Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berita Pekan Ini! Pegadaian Mulai Berbisnis Kredit Kendaraan Bermotor

Tak dapat dipungkiri, keberadaan motor bagi kehidupan manusia sekarang tergolong ke dalam salah satu kebutuhan. Selain praktis pemakaian, pengadaannyapun tak membutuhkan badget lebih. Dengan uang beberapa ratus ribu dan berbekal identitas lengkap, kita sudah bisa menggondol motor pulang ke rumah, lewat cara diangsur.
Berita Pekan Ini! Pegadaian Mulai Berbisnis Kredit Kendaraan Bermotor

Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan bila bisnis di bidang ini semakin menjamur. Setiap tahunnya mengalami peningkatan pesat. Di tiap-tiap kota setingkat kecamatan, hampir bisa dipastikan terdapat berbagai macam dealer yang memfasilitasi kebutuhan tersebut.

Mengingat perkembangannya itu, kini Badan Usaha Milik Negara (BUMN)-- Pegadaian sepertinya dalam waktu dekat juga sudah mulai membuat ancang-ancang untuk nimbrung melakoni bisnis ini, yang diberi nama Amanah, di mana sistem kreditnya merunut basis syariah. Keterangan tersebut dilansir dari laman situs www.liputan6.com dari penjelasan Amalia Komalasari, Pimpinan Cabang pegadaian Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Menurutnya sistemnya menganut metode syariah, di mana program kredit Pegadaian tak menerapkan bunga, melainkan mun’ah atau sewa modal.

Kita ketahui bersama sejak dari dulu memang lembaga Pegadaian ini terbukti menjadi solusi terbaik bagi banyak orang. Selain fleksibel sebab agungan apapun diterima baik berjumlah besar atau kecil, juga bunga yang ditetapkan tidak terlalu tinggi dan masih dianggap wajar. Keadaan tersebut pasti berbeda dengan sistem yang dianut bank, terutama bank dari pihak swasta.

‘’Melalui sistem ini pastinya lebih murah bila dibanding dengan leasing yang lain,’’ imbuhnya di kantor Pegadaian Kebayoran Baru saat ditemui kontributor laman tersebut. Program tersebut memudahkan konsumen. Tenor pada saat nasabah meminjam uang untuk membeli kendaraan lebih dari 400 juta, maka jangka waktunya bisa sampai lima tahun, lanjut wanita itu.

Di samping itu, dirinya juga menjelaskan tentang kendaraan yang berbadget di bawah 100 juta, hanya sampai sekitar tiga tahun saja. Biaya mun’ah berkisar 0,9 %, sehinga jauh lebih kompetitif jika dibandingkan dengan leasing manapun di Indonesia, tandasnya. Pegadaian menetapkan uang muka atau down payment  (DP) cukup rendah, yakni sekitar 10% untuk motor dan 20% bagi mobil.

Sekilas Mengenai Pegadaian

Melansir dari situs www.wikipedia.org, Pegadaian merupakan sebuah BUMN yang bergerak di sektor Keuangan Indonesia. Meliputi tiga lini yakni pembiayaan, emas dan aneka jasa. Dirikan pada 1 april 1901 di Sukabumi, Hindia Belanda. Kantor pusatnya bermarkas di Jakarta, wilayah operasi seluruh Indonesia.

Adapun manfaat bagi nasabah Pegadaian itu sendiri adalah :

  • Ketersediaan dana kredit dan prosedurnya relatif mudah dan cepat cair 
  • Orang-orang aatu pegawai yang berkerja di dalam intansi tersebut berpengalaman
  • Aman sebagai tempat penitipan barang dan sangat bisa dipercaya

Sedang bagi Pegadaian sendiri keuntungannya :

  • Penghasilan bersumber dari sewa modal yang dibayar peminjam dana
  • Penghasilan juga berasal ongkos yang dibayar nasabah
  • Misinya bergerak dalam bidang pembiayaan berupa pemberian bantuan kepada masyarakat yang memerlukan dana dengan prosedur dan cara yang relatif sederhana
  • Berdasar Peraturan Pemerintah no 10 tahun 1990, laba yang diperoleh Pegadaian digunakan untuk : 

                    • Dana pembangunan semesta (55%)
                    • Cadangan umum (20%)
                    • Cadangan tujuan (5%)
                    • Dana sosial (20%)

Baca juga: Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Emas

Nah, itu tadi sekelumit mengenai pegadaian. Sesuai judul artikel ini apakah Anda tertarik ingin kredit kendaraan melalui Pegadaian? Sebuah alternatif bagus, sebab lembaga ini memang sudah terbukti kredibilitasnya di mata masyarakat. Jadi tidak perlu diragukan lagi.