Skip to main content

5 Software Akuntansi Gratis Terbaik yang Dapat Anda Guanakan untuk Kantor

Setiap kali melakukan pengiriman produk, pembelian bahan baku hingga dalam hal pencatatan Laporan Keuangan, setiap pemilik usaha mempunyai jadwal yang telah di tentukan setiap hari. Dalam hal ini Anda tentu membutuhkan software yang dapat menjadi landasan dalam pencacatan segala hal dalam perusahaan.
5 Software Akuntansi Gratis Terbaik yang Dapat Anda Guanakan untuk Kantor

Keberadaan Software Akuntansi sangat vital dalam perusahaan, sebab ini sangat berguna untuk mengukur sejauh mana kinerja perusahaan, bagaimana keadaan keuangan perusahaan dan yang lainnya.

5 Rekomendasi Software Akuntansi Gratis Terbaik

Pada dasarnya sebuah perusahaan akan memakai software akuntansi yang berbayar untuk mendapatkan hasil lebih maksimal dan sang bos dapat memonitoring setiap catatan yang ada. Tetapi sayang bukan jika memakai yang berbayar, saya sarankan untuk memakai Software Akuntansi gratis untuk menghemat biaya.

1. Microsoft Excel

Ini adalah bawaan dari software microsoft. Untuk beberapa perusahaan yang bersifat nasional aplikasi yang satu ini memang menjadi primadona. Sebab selain gratis juga sangat mudah di gunakan. Fiturnya juga terbilang lengkap, jadi sangat pas untuk Anda gunakan.

2. Wave

Software Akuntansi Gratis yang kedua adalah Wave Accounting. Di dalam Software Akuntansi yang satu ini, Anda dapat melakukan pengiriman Invoice, pencatatan Laporan Akunting sampai membuat kwitansi secara online. Wave mempunyai fitur yang mana akan dapat membuat Anda bisa scanning kwitansi dengan memakai beberapa aplikasi yang tersedia pada android dan iOS.
Sampai saat ini wave telah cukup dipercaya dan telah digunakan lebih dari puluhan atau bahkan ratusan ribu pengguna di dunia. Anda juga dapat memakainya secara gratis kok. Tetapi, mereka mempunyai beberapa fitur yang harus dibayar, seperti halnya payroll dan pembayaran.

3. GnuCash

Software Akuntansi Gratis yang ketiga adalah GnuCash, aplikasi ini memang sangat terlihat oldschool secara tampilan layar. Tetapi, mereka juga menyediakan beberapa fitur gratis yang cukup lengkap, mulai dari fitur arus kas, Laporan Keuangan dan masih banyak lagi. GnuCash dapat didownload secara gratis di internet untuk para pengguna Windows ataupun Apple.
Secara berjalannya waktu, GnuCash memang berfokus pada pengembangan bisnis UMKM ataupun bisnis kecil sampai menengah. Cocok banget untuk Anda yang sedang memulai bisnis.

4. Zipbooks

Software Akuntansi Gratis yang ketiga keempat adalah Zipbooks, yang ternyata aplikasi lebih banyak digunakan oleh para freelancers atau pekerja lepas. Zipbooks terbilang cukup lengkap meskipun tersedia secara gratis di internet. Tetapi, apabila Andamemang memerlukan fitur lebih dalam, seperti halnya payroll dan pembayaran online, maka Anda harus membayarkan sejumlah paket berbayar.

5. SlickPie

Apabila Anda baru memulai usaha dan memang belum mempunyai banyak pengalaman dan sedang mencari Software Akuntansi terbaik serta gratis, SlickPie menurut saya merupakan pilihan terbaik. Software slickPie menawarkan tampilan yang sangat mudah dimengerti oleh para pemula. Penggunaan yang mudah adalah salah satu kelebihan dari Software Akuntansi Sederhana satu ini.

Untuk menggunakan software yang satu Anda, Anda dapat langsung download di internet dan tersedia secara gratis. SlickPie tidak memberikan penawaran fitur atau layanan lain yang berbayar sebab semua fiturnya telah diberikan secara gratis untuk Anda. Memang masalahnya ini menggunakan bahasa inggris, mungkin ini yang menjadi kendala untuk Anda tetap secara keseluruhan ini adalah aplikasi akuntansi terbaik yang dapat Anda pakai.

Dari semua Software Akuntansi Gratis yang saya ulas di atas, sampai saat ini excel adalah pilihan terbaik untuk orang Indonesia. Dimana selain semua fiturnya tersedia secara gratis, juga penggunaanya mudah banget. Anda tidak perlu mendownload lagi di internet, sebab saat Anda menginstall software microsoft, akan secara otomatis semua aplikasi yang di butuhkan untuk kantor akan tersedia untuk Anda.

Baca juga: Aneka Jenis-Jenis Perlengkapan Kantor

Untuk layanan online memang belum tersedia pada Software Akuntansi yang bernama excel ini. Tetapi jika memang Anda ingin yang lebih instan maka dapat menggunakan beberapa aplikasi lainnya yang telah saya tulis dii atas, dimana beberapa dari aplikasi akuntansi tersebut menyediakan fitur online. Selain itu, dengan menggunakan Software Akuntansi yang instan akan lebih menghemat waktu Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar