Skip to main content

10 Daftar Wisata Paling Hits Di Wonogiri

Anda yang suka berpetualang mencari tempat-tempat wisata di seluruh penjuru tanah air, ada berita bagus untuk Anda. beriut ini ada lagi satu informasi mengenai destinasi wisata yang sedang hits di Wonogiri. Dilansir dari laman www.m.liputan6.com setidaknya ada 10 daftar yang akan diberikan kepada pembaca.

Letak geografisnya berada di wilayah Yogyakarta dan Jawa Timur, menjadikan tempat ini sangat menarik, sebab sangat mirip dengan pegunungan Kidul di Yogyakarta yang kaya akan karst. Nah, daripada terus penasaran, langsung saja ya simak atau Anda catat!. Siapa tahu suatu saat Anda punya kesempatan meluangkan waktu ke sana. Seperti Waduk Gajah Mungkur yang menjadi ikon wisata Wonogiri juga yang lain.

Baca juga: Berencana Pergi Liburan Ke TMII? Berikut Daftar Harga Masuk Terbaru Sampai Wahana

1. Waduk Gajah Mungkur
Waduk Gajah Mungkur

Seperti sudah disinggung tadi bahwa lokasi tersebut memang ikonnya kota Wonogiri dalam hal pariwisata. Begitu masuk ke tempat ini, Anda akan disambut oleh sebuah patung yang bernama Bedol Desa. Ada danau buatan yang bisa diarungi memakai kapal boats. Akfifitas lain semacam memancing ataupun berenang bisa pula dilakukan di sini.

2. Pantai Nampu
Pantai Nampu

Yang unik dari pantai ini adalah 3 titik yang dimiliki dan sebuah gundukan daratan. Membutuhkan jarak tempuh sekitar 70 km dari kota Wonogiri jika ingin pergi kemari. Namun semua akan terbayar lunas dengan suguhan panorama alamnya yang indah.

3. Pantai Banyutuo
Pantai Banyutuo

Yang menarik dari tempat ini yakni air lautnya tidak berasa asin. Sebenarnya pantai  Banyutuo merupakan muara dari pertemuan antara air sungai dan air laut. Dengan bentangan hamparan karst, menjadikan wilayah tersebut benar-benar indah.

4. Pantai Sembukan
Pantai Sembukan

Lokasinya di Dusun Sembukan Kecamatan Paranggupito, ujung selatan Wonogiri 40 km dari pusat kota. Ciri khasnya banyak terdapat karang-karang besar. Dikenal di kalangan ahli spiritual, tapi Anda tak perlu takut, pantai ini tetap aman bagi pengunjung.

5. Air Terjun Girimanik
Air Terjun Girimanik

Air terjun di tempat ini ada 3 yaitu : Air terjun Manikmoyo, Tejomoyo dan Conromoyo di mana kesemuanya masih berada wilayah sisi selatan Gunung Lawu, tepatnya di Girimanik, Setren. Jarak tempuh lokasi tersebut dapat dimulai dari pusat kota, lalu ke arah timur menuju kabupaten Ponorogo dengan jarak 35 kilometer.

6. Telaga Claket Wonogiri
Telaga Claket Wonogiri

Areanya dikelilingi perbukitan. Masih natural. Ada gazebo yang bisa ditempati untuk menikmati keindahan alam di sana.

7. Bukit Cumbri
Bukit Cumbri Wonogiri

Letaknya berada di perbatasan Jawwa Timur dan Jawa Tengah. Sesuai namanya wilayah ini memang perbukitan. Sangat populer di kalangan wisatawan domestik dan patut dikunjungi.

8. Arena Papan Luncur Olahraga Gantole
Arena Papan Luncur Olahraga Gantole Wonogiri

Lokasi persisnya di bukit Desa Sendang. Tempat ini sering dipakai untuk landasan bagi para olahragawan paralayang dan atlet gantole. Ada dua ketinggian. Pertama 200 meter dan kedua 400 meter yang bisa dipilih.

9. Alas Kethu
Alas Kethu Wonogiri

Kethu dalam bahasa Jawa adalah peci alias kopiah bila bahasa Indonesia. Namun apa hubungannya dengan  wisata di sini, juga tidak bisa disebutkan secara pasti. Tapi meski demikian, area ini berupa hutan jati yang rindang dengan banyak pohon kayu putih serta mahoni yang bertebaran di sana sini.

10. Cagar Alam Danalaya
Cagar Alam Danalaya Wonogiri

Mirip Alas Kethu di mana banyak terdapat pohon-pohon jati yang besar. Ada pembibitan pohon tersebut di tempat ini. Adapun wilayahnya dekat dengan lokasi wiasata air terjun Girimanik sehingga mudah dicari dan dijangkau oleh siapa saja.

Lihat juga: Berita Terbaru! 5 Daftar Tempat Wisata Gratis Di Bandung Yang Bebas Dikunjungi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar