Skip to main content

Definisi Investasi, Fungsi, Tujuan, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya

Siapapun orang di dunia ini tidak akan ada yang tau perekonomian di masa depan. Atas alasan itulah sebaiknya kita mulai belajar berinvestasi agar perekonomian kita di masa depan dapat lebih terorganisir.
Definisi Investasi, Fungsi, Tujuan, Jenis - Jenis, dan Manfaatnya

Definisi Investasi

Dalam dunia bisnis Investasi lebih dikenal dengan istilah penanaman modal atau suatu pembentukan modal yang merupakan suatu komponen kedua, dimana hal ini menentukan tingkat pengeluaran agregat dari sebuah usaha. Beberapa tabungan yang berasal dari sektor rumah tangga yang terkumpul  melalui institusi-institusi keuangan akan mengalir secara otomatis ke suatu sektor perusahaan.

Fungsi Investasi

Memang ada beberapa fungsi yang ada pada investasi, namun alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu apa itu investasi. Fungsi Investasi merupakan suatu pengeluaran yang dipakai untuk keperluan membeli barang modal dan sebuah peralatan produksi dengan maksud serta tujuan mengganti dan menambah beberapa barang modal dalam suatu perekonomian yang dapat dipakai untuk memproduksi barang dan jasa di masa depan.

Sedangkan fungsi Investasi yang kedua merupakan kurva yang menunjukkan sebuah hubungan beberapa tingkat investasi dan juga tingkat pendapatan nasional dalam sebuah perusahaan.

Tujuan Investasi

Setiap apa yang di lakukan pasti ada tujuannya, dalam hal ini kita akan mengetahui tujuan dari melakukan investasi, antara lain :

  • Berguna untuk memperoleh sebuah keuntungan dalam setiap periode. Contoh konkritnya bunga, dividen, royalti, atau uang sewa dan masih banyak lagi.
  • Berguna untuk membentuk sebuah dana yang bersifat khusus, misalnya dana untuk suatu kepentingan ekspansi dan kepentingan sosial.
  • Berguna untuk mengontrol serta mengendalikan keadaan suatu perusahaan lain, dengan kepemilikan sebagian ekuitas suatu perusahaan tersebut atas investor.
  • Berguna untuk menjamin tersedianya beberapa bahan baku dan untuk memperoleh pasar untuk produk yang dihasilkan nanti.
  • Berguna untuk mengurangi persaingan di antara beberapa perusahaan yang sejenis.
  • Berguna untuk menjaga hubungan antar perusahaan dalam usaha yang sama.

Jenis-Jenis Investasi

Secara umumnya investasi memang di lakukan untuk memperoleh keuntungan. Namun dari semua itu ada beberapa jenis investasi yang ada di dunia ini, antara lain :

a. Jenis Investasi berdasarkan Asetnya.

Untuk jenis investasi yang di dasarkan pada asetnya merupakan penggolongan investasi atas beberapa aspek modal maupun kekayaan. Investasi berdasarkan asetnya ini di bagi atas dua jenis, antara lain :

  1. Real Asset dimana ini merupakan jenis investasi yang berwujud antara lain seperti, sebidang tanah gedung-gedung, kendaraan dan yang lainnya.
  2. Financial Asset dimana ini berbentuk dokumen klaim yang bersifat tidak langsung dari pemegangnya pada sebuah aktivitas riil pihak yang menerbitkan sekuritas tersebut.

b. Jenis Investasi berdasarkan Pengaruhnya.

Hal ini merupakan jenis investasi yang didasarkan atas beberapa faktor yang berpengaruh maupun tidak berpengaruh dengan suatu kegiatan investasi dari perusahaan. Mengenai jenis investasi yang didasarkan atas pengaruhnya ini di bagi atas dua macam, antara lain :

  1. Investasi Autonomus dimana hal ini adalah jenis investasi yang tidak dipengaruhi pada tingkat pendapatan, yang sifatnya spekulatif.
  2. Investasi Induced dimana hal ini merupakan jenis investasi yang dipengaruhi atas kenaikan permintaan akan barang dan jasa dengan tingkat pendapatan yang di ketahui bersama.

c. Jenis Investasi berdasarkan Sumber Pembiayaannya.

Hal ini merupakanjens investasi yang didasarkan atas beberapa usul investasi yang diperoleh. Mengenai jenis investasi yang satu ini dibagi menjadi dua macam, yakni investasi yang bersumber dari modal asing serta  investasi yang bersumber dari modal dalam negeri.

d. Jenis Investasi berdasarkan bentuknya.

Hal ini merupakan jenis investasi yang didasarkan dengan beberapa cara menanamkan investasinya. Dimana jenis investasi yang satu ini di bagi atas dua macam, antara lain :

  1. Investasi Portopolio yakni investasi yang dilakukan melalui pasar modal dengan instrumen surat berharga, misalnya seperti pada saham dan obligasi dalam perusahaan.
  2. Investasi langsung merupakan bentuk dari sebuah investasi yang dilakukan dengan membangun suatu perusahaan langsung, atau membeli total saham perusahaan, serta bisa juga dengan mengakuisisi sebuah perusahaan.

Manfaat Investasi

Investasi tentu merupakan langkah awal dari sebuah usaha yang di lakukan, dimana ini di dasarkan atas hasil atau laba yang akan di dapat. Investasi mempunyai beberapa manfaat, antara lain :

Potensi penghasilan jangka panjang dalam bentuk modal atau usaha.
Mengungguli inflasi dari sebuah perusahaan.
Adanya potensi memberikan sebuah penghasilan tetap dimasa yang akan datang.
Menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Baca juga: Definisi Asuransi, Polis, Premi, Klaim dan Manfaatnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar