Skip to main content

Definisi Laporan Laba Rugi, Fungsi dan Contohnya

Laba rugi dalam sebuah perusahaan pasti akan ada dan terjadi, sepanjang perusahaan tersebut masih berdiri dan melakukan aktivitas. Sebab pada dasarnya perusahaan akan selalu mencari keuntungan dari apa yang mereka kerjakan, tapi terkadang memang akan kerugian dari usaha tersebut.
Definisi Laporan Laba Rugi, Fungsi dan Contohnya

Definisi Laporan Laba Rugi

Secara umum laporan laba rugi dapat di artikan sebagai laporan keuangan yang melaporkan kinerja keuangan perusahaan dalam periode waktu yang telah di tentukan sebelumnya. Laporan laba rugi ini meringkas jumlah beberapa biaya yang dikeluarkan perusahaan selama melakukan operasi dan juga berapa keuntungan yang diperoleh perusahaan selama menjalankan usaha tersebut.

Perlu Anda ketahui, laporan laba rugi ini termasuk dalam bagian laporan yang sangat penting dari sebuah perusahaan,sebab dari laporan itulah akan terlihat pendapatan bersih perusahaan yang bisa dinilai bersama apakah perusahaan meraih keuntungan selama melakukan operasi atau justru malam mengalami kerugian.

Fungsi Laporan Laba Rugi

Setiap apa yang kita buat dapat di pastikan itu akan mempunyai fungsi tersendiri, tidak terkecuali dalam proses pembuatan laporan laba rugi. Pembuat laporan ini akan ada fungsi yang terkandung di dalamnya. Apakah Anda bingung apa saja fungsinya ? Mari langsung kita simak secara rinci.

  • Menyajikan beberapa informasi terhadap pengguna informasi keuangan suatu perusahaan mengenai keuntungan atau kerugian yang dihasilkan perusahaan tersebut ketika melakukan operasi dalam periode waktu yang telah di tentukan sebelumnya.
  • Memperlihatkan beberapa jenis tren perusahaan selama kelompok waktu yang telah di tentukan dengan membandingkan income statement perusahaan tersebut dari tahun ke tahun, dengan hal ini maka akan dapat terlihat apakah perusahaan memiliki tren positif atau perusahaan memperoleh keuntungan maupun tren negatif atau perusahaan malah mengalami kerugian selama melakukan operasi.
  • Membantu seorang pengusaha menganalisis darimana keuntungan terbesar dihasilkan dan pengeluaran dari segi apakah yang paling banyak memakan biaya, sebab laporan laba rugi dari sebuah perusahaan berisi jumlah beberapa subtotal revenues ataupun expenses perusahaan selama menjalankan usaha dalam periode tertentu.
  • Sebagai alat bantu untuk mengukur dan juga menganalisa perkembangan perusahaan tersebut.
  • Sebagai patokan untuk sebuah perusahaan untuk mengembangkan usahanya apabila mereka ingin meningkatkan keuntungan yang didapat sebelumnya.
  • Sebagai alat bantu dalam menganalisa strategi suatu perusahaan, apakah strategi yang selama ini telah mereka diterapkan pada perusahaan sudah sesuai dan menghasilkan pendapatan sesuai yang mereka harapkan atau malah tidak sesuai dan perlu penggantian strategi demi terpenuhinya tujuan perusahaan tersebut.
  • Menjadi sebuah cerminan profil perusahaan untuk calon investor ataupun kreditur yang akan melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan, atau juga yang ingin menanamkan saham modal untuk perusahaan Anda.
  • Sebagai alat bantu untuk evaluasi kinerja perusahaan selama melakukan operasi.

Baca juga: Konsep Laporan Keuangan

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan

Mungkin Anda yang belum pernah mempelajari tentang laporan laba rugi tidak tahu bahwa laporan laba rugi terbagi menjadi dua  macam. Dalam hal ini akan saya berikan ulasan yang pasti akan membuat Anda paham. Dua laporan laba rugi tersebut adalah Single step income statement dan Multiple step income statement. Nah, agar Anda benar-benar paham berikut ulasannya.

1. Single Step Income Statement
Single Step Income Statement

Dalam laporan laba rugi single step income statement ini laba bersih diperoleh dari pengurangan pendapatan total dengan biaya total perusahaan tersebut.

Mengenai alasan mengapa perusahaan memakai cara pencatatan laporan laba rugi nya dengan single step ini ialah karena perusahaan tersebut tidak menyadari adanya keuntungan sampai total pendapatan melebihi total biaya yang di pakai. Bukan hanya itu saja, beberapa perusahaan lebih memilih metode pencatatan ini sebab formatnya lebih mudah dibaca dan lebih sederhana untuk dibuat.

2. Multiple Step Income Statement
Multiple Step Income Statement

Laporan laba rugi dalam bentuk multiple step income statement ini menunjukkan beberapa langkah dalam menentukan laba bersih dari sebuah perusahaan. Dimana terdapat  dua langkah yang berhubungan dengan beberapa kegiatan operasi utama, yang mana antara aktivitas operasi dan non-operasi sangat dibedakan.


Demikian yang dapat saya ulas mengenai laporan laba rugi yang menyangkut, pengertian, fungsi dan contohnya. Semoga ini memberikan gambaran untuk Anda dalam menulis laporan laba rugi perusahaan yang benar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar