Skip to main content

Cara Memasang Komentar di Blogger Menggunakan Disqus

Saat ini sudah banyak situs besar yang mengnonaktifkan kolom komentar. Karena banyak sekali komentar yang spam, tidak relevan dengan isi artikel dan adanya link eksternal yang diletakkan oleh pengunjung sebagai backlink untuk situsnya. Link tersebutpun banyak yang di luar konteks isi konten, bahkan ada juga link dengan situs negatif. Maka beberapa situs besar sudah tidak memfungsikan kolom komentarnya.
Cara Memasang Komentar di Blogger Menggunakan Disqus

Setiap pemilik memiliki hak prerogatif memasang komentar atau tidak di blognya. Terkadang admin tidak srek jika menghilangkan kolom komentar yang sebagian pembaca menganggap itu penting untuk bertanya kepada penulis. Tidak semua isi artikel dapat dipahami dengan mudah dan kadang kala juga, setelah di praktekan isi kontennya tidak sesuai dengan harapan. Komentar menjadi tempat diskusi mencari solusi terkait isi konten tersebut.

Bagi pemilik blog yang ingin memasang kolom komentar, banyak para mastah menganjurkan menggunakan disqus. Banyak kelebihan dari aplikasi tersebut, bahkan terhadap spam yang sering terjadi di kolom komentar tersebut. Berikut ini kelebihan komentar menggunakan disqus yang dilansir dari bungfrangki.com:

1. Dengan menggunakan disqus dapat mengatifkan dan non-aktifkan komentar anonymous
2. Login dengan berbagai akun populer, misalnya facebook, google, ataupun twitter.
3. Dapat dengan mudah mencegah komentar yang disertai dengan link
4. Dapat mengedit komentar pengunjung
5. Terdapat discovery box
6. Merupakan situs bookmarking
7. Tampilan komentar dapat di setting terbaru atau terlama

Cara Memasang Komentar di Blogger Menggunakan Disqus

Berikut ini cara memasang komentar disqus untuk blog yang dilansir dari igniel.com:

1. Masuk ke dashboard blogger, pada SETELAN pilih POSTINGAN, KOMENTAR dan BERBAGI. Lalu pada bagian komentar pilih SEMBUNYIKAN
setingan blog untuk komentar disembunyikan

2. Anda sudah harus mendaftar terlebih dahulu di Disqus (disqus.com). Login di Disqus, kemudian klik ADMIN - YOUR SITES - NEW atau bisa langsung mengisi datanya ke link: https://disqus.com/admin/create
membuat data baru disqus

3. Isikan data yang diminta. Pada WEBSITE NAME, isikan saja dengan alamat blog Anda, misalnya: bloganda.com dan lihat shortname yang muncul. Simpan shortname tersebut atau diingat, karena penting untuk menghubungkan koneksi ke blog nantinya. Untuk KATEGORI, sesuaikan saja dengan konten blog Anda, lalu klik CREATE SITE.
isi website name untuk mendapatkan shortname

4. Bila Anda diarahkan ke halaman berlangganan, maka pilih saja FREE agar gratis selamanya

5. Setelah itu abaikan untuk sementara lanjutan dari halaman disqus tersebut. Sebab dalam peletakan komentar tersebut menggunakan kode yang dipasang ke dalam template blog Anda. Copy kode berikut ini dan ganti shortname (tulisan yang berwarna merah/bloganda.com) yang Anda punya:
<b:if cond='data:view.isSingleItem'> <div id='disqus_thread'/> <script> var disqus_shortname = 'bloganda,com'; var disqus_blogger_current_url = &quot;<data:blog.canonicalUrl/>&quot;; if (!disqus_blogger_current_url.length) { disqus_blogger_current_url = &quot;<data:blog.url/>&quot;; } var disqus_blogger_homepage_url = &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;; var disqus_blogger_canonical_homepage_url = &quot;<data:blog.canonicalHomepageUrl/>&quot;; //<![CDATA[ (function() { var bloggerjs = document.createElement('script'); bloggerjs.type = 'text/javascript'; bloggerjs.async = true; bloggerjs.src = '//'+disqus_shortname+'.disqus.com/blogger_item.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(bloggerjs); })(); //]]> </script> </b:if>
6. Masuk pada TEMA - EDIT HTML - CTRL F, cari kata kunci name='comment_picker' atau commentPicker
kode selengkapnya:
<b:include cond='data:view.isSingleItem' data='post' name='comment_picker'/>

Atau

7. Lihat hasil dari penempatan kode tersebut adalah sebagai berikut:

Semoga cara tersebut bisa berhasil dilakukan!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar