Skip to main content

Definisi Asuransi, Polis, Premi, Klaim dan Manfaatnya

Asuransi ialah sebuah perjanjian antara dua pihak atau lebih, yang mana dari pihak penanggung mengikatkan diri terhadap tertanggung, dimana dia menerima premi asuransi, untuk memberi bantuan terhadap tertanggung.
Definisi Asuransi, Polis, Premi, Klaim dan Manfaatnya

Dan di lihat dari sisi yang berbeda asuransi juga disebut sebagai perjanjian tentang pengalihan risiko yang akan terjadi dari sebuah perusahaan selaku penanggung.

Asuransi di buat berdasarkan pada kepentingan dari pihak penanggung dan tertanggung. Di dalam asuransi, ada 3 yang menjadi pedoman penaggulangan risiko yang di tujukan untuk seorang tertanggung, antara lain :

Polis Asuransi

Polis Asuransi ialah sebuah perjanjian asuransi yang sifatnya konsensual atau memang ada perjanjian. Pada umumnya polis asuransi akan dibuat dengan akte dengan persetujuan antara pihak yang mengadakan persetujuan tertulis yang di tanda tangani bersama. Dan akta tersebut biasa disebut dengan "polis" . jadi polis dapat di artikan sebagai bukti suatu persetujuan asuransi tertulis.

Polis asuransi juga dapat disebut dengan akta, sertifikat, maupun surat perjanjian yang khusus dibuat sesuai dengan yang diterbitkan oleh pihak perusahaan asuransi yang akan sesuai untuk pertanggungan atau masa jatuh tempo yang telah disetujui bersama.

Polis Asuransi ialah salah satu kontrak atau jenis perjanjian tertulis antara tertanggung dengan sebuah perusahaan asuransi selaku penanggung mengenai pengalihan persyaratan. Diantara beberapa persyaratan tersebut antara lain : jumlah uang pertanggungan, jenis risiko yang ditanggung oleh pihak tertanggung, jangka waktu dan lain sebagainya.

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa Polis Asuransi ialah suatu pernyataan persetujuan yang dilakukan oleh pihak yang bertanggung jawab atau tertanggung dengan sebuah perusahaan asuransi penanggung, mengenai beberapa hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Dengan adanya polis asuransi atau pernyataan tertulis ini maka kedua belah pihak bisa melakukan perjanjian asuransi tersebut dengan saling terkait, serta mempunyai tanggung jawab sesuai dengan yang telah disepakati dalam perjanjian tersebut sebelumnya.

Baca juga: Definisi Investasi, Fungsi, Tujuan, Jenis - Jenis, dan Manfaatnya

Premi Asuransi

Premi asuransi ini mewakili uang yang harus disetujui oleh perusahaan  selaku tertanggung pada  perusahaan asuransi setiap bulannya sesuai dengan perjanjian yang telah disetujui bersama. Nominal uang yang harus di bayarkan setiap bulan oleh pihak pelanggan saat jatuh tempo, yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi tersebut dengan persyaratan terkait dengan negara.

Premi ini mempunyai fungsi untuk memperbaiki suatu tempat sebelum dikeluarkan agar dapat kembali ke kondisi sebelum kebangkrutan itu terjadi. Atau dapat dibayar dalam kerugian yang memang menjadi tanggungannya.

Klaim asuransi

Secara umum klaim asuransi ialah permintaan resmi dari yang diminta oleh perusahaan terkait dengan keuangan ataupun ganti rugi dari keuangan pihak tertanggung sesuai dengan perjanjian yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak terkait.

Sebelum menyetujui dengan klaim asuransi, pada umumnya sebuah perusahaan asuransi akan meminta validitasnya. Mengenai perlindungan asuransi yang akan diberi terhadap asuransi jiwa, properti, kesehatan dan sesuai dengan program asuransi yang telah dipilih.

Beberapa jenis program asuransi yang menanggung asuransi, kesehatan kematian, dan kerusakan, hal ini berkaitan erat dengan pembayaran premi yang dilakukan secara berkala sesuai dengan yang telah disetujui bersama, diperoleh sebagai ganti polis untuk mendapatkan perlindungan dari beberapa program asuransi yang dipilihkan tersebut.

Manfaat Asuransi untuk Karyawan

Secara garis besar adanya asuransi ini akan sangat bermanfaat untuk beberapa orang yang bekerja di sebuah perusahaan. Anda tentu yang bekerja di salah salah satu instansi, baik itu instansi pemerintahan atau swasta tentu mempunyai asuransi bukan ?

Asuransi berguna untuk menjaga setiap karyawan saat terkena kendala  saat bekerja. Beberapa kendala tersebut dapat berupa kecelakaan, sakit, atau kematian. Asuransi dari sebuah perusahaan akan membantu setiap karyawan yang bekerja dalam hal materi sesuai dengan perjanjian di awal ketika mereka di rekrut.

Baca juga: Contoh Surat Klaim Asuransi

Anda tentu dapat menilai bagaimana perusahaan bisa memberikan rasa aman pada karyawannya dengan asuransi. Dan yang pasti asuransi ini wajib di terima oleh seorang karyawan, agar mereka bisa menerima rasa aman saat bekerja. Rasa aman inilah yang membuat mereka dapat bekerja dengan sepenuh hati dalam setiap tugas yang di jalankan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar