Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan Customer Service Pada Pelanggan

Semua orang mungkin sudah mengetahuinya bahwa hal ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan atau bisnis Anda. Kepercayaan akan menjadi modal paling penting untuk menarik minat pelanggan supaya mau membeli atau memakai jasa yang Anda sediakan.
Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan Customer Service Pada Pelanggan

Setiap pelayanan yang baik hal itu akan menjadi daya tarik yang sangat ampuh,sebab pelanggan akan merasa nyaman. Jadi agar perusahaan Anda dapat selalu mendapatkan pelanggan setia maka perlu meningkatkan Kualitas Pelayanan Customer Service.

Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Pelanggan

Agar pelanggan Anda selalu merasa nyaman dengan apa yang Anda sediakan, baik itu Anda menyediakan barang atau jasa. Nah, pada kesempatan kali saya akan membagikan tips meningkatkan Kualitas Pelayanan Customer Service, antara lain :

1. Pelayanan yang cepat dan tanggap

Setiap pelanggan yang ingin bertanya atau menyampaikan sesuatu pada Anda pasti ingin segera memperoleh pelayanan. Jika mereka sampai menunggu respons dari customer service, tentu hal itu akan membosankan sehingga usahakan jangan membiarkan para pelanggan menunggu terlalu lama dalam menerima balasan Anda.

Mayoritas pelanggan pasti ingin segera dilayani sehingga mereka tidak mempunyai waktu lama untuk menunggu jawaban atau balasan dar Anda. Sebagai customer service yang baik, Anda harus bisa membalasnya dengan cepat dan tanggap apapun yang mereka sampaikan.

2. Mendengarkan keluhan

Mendengar ialah kegiatan yang cukup sulit untuk dilakukan sebab Anda akan cenderung untuk berkata jika dibanding mendengarkan. Sebagai customer service yang baik, kemampuan yang harus Anda punya ialah mendengarkan dengan baik. Semua pelanggan yang ingin menyampaikan sesuatu, pasti sebagian besar dari mereka hanya ingin didengarkan oleh Anda. Maka dari itu Anda harus mendengarkan pelanggan dengan penuh perhatian supaya mereka merasa bahwa Anda itu peduli dengan permasalahan dan keinginan mereka.

Baca juga: Cara Mudah Menghadapi Keluhan dari Pelanggan

3. Menjaga kesabaran

Memang bukan hal yang mudah untuk melayani pelanggan yang komplain. Dalam hal ini kesabaran sangatlah dibutuhkan dalam menghadapi situasi seperti itu. Bila Anda kehilangan kesabaran, mungkin Anda akan ikut terpancing dan mengeluarkan perkataan yang tidak seharusnya. Jika terjadi demikian justru akan memperburuk keadaan. Maka saran saya jika Anda menghadapi setiap keluhan dengan sabar sehingga Anda bisa memakai pikiran dengan jernih dalam merespon mereka.

4. Mencari solusi yang tepat

Setiap pelanggan yang menyampaikan keluhan saya yakin mereka akan menginginkan suatu penyelesaian yang baik. Keluhan muncul pada umumnya sebab pelanggan merasa dirugikan atau tidak puas pada produk atau pelayanan yang Anda berikan. Nah, setelah mereka merasa dirugikan maka mereka akan berharap untuk memperoleh keuntungan dengan menyampaikan keluhan tersebut. Maka dari itu, Anda harus bisa meyakinkan pada pelanggan, bahwa Anda akan memberi solusi terbaik untuk mereka dimana mereka akan diuntungkan dengan solusi tersebut. Tapi ingat, Anda jangan terlalu memberikan harapan apabila situasinya tidak memungkinkan.

5. Menjaga kesopanan

Anda harus tahu bahwa pelanggan bagaikan raja sehingga Anda harus memperlakukannya dengan baik. Komunikasi pada pelanggan harus dilakukan dengan cara yang sopan supaya membuat mereka merasa nyaman dengan pelayanan Anda. Kesopanan tersebut tidak boleh berkurang, walaupun sedang menghadapi pelanggan yang sedang menyampaikan komplain atas apa yang Anda sediakan baik itu barang atau jasa.

6. Sediakan tempat untuk feedback

Keberadaan feedback sangat penting untuk kemajuan bisnis atau perusahaan Anda, baik itu feedback positif ataupun negatif. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membaca atau mengetahui apa yang dikeluhkan oleh pelanggan, maka dari itu saran saya sediakan tempat untuk itu. Anda bisa membentuk forum, media sosial ataupun website untuk tempat para pelanggan menyampaikan feedback mereka pada bisnis Anda.

Lihat juga: 4 Trik Menghindari Komplain Pelanggan

7. Support pelanggan 24 jam

Setiap keluhan dan pertanyaan dari pelanggan harus Anda hadapi dan itu bisa muncul kapan saja. Dalam hal ini kapan pun mereka bertanya atau mengeluh, pasti mereka selalu ingin memperoleh tanggapan secara cepat. Inilah yang mengharuskan Anda untuk selalu memberikan layanan 24 jam sehingga kapan pun pelanggan memerlukan customer service, mereka akan ada untuk melayani dengan baik, yang efeknya in bisa menjadi faktor dalam meningkatkan layanan pelanggan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel