Skip to main content

Ciri-Ciri Administrasi Publik yang Baik dan Bertanggung Jawab

Dalam ruang publik, seorang administrator bisa memainkan peran penting, bahkan menurut saya lebih penting daripada dalam perusahaan. Dengan daya pikat dari jumlah gaji yang tinggi dan manfaat yang lebih baik yang berjalan secara terus menerus menarik beberapa karyawan hebat menjauh dari sektor layanan yang bersifat publik.
Ciri-Ciri Administrasi Publik yang Baik dan Bertanggung Jawab

Penyebabnya yaitu, ranah publik ialah ranah dimana semua yang kita kerjakan akan tampak oleh publik atau khalayak ramai. Inilah yang membuat beberapa orang malah menghindari jika menyangkut administrasi publik. Sebab beberapa orang lebih suka pekerjaan yang bersifat silent.

Ciri-ciri Administrasi Publik yang Baik

Dari beberapa alasan di atas, dan jika memang Anda masuk dalam ranah administrasi publik maka ada beberapa ciri yang bisa Anda jadikan arahan dalam menjadi administrasi publik. Di bawah ini ialah beberapa ciri-ciri administrasi publik yang baik, antara lain :

1. Komitmen terhadap Misi

Semangat yang kuat menetes dari pimpinan ke karyawan di lapangan. Saat seorang administrator antusias tentang misi organisasi atau agensi, maka karyawan akan mencerminkan perasaan tersebut. Pada saat sampai masa krisis, seorang administrator yang hebat mengingatkan staf mereka mengenai tujuan misi mereka dan peran yang dimainkan organisasi mereka dalam masyarakat yang lebih besar dan luas.

2. Visi Strategis

Seorang administrator publik yang baik harus selalu tetap fokus pada visi strategis dan misi jangka panjang dari lembaga atau organisasi tersebut. Beberapa anggota staf bisa menjadi sangat terobsesi dengan beberapa operasi sehari-hari dari agen, namun mengandalkan pemimpin mereka untuk tetap memahami rencana lima, 10 dan 20 tahun ke depan. Sangat penting untuk diingat bahwa agen atau organisasi sering berada jauh sebelum seorang administrator publik tiba, dan mereka akan tetap beroperasi sesudah administrator pergi seperti halnya ciri-ciri administrasi kepegawaian.

3. Kelompok

Keterampilan konseptual  dalam organisasi ialah penginderaan organisasi yang menyangkut secara keseluruhan dan dari situasi total yang relevan dengan organisasi tersebut. Disini maksudnya ialah bahwa pemimpin harus selalu bisa melihat bagaimana mengambil satu tindakan atau keputusan yang mempengaruhi setiap bagian dari perusahaan atau organisasi.

4. Delegasi

Dalam hal ini terdapat garis tipis antara mendelegasikan tugas terhadap staf dan melalaikan tanggung jawab. Seorang administrator publik yang hebat akan dapat menavigasi perbedaan ini dengan menetapkan, bukan hanya tugas namun lingkup sangat pengaruh, yang jelas setiap anggota staf mempunyai wewenang untuk membuat keputusan. Mendelegasikan tugas dan juga tanggung jawab dengan cara tersebut dapat memberdayakan anggota staf untuk tumbuh di posisi mereka masing-masing. Selain itu juga untuk mempersiapkan mereka pada posisi kepemimpinan masa depan.

5. Pengendalian

Mungkin saja memang hampir setiap orang mengalami emosi ekstrim pada satu waktu dan emosi tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebaikan atau hal lain oleh para pemimpin. Beberapa pemimpin besar menyalurkan emosi, seperti halnya kemarahan dan kebahagiaan, menjadi tindakan yang positif untuk mendorong perubahan.

6. Kreativitas

Seorang administrator publik yang baik bekerja dengan anggaran yang terbatas dengan tenggat waktu yang pendek dan tujuan yang sulit, yang tampaknya mustahil untuk di capai. Setiap orang dari mereka yang tertarik pada administrasi publik, dapat berkembang pada tantangan unik tersebut, dan menggunakan pembatasan sebagai cara untuk menampilkan kreativitas mereka yang tersembunyi. Seorang administrator publik bisa menemukan solusi kreatif untuk masalah kompleks yang mereka hadapi. Pada umumnya dengan melihat masalah dari perspektif baru atau dengan berinovasi pada pendekatan baru untuk solusi adalah ciri-ciri administrasi usaha.

7. Komunikasi Digital

Beberapa media sosial dan platform komunikasi digital, seperti halnya email dan video, ialah landasan komunikasi modern di jaman milenial. Sementara itu, untuk para pemimpin di organisasi nirlaba, mereka bertanggung jawab kepada pemegang saham. Dalam hal ini mereka mempunyai lebih banyak kebebasan untuk menentukan kapan dan di mana mereka akan berkomunikasi. Seorang administrator publik terikat pada beberapa orang dalam ranah publik, dan bisa dimintai pertanggungjawaban atas tindakan mereka kapan saja. Seorang administrator yang berhasil akan menunjukkan keterampilan komunikasi digital yang sangat baik, terlebih lagi dalam komunikasi melalui media sosial.

Baca juga: Ciri-ciri Administrasi Keuangan Dalam Sebuah Perusahaan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar