda. Hal itu  dipengaruhi oleh setiap individu yang bekerja serta berinteraksi, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung. Namun Anda harus tahu bahwa faktor itu bukan berasal dari dalam saja, sebab faktor dari luar juga dapat mempengaruhi lingkungan kerja suatu perusahaan.
Trik Menghadapi Politik Kantor yang Biasanya Meresahkan

Nah, agar Anda dapat menghadapi setiap polemik yang biasa terjadi pada sebuah perusahaan maka di butuhkan teknik yang tepat untuk menghadapinya. Sebab jika Anda tidak dapat menghadap semua itu, maka Anda akan tetap pada posisi tersebut, lebih parah lagi Anda bisa di keluarkan.

Trik Menghadapi Politik Kantor

Nah, dalam artikel ini saya telah mengulas semuanya menurut apa yang saya alami selama saya menjadi karyawan pada sebuah perusahaan. Cara ini cukup efektif untuk menghadapi setiap politik dari setiap karyawan disana.

1. Mainkan

Anda perlu mengetahui bahwa politik kantor hanyalah sebuah permainan. Analogi ini sangat cocok sebab kita semua “terutama kaum Adam” tentu akan akan memberikan performance lebih baik jika melibatkan faktor persaingan dan kompetisi. Jika Anda termasuk unggul dalam bidang olahraga, dalam hal ini saya tidak perlu jelaskan lagi bahwa semangat bersaing dalam suatu kompetisi itu mutlak diperlukan.

Biasanya Gejolak adrenalin yang dirasakan dalam persaingan merupakan kekuatan luar biasa yang dapat menggerakkan Anda untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Anda harus tahu bahwa permainan politik dalam pekerjaan Anda mirip dengan olahraga. Biasanya disana ada beberapa pemainnya dan serangkaian peraturan yang tidak tertulis untuk dihadapi. Selain itu juga ada sistem, elemen-elemen, dan hasil akhir

2. Pelajari Aturan Sebelum Bermain

Peraturan permainan atau politik, hal ini akan mengacu dan bergantung pada hubungan yang Anda bangun pada semua orang di kantor. Anda dapat mengamati dan mempelajari bagaimana hubungan dan interaksi Anda dengan sesama pemain, sebab umumnya mereka akan melakukan hal yang sama terhadap Anda.

Dalam satu organisasi permainan yang di jalankan, ada beberapa batasan arena pertempuran yang tercipta antara kelompok-kelompok tertentu yang terbentuk dan juga berkembang seiring waktu. Pengelompokan itu menurut saya merupakan hal yang wajar dan tak dapat dihindari.

3. Kenali Para Pemainnya

Menurut saya sangat penting untuk tetap siaga terhadap semua pemain di arena tersebut. Dan kesalahan yang paling sering dibuat merupakan memperlakukan para pegawai yang berposisi lebih rendah dari kita dengan tidak hormat dan tidak baik. Ada begitu banyak orang yang hanya berlaku baik, bahkan menjilat pada atasan.

Ini mungkin akan terdengar aneh, yaitu untuk tidak memamerkan yang terbaik di depan atasan, namun menurut saya Anda sebaiknya jangan lengah di hadapan bawahan, di depan pelayan atau office boy sekalipun Anda perlu tetap siaga.

4. Mengerti Akibat-akibatnya

pada dasarnya akibat atau hasil yang akan diperoleh nantinya akan di tentukan oleh Anda sendiri. Dalam hal ini Anda dapat menjadi pemain yang pasif dalam permainan dan menyelesaikan pekerjaan dengan diam, tenang saja. Anda tidak perlu menimbulkan sensasi atau gelombang. Pada waktu yang bersamaan, Anda mungkin tidak akan meninggalkan kesan atau impresi pada orang yang punya kendali atas karier Anda tersebut.

Jika memang posisi yang Anda inginkan merupakan menjadi pemain yang aktif, tetapi di balik itu Anda tidak menjadi sorotan jika nantinya terjadi kontroversi atau masalah.  Dalam hal ini Anda perlu terus tenang dan terkesan biasa saja atas apa yang Anda hadapi.

5. Mainkanlah

Anda perlu memahami, permainan tersebut akan terus berlangsung dengan atau tanpa partisipasi Anda. Permainan politik akan terus ada  dalam sebuah kantor dan itu tidak dapat dihilangkan. Nah, semakin cepat Anda beradaptasi dengan situasi dan permainan tersebut, maka akan semakin baik pula keadaan Anda walaupun nanti akan masalah di kantor.

Baca juga: Inilah Rahasia Dalam Kehidupan Sosial Dunia Kantor

Inti dari semuanya, menurut saya bukan hanya masalah menang atau kalah, namun bagaimana Anda memainkan peran sebaik mungkin. Saat posisi Anda sudah dalam keadaan yang amat sangat aman dalam sebuah masalah maka Anda tidak perlu khawatir lagi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar