Skip to main content

Beberapa Hal yang Harus di Perhatikan Saat Membuat Surat Penawaran

Dalam dunia bisnis penawaran ialah salah satu yang sangat penting untuk memperoleh konsumen atau pelanggan yang di targetkan. Tentu ini sangat penting, sebab ujungnya ialah pada income perusahaan.
Beberapa Hal yang Harus di Perhatikan Saat Membuat Surat Penawaran

Tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membuat surat penawaran. Hal ini bertujuan untuk membuat konsumen Anda mengetahui apa saja produk yang Ana sediakan dan bagaimana legalitas dari perusahaan Anda.

Perhatikan Hal Ini Saat Membuat Surat Penawaran

Baca juga: Contoh Surat Penawaran Yang Bagus dan Lengkap

Mungkin pada usaha yang ada dalam skala kecil ini tidak terlalu d butuhkan, tetap untuk usaha yang berskala menengah ke atas tentu sangat wajib, perhatikan hal ini saat Anda membuat surat penawaran!

1. Nama Perusahaan Penawar

Nama perusahaan ialah salah satu hal yang sangat penting untuk dilampirkan didalam surat penawaran. Sebab dengan adanya Nama perusahaan yang lengkap dengan profil singkatnya, hal itu akan memudahkan calon konsumen Anda mengetahui seperti apa jenis perusahaan yang Anda miliki.

2. Jumlah Kebutuhan

Dengan Anda melampirkan jumlah kebutuhan ataupun stok barang yang Anda miliki, hal itu ialah poin penting selanjutnya yang perlu diperhatikan. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar kesanggupan distributor dalam melayani kebutuhan pasar yang sedang trend.

3. Merk Produk

Merk dari produk miliki Anda juga merupakan salah satu  hal yang tidak boleh terlewatkan. Sebab biasanya, beberapa calon konsumen akan memberikan perhatian yang khusus dalam masalah merk dari produk yang Anda punya.

4. Harga Khusus

Usaha apapun itu harga memang menjadi salah satu poin krusial dalam hal jual-beli. Ada begitu banyak orang membeli produk karena memang harganya murah. Tetapi, tidak sedikit juga orang yang membeli beberapa barang karena kualitasnya yang bagus. Makanya dalam hal pengajuan surat penawaran produk, melampirkan harga adalah wajib hukumnya untuk disertakan. Semua pasti tahu bahwa setiap calon konsumen menginginkan harga terbaik untuk produk yang akan diajak kerjasama antara konsumen dan juga distributor.

5. Syarat Pembayaran

Memberikan ketentuan yang bersifat khusus dalam pembayaran juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebab tidak semua calon konsumen ingin membayar lunas uang di awal atas barang atau jasa yang Anda sediakan. Oleh karena itu berikanlah beberapa pilihan syarat dalam pembayaran seperti halnya dengan adanya DP, Bayar di tempat, atau bisa juga dengan pembayaran kontan (langsung).

6. Cara Pengiriman

Cara pengiriman produk dari seorang distributor terhadap calon konsumen juga sangat penting didalam membuat surat penawaran. Sebab, dengan menjelaskan mengenai cara pengiriman terhadap konsumen hal itu akan membuat konsumen mengetahui bagaimana produk dikemas dan dikirim sampai ke tempat tujuan atau rumah mereka.

7. Sifat Penawaran

Dalam hal sifatnya, ada 3 jenis dari surat penawaran, diantaranya :

  • Surat penawaran bersifat Terikat satu sama lain, yakni penawaran antara distributor dengan konsumen apabila terdapat perubahan baik berupa jumlah produk yang di kirimkan ataupun apabila ada perubahan harga.
  • Surat penawaran bersifat tidak terikat atau bebas satu sama lain, ialah penawaran yang terjadi antara distributor ataupun konsumen. Dimana, apabila ada perubahan jumlah produk ataupun perubahan harga pihak distributor tidak harus memberitahukan kepada pihak konsumen.
  • Penawaran berjangka waktu tertentu, ialah penawaran kerjasama yang hanya terjadi dalam jangka waktu yang telah di tentukan. Hal ini kebanyakan dipakai ketika terjadi dalam penawaran produk berupa jasa.

8. Mutu Produk

Kualitas dan juga mutu produk menjadi hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Dengan Anda memberikan mutu kualitas dari produk yang ditawarkan, maka hal itu akan memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh konsumen. Pada umumnya, memberikan jaminan menjadi salah satu yang dapat Anda lakukan untuk menjelaskan bahwasanya mutu Anda telah mendapat jaminan dari pihak distributor.

9. Administrasi

Tidak hanya dalam hal surat penawaran yang diajukan kepada pihak konsumen. Dengan Anda memberikan beberapa administrasi pendukung, otomatis hal itu akan membuat calon konsumen semakin tertarik dengan produk yang distributor tawarkan maupun sebaliknya. Dan beberapa administrasi pendukung, antara lain :

Katalog Produk.
Daftar rekam jejak (TDR).
Surat izin perdagangan (SIUP).
Nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Baca juga:
1. Pengurusan SITU (Surat Izin Tempat Usaha)
2. Kewajiban Mempunyai NPWP (Nomor Peserta Wajib Pajak)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar