Skip to main content

Cara Mudah Menghadapi Keluhan dari Pelanggan

Ketika Anda menjalankan bisnis, baik itu berupa jasa atau produk secara online, saya yakin Anda pasti akan menemui pelanggan yang komplain. Biasanya mereka akan menyampaikan keluhannya dengan aneka media, diantara mereka bisa dengan media sosial, email atau secara langsung.
Setiap keluhan Anda harus ditanggapi dan ingat jangan dihindari. Anda sebagai seorang pembisnis yang hebat harus bisa mengatasi permasalahan yang terjadi supaya pelanggan tidak kecewa dengan pelayanan Anda.
Cara Mudah Menghadapi Keluhan dari Pelanggan

Tips Mudah Menghadapi Keluhan dari Pelanggan Via Online

Baca juga: 5 Ide Bisnis Sederhana Yang Bisa Dipasarkan Lewat Online

Cara atau tips ini bisa Anda gunakan dengan sebaik mungkin, Anda dapat gunakan pada pelanggan yang komplain di dunia online atau langsung. Hadapi setiap kalimat keluhannya, agar mereka merasa bahwa Anda peduli dan bertanggung jawab.

1. Jadilah Pendengar yang Baik

Untuk menghadapi ketidakpuasan pelanggan online Anda yang pertama ialah dengan menjadi pendengar yang baik untuk mereka. Cobalah untuk mendengarkan semua keluhan dan ketidakpuasan mereka, yang paling penting jangan sampai Anda memotong pembicaraan. Sebab biasanya cara ini akan sedikit meredakan emosi dari pelanggan Anda yang sedang marah dan tidak puas.

Anda harus menunjukkan rasa empati dalam menerima setiap ungkapan kekecewaan mereka dengan tanggapan yang positif. Jangan sampai Anda terpancing dengan emosi dari komplain pelanggan tersebut, tetaplah tenang dan mendengarkan dengan seksama apa yang mereka keluhkan.

2. Merespon dengan cepat

Ketika ada pelanggan memberikan sebuah keluhan atau tanggapan negatif, Anda harus bisa merespon mereka dengan cepat, tepat dan hati-hati. Responlah dengan secepat mungkin agar pelanggan tidak menunggu terlalu lama.

3. Berikan Solusi

Sesudah mendengarkan komplain dari pelanggan, dan keadaan sedikit mereda, maka cobalah untuk menawarkan beberapa solusi. Ingat Anda tidak boleh melakukan sanggahan terhadap komplain pelanggan untuk membela diri Anda, hal itu akan menyulut kemarahannya..

4. Bersikaplah Ramah, Jangan Terlalu Kaku

Dengan Anda bersikap ramah, tentu hal itu akan sangat membantu Anda dalam menghadapi komplain pelanggan bisnis online Anda. Kadang-kadang pelaku bisnis online sangat monoton dan kaku dalam menghadapi setiap konsumennya, sehingga hal ini membuat konsumen merasa tidak dihargai bahkan tidak nyaman.

5. Mengakui apabila melakukan kesalahan

Apabila benar telah terjadi kesalahan dalam pelayanan yang Anda berikan, Janganlah berbohong, katakan secara bijak kalau Anda memang salah. Dalam hal ini Anda harus bertanggung jawab. Jangan pernah takut apabila Anda mengatakan dan pelanggan akan turun, sebab faktanya justru pelanggan akan merasa respect sebab mereka merasa utama dan diperhatikan keberadaannya oleh Anda.

6. Berikan "Sesuatu"

Anda harus tahu, walaupun mungkin Anda bisa menyelesaikan semua permasalahan atau komplain pelanggan tersebut, namun sejatinya permasalahan tidak berhenti sampai di situ saja loh. Ketika ada pelanggan yang komplain pada Anda, tentu akan dibarengi dengan rasa kecewa yang mendalam di hati mereka.

Nah, kekecewaan ini bisa mengakibatkan bisnis online Anda akan terancam keberlangsungannya, jika Anda tidak mampu mengatasi secara tuntas dan efisien. Yang dikhawatirkan disini ialah kepercayaan pelanggan akan hilang terhadap bisnis online Anda, dan yang lebih parah lagi jika mereka menyebarkan kekecewaan mereka terhadap orang lain atau bahkan ke forum.

Maka dari itu, saran saya cobalah obati mereka dengan "sesuatu", hal ini bisa berupa diskon, atau spesial promo terhadap mereka untuk menyenangkan hatinya. harapannya dengan cara tersebut bisa mengobati sedikit kekecewaan mereka dan bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda tersebut terhadap bisnis online Anda lagi.

7. Catat Semua Komplain Pelanggan

Anda juga harus mencatat semua komplain dari pelanggan bisnis online tersebut, hal ini sangat berguna untuk perjalanan bisnis anda ke depannya. Sebab dengan mencatat semua keluhan dan kekecewaan mereka, maka Anda bisa menjadikan itu sebagai bahan evaluasi untuk semakin meningkatkan pelayanan.

Baca juga: 4 Trik Menghindari Komplain Pelanggan

Dengan Anda banyak pengalaman mengatasi komplain, secara otomatis Anda akan semakin mudah menemukan solusi atau cara yang baru untuk membangun dan meningkatkan kepuasan para pelanggan terhadap bisnis Anda. Perlu Anda ingat, jangan pernah takut menghadapi komplain pelanggan. Saran saya manfaatkan komplain dari mereka sebagai bahan promosi bisnis online yang sedang Anda jalankan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar