Skip to main content

Cara Membuat Paspor Baru Melalui Aplikasi Online

Seiring berkembangnya tehnologi dalam kehidupan manusia, tingkat kenyamananan juga semakin meningkat. Apa yang dulu harus dilakukan melalui cara fisik, kini beralih ke dunia digital. Buat yang sibuk, hal tersebut sangat menguntungkan sekali.
Cara Membuat Paspor Baru Melalui Aplikasi Online

Seperti halnya ketika akan membuat paspor baru atau memperpanjang. Tidak perlu pergi jauh mendatangi kantornya secara langsung. Melalui sebuah aplikasi yang terpasang di smartphone, sudah bisa mendaftar.

Seperti kita ketahui bersama, kegunaan paspor bagi mereka yang suka berpergian keluar negeri sangatlah penting. Sebab itu identitas seseorang bilamana terjadi sesuatu yang tak diharapkan di negara orang, jadi mudah terindentifikasi. Selain itu juga merupakan bukti sah, keberadaan seseorang bisa diterima di negara tujuan.

Nah, buat Anda yang saat ini ingin membuat paspor berikut penjelasan singkat mengenai tutorial cara menggunakan aplikasi tersebut. Nama aplikasinya Layanan Paspor Online. Dapat diunduh secara gratis di Google Play Store yang terdapat di Android.

Keterangan itu diperoleh dari laman lampung.tribunnews.com, di mana analisis Keimigrasian Ahli Pertama Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi  (TPI) Bandar Lampung, Yudistira Jatmiko menerangkan bahwa aplikasi Layanan Paspor Online ini telah tersedia di Android dan iOS.

Dalam sebuah wawancara dengan kontributor media tersebut, ia menjelaskan jika cara membuat paspor secara online tinggal mengikuti saja petunjuk yang diberikan dalam perangkat. Seperti memasukkan nomor induk kependudukan (NIK). Ia juga mengungkapkan bila hal tesebut harus dimasukkan secara benar, karena semua telah terintegrasi lewat NIK.

Aplikasi Layanan Paspor Online memudahkan seseorang untuk tidak mengantre lama di depan loket pembuatan di kantor Imigrasi. Di dalam aplikasi ini, pemohon hanya diminta untuk mengisi hari serta jam untuk pembuatan paspor di kantor imigrasi terdekat di kota sang pemohon tinggal.

Dan berikut penjelasan singkat menurut Yudistira!

1. Setelah mengisi data yang dibutuhkan kantor imigrasi setempat, pemohon diharapkan untuk segera mendatangi kantor sesuai hari dan jam yang telah ditulis di formulir pendaftaran.
2. Ketika hadir di sana, pemohon diharuskan membawa syarat pembuatan paspor.
3. Syarat pembuatan paspor baru :
        - KTP
        - KK (Kartu Keluarga)
        - Akta Kelahiran ( bila kartu ini tidak ada dapat diganti dengan ijazah atau buku nikah)
4. Syarat penggantian paspor lama :
        - KTP
       - Paspor Lama

Sedangkan untuk biaya pembuatan sendiri, kantor imigrasi memungut dana sebesar Rp 355 ribu. Yudistira Jatmiko mengatakan bila uang tersebut menjadi sumber penerimaan negara dan bukan pajak (PNPB). Sementara sistem pembayarannya juga terbilang sangat mudah, sebab dapat melalui bank manapun diterima.

Begitu pentingnya keberadaan surat identitas itu di tangan seseorang bila sedang berada di luar negeri, maka Anda wajib membuatnya jika hendak pergi ke negara lain. Jangan sampai diabaikan. Selain sebagai identitas juga untuk melindungi diri, seperti yang sudah disinggung di atas tadi.

Bagi yang berkerja di luar negeri, ketimbang yang pergi jalan-jalan justru harus diperhatikan lagi, demi keselamatan Anda di negara orang. Jangan mengambil risiko, membuat paspor yang ditujukan untuk perjalanana wisata dan bukannya ijin berkerja. Bila dulu konon terganjal masalah adiministrasi yang mahal, sekarang sudah tak ada lagi bukan?

Sepertinya pemerintah sekarang juga sudah melunak. Birokrasi terkait pengurusan paspor sudah dipermudah lagi. Tidak berbelit, simpel dan dapat dilakukan di mana saja, selama mempunyai data lengkap dan akurat.

Baca juga: Kabar Aturan Terbaru! Tentang Tarif Tiket Pesawat Mulai Berlaku Hari Ini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar