Skip to main content

Definisi Administrasi Keuangan, Fungsi, dan Manfaatnya

Secara umum Administrasi keuangan dapat di artikan sebagai pengelolaan semua aktivitas yang berhubungan dengan keuangan untuk mencapai tujuan suatu perusahaan atau organisasi. Dimana hal ini berhubungan dengan pencatatan pemasukan dan juga pengeluaran pembiayaan berbagai kegiatan organisasi atau perusahaan, dan ini bentuknya berupa tata usaha ataupun tata pembukuan keuangan yang resmi.

Fungsi Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan ialah bagian dari beberapa staff karyawan di suatu perusahaan. Saat mereka menjalankan tugasnya, administrasi keuangan mempunyai fungsi penting dalam kinerjanya di suatu perusahaan. Di bawah ini ialah beberapa fungsi dari administrasi keuangan.

1. Fungsi Investasi

Fungsi investasi ialah sebagai penyimpanan debit suatu perusahaan yang nantinya akan dipakai untuk keperluan perusahaan di kemudian hari. Investasi yang ada dan terjadi pada administrasi keuangan dibedakan atas 2 bagian, yakni investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Penjelasan tentang pembagian investasi ialah sebagai berikut.

2. Fungsi Mencari Dana

Fungsi administrasi keuangan berikutnya ialah fungsi mencari dana. Fungsi mencari dana didalam administrasi keuangan dipakai untuk menyediakan dana atas sebuah perusahaan guna keperluan keuangan perusahaan. Dimana penggunaan fungsi mencari dana dalam fungsi administrasi keuangan ini ialah untuk mencari sponsor dan mencari donatur yang akhirnya akan di gunakan perusahaan.

3. Fungsi Belanja

Fungsi belanja ialah seorang administrasi keuangan yang memang dipercaya untuk membelanjakan dana perusahaan yang dipakai untuk keperluan sehari-hari perusahaan tersebut. Dalam hal ini, bagian staff dari karyawan administrasi keuangan akan sepenuhnya membelanjakan dana perusahaan sebagaimana mestinya dan sesuai kebutuhan.

4. Fungsi Bagi Hasil

Tugas yang diberi dari seorang supervisor untuk dikerjakan seorang staff karyawan administrasi keuangan ialah memberikan upah yang memang telah menjadi hak bagi karyawan lain. Dalam hal ini, pemberian upah yang dilakukan seorang administrasi keuangan telah melalui pegnawasan seorang manajer perusahaan tersebut.

Baca juga: Fungsi Administrasi Perkantoran yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Administrasi Keuangan

Dalam melaksanakan tugas yang di berikan, seorang posisi staff karyawan administrasi keuangan mempunyai tugas penting dalam bertugas di perusahaan terkait. Administrasi keuangan mempunyai tiga manfaat utama. Manfaat tersebut ialah manfaat pencatatan, manfaat penerimaan, dan manfaat pengeluaran perusahaan. Lebih jelasnya mari kita pelajari semuanya di bawah ini :

1. Pencatatan

Manfaat administrasi keuangan bertugas untuk selalu mencatat dana perusahaan/organisasi yang telah masuk atau keluar setiap saat. Kepercayaan yang di berikan oleh seorang supervisor dalam memilih petugas staff administrasi keuangan pasti telah melalui beberapa prosedur ketat perusahaan dengan beberapa pertimbangan. Ketelitian dan juga kedisiplinan diperlukan dalam pemilihan petugas administrasi keuangan perusahaan yang besar. Dengan fungsi yang cukup vital ini maka administrasi keuangan mempunyai manfaat pencatatan dana dana perusahaan tersebut.

2. Penerimaan

Seorang Administrasi keuangan mempunyai fungsi menyalurkan dana perusahaan yang telah menjadi hak upah untuk setiap karyawan perusahaan. Dimana seorang administrasi keuangan mempunyai manfaat penerimaan untuk para karyawan perusahaan yang lainnya juga.

3. Pengeluaran

Seorang Administrasi keuangan mempunyai manfaat dalam hal mengeluarkan dana perusahaan yang memang sudah seharusnya selalu ditulis dalam pembukuan supaya semua jajaran tertinggi perusahaan seperti halnya manajer hingga pimpinan perusahaan bisa mengetahui pengeluaran perusahaan yang mereka jalankan.

Petugas Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan adalah salah satu yang paling vital dalam perusahaan. Dan petugas yang mengatur dalam pengelolaan keuangan, dapat Anda lihat sebagai berikut :

1. Sekretaris

Sekretaris ialah seorang petugas administrasi keuangan pada perusahaan yang berada dalam tingkat menengah. Seorang sekretaris mempunyai jabatan dibawah supervisor tetapi dia berada dalam pengawasan langsung pemimpin perusahaan lho. Sekretaris mempunyai tanggung jawab untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan yang berhubungan langsung dengan pihak bank dari luar.

2. Bendahara

Bendahara dalam administrasi keuangan perusahaan biasa kita kenal dengan sebutan kasir. Bendahara mempunyai posisi dibawah supervisor lho. Tugasnya ialah untuk membawa uang perusahaan dengan beberapa catatan pengeluaran dan pemasukan perusahaan tempat dia bekerja.

3. Manajer Keuangan

Manajer keuangan ialah tugas seorang yang berada dalam posisi tertinggi dari administrasi keuangan. Perlu Anda ketahui, bahwa manajer keuangan berada dalam posisi diatas supervisor dan berada setara pada manajer perusahaan lho. Seorang manajer keuangan bertugas untuk memeriksa setiap keuangan perusahaan.

Lihat juga: Contoh Laporan Keuangan dan Pengajuan Dana Operasional Perusahaan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar