Jenis Jenis dan Cara Kerja Administrasi

Pada umumnya semua instansi akan ada administrasinya, baik itu instansi pemerintahan atau instansi yang berbentuk wirausaha miliki pribadi. Peran administrasi sangat penting, sebab ini juga akan menentukan ke arah mana perusahaan atau instansi akan bergerak.
Jenis Jenis dan Cara Kerja Administrasi

Memang akan ada administrasi dimanapun Anda masuk ke sebuah kantor yang beroperasi. So, apakah Anda tahu jenis-jenis dari administrasi ? Mungkin banyak orang yang belum tahu ini, maka dari itu saya ingin memberikan pelajaran melalui artikel ini mengenai Jenis Jenis dan Cara Kerja Administrasi.

Jenis-jenis administrasi

Jenis administrasi ada berbagai macam, dan untuk Anda yang  bekerja di sebuah kantor tentunya harus tahu donk, berikut Jenis-jenis administrasi, diantaranya :

1. Administrasi Perkantoran

Administrasi Perkantoran ialah suatu kegiatan perencanaan keuangan, personalia, penagihan, pencatatan, dan distribusi barang serta logistik di dalam sebuah organisasi. Pada umumnya seorang karyawan yang bertugas dalam hal ini disebut dengan administrator kantor atau Admin.

2. Administrasi Negara

Administrasi Negara ialah suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga dari beberapa elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, lembaga yudikatif dan lembaga eksekutif serta hal-hal yang berkaitan erat dengan publik yang meliputi kebijakan publik, tujuan negara itu sendiri dan etika yang mengatur setiap penyelenggara negara.

3. Administrasi Niaga

Ini adalah administrasi yang mengejar tercapainya sebuah tujuan yang bersifat keniagaan, dalam pengertian ini, administrasi niaga tersebut dijalankan oleh setiap masing – masing manager dalam suatu organisasi niaga.

4. Administrasi Pembangunan

Administrasi Pembangunan ialah proses pengendalian usaha oleh negara/pemerintah untuk merealisasikan setiap pertumbuhan yang direncanakan ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik, efisien di dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.

5. Administrasi Kependudukan

Administrasi Kependudukan ialah serangkaian kegiatan penataan dan juga penertiban dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk, Pengelolaan Informasi penduduk,Pencatatan Sipil, serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan juga Pembangunan di bidang sektor yang lain.

6. Administrasi Keuangan

Administrasi Keuangan ialah setiap pengelolaan yang meliputi semua aktivitas yang erat kaitannya dengan keuangan dan juga pencapaian tujuan sebuah organisasi atau perusahaan. Divisi ini akan berkaitan erat dengan laporan keuangan.

7. Administrasi Pendidikan

Administrasi Pendidikan ialah sebuah proses keseluruhan dan beberapa kegiatan bersama yang memang harus dilakukan oleh setiap pihak yang bersangkutan dengan beberapa tugas pendidikan. Seperti guru tugasnya untuk mengajar.

Baca juga: Mengenal Definisi, Tujuan, Ruang Lingkup, Karakteristik, dan Contoh Administrasi Negara

Jenis Kerja Administrasi

Ada beberapa jenis dalam administrasi, ini sangat penting untuk di pahami, sebab mungkin saja nanti Anda akan di tempatkan dalam divisi ini.

1. Akuntansi / Keuangan

Salah satu kerja administrasi ialah melakukan pembukuan di dalam perusahaan atau lebih populer disebut akuntansi. Definisi kerja akuntansi ialah suatu kegiatan pencatatan transaksi keuangan, dan pemasukan dalam perusahaan. Semua institusi pemerintah atau perusahaan maupun organisasi non profit harus menyelenggarakan kegiatan akuntansi.

2. Laporan Penjualan

Laporan penjualan ialah salah satu tugas administrasi pada bagian pemasaran dalam perusahaan. Laporan penjualan harus dilakukan secara berkala, seperti halnya seminggu sekali, atau sebulan sekali memang wajib di laksanakan. Laporan tersebut harus diserahkan kepada manager pemasaran.

3. Inventori

Inventori adalah devisi yang bertanggungjawab penuh untuk membuat laporan stock barang yang tersedia di gudang ataupun yang sedang di pasarkan di lapangan. Inventori harus benar-benar mengerti bagaimana mengatur sirkulasi produk kapan disimpan dan juga kapan yang dikeluarkan.
Artinya setiap barang yang keluar dari gudang dan barang masuk harus dicatat dalam buku khusus. Dan di akhir bulan, serang inventoris harus menghitung ulang sisa stock yang ada di gudang setelah itu dibuat laporannya.

4. Rekam Medis

Rekam medis ialah salah satu kegiatan dalam administrasi yang ruang lingkupnya berada di rumah sakit, ataupun klinik kesehatan.Fungsi rekam medis ialah mencatat riwayat penyakit setiap pasien kedalam sebuah lembar laporan, dan juga mencatat riwayat pengobatan pasien untuk rawat inap atau rawat jalan. Hal ini bertujuan sebagai pertimbangan untuk tindakan medis, menentukan cara pengobatan, berapa lama akan terus di lakukan perawatan dan masih banyak lagi. Rekam medis ialah standar baku administrasi di rumah sakit, dokter praktek ataupun klinik pengobatan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Lihat juga: Sifat Administrasi Perkantoran Secara Umum

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel