Skip to main content

10 Daftar Makanan Jepang Yang Paling Viral Di Indonesia

Selain sushi, menurut Anda makanan manalagi yang Anda ketahui dari Jepang? Nasi gulung yang berisi sayuran dan lauk ini memang sudah akrab sekali di telinga orang Indonsia. Dari gerai kelas menengah biasa hingga kalangan atas, menu satu ini selalu sukses merebut hati pecintanya.

Tapi tunggu dulu! Sebab faktanya tak hanya menu itu saja yang viral di tanah air. Melansir dari situs www.wowkeren.com setidaknya ada 10 jenis kuliner dari negara matahari terbit tersebut sudah melanglang ke negeri kita. Anda penasaran?

1. Ramen
ramen

Tak seperti yang kita kenal selama ini, mie khas Jepang tersebut agak gepeng dan tipis, lebih kecil dari mie Indonesia serta berwarna kuning dan bentuknya beragam.Dimasukkan ke dalam kuah kaldu, lalu dihidangkan bersama sayuran, daging, telur rebu, daun bawang dan nori.

2. Udon
udon masakan jepang

Sedikit agak besar dari ramen, tapi bentuknya lebih pendek, bulat walau adapula yang pipih. Rasanya tak jauh beda dengan ramen. Di Jepang dimasak dengan minyak babi. Akan tetapi Anda yang muslim tak perlu merasa cemas, sebab semua sudah disesuaikan.

3. Shabu-shabu

Adalah irisan daging sabu yang sangat tipis, tidak direbus lama hanya dicelupkan saja,  dilambaikan ke dalam air panas yang berisi aneka sayuran dan tahu serta bahan makanan lain dan dibiarkan tawar. Setelah matang dimakan dengan saus wijen(gomadare).

4. Sukiyaki

Mirip shabu-shabu. Bedanya ada pada air rebusan bahan daging dan bahan makanan lainnya yang dimasak matang bersama aneka bumbu di dalamnya.

5. Yakiniku

Ini semacam bbq ala Jepang. Tehniknya juga sama seperti saat membuat bbq. ‘Yaki’dalam bahasa Jepang berarti dibakar dan ‘niku’ artinya daging. Direndam di dalam ramuan bumbu lalu dibakar. Tapi adapula yang melakukan sebaliknya, daging dibakar dulu baru kemudian dicocol ke bumbu.

6. Teriyaki

Persis yakiniku. Teriyaki merupakan saus yang dibumbui shoyu, mirin serta gula. Gunanaya untuk mengoles bahan makanan sebelum dipanggang atau dibakar.

Baca juga: Kohakuto, Permen Jepang Yang Lagi Hits! Yuk Ketahui Cara Buatnya!

7. Takoyaki

Jajajan khas Jepang, bentuknya bulat-bulat kecil mirip bola pingpong. Terbuat dari tepung terigu dengan isian gurita di dalamnya. Di Indonesia, jajan itu sudah amat familiar. Biasanya dijajakan di food festival atau pasar malam, dan banyak peminatnya.

8. Cheesecake Jepang

Sesuai namanya, yang paling menonjol dari kue itu adalah kejunya. Lembut dan lumer di mulut saat digigit. Meski harga jualnya selangit, namun anehnya setiap gerai yang menggelar kue ini selalu diserbu pembeli.

9. Hokkaido Cheese Toast

Merupakan roti panggang yang berisi keju lumer di dalamnya. Bukan berasal dari keju biasa melainkan keju spesial, berupa susu Jepang yang dicampur mozarella. Roti akan memanjang bila ditarik sebab adanya keju di dalamnya. Teksturnya kenyal, enggak begitu asin. Rasa manis didapat dari perpaduan butter, susu dan madu.

10. Mochi

Di tanah air banyak sekali versinya yang mengadaptasi dari kue ini. Ada yang dibungkus daun pisang ataupun plastik dengan nama berbeda-beda untuk tiap daerah. Dan sama-sama memakai bahan baku tepung ketan, varian isinya ada yang manis dan asin. Hanya saja resep asli mochi memakai susu dan tepung ketan dikukus terlebih dahulu, baru dibentuk bulat dan diisi varian rasa. Di negara Jepang telah banyak menelan korban manula karena tersedak kue ini. Jadi disarankan untuk lebih berhati-hati lagi saat diberikan kepada orang yang berusia senja.

Baca juga: Lagi Viral Onigiri Indomie, Bisa Di jadikan Bekal Ke Sekolah Juga Loh!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar