Skip to main content

Manfaat Database Dalam Perusahaan (Bisnis)

Pemakaian sistem informasi sangatlah dibutuhkan dalam meningkatkan produktivitas suatu perusahaan dengan semakin banyaknya kemunculan persaingan. Hal ini akan membuat perusahaan berpikir keras dalam menjalankan proses bisnisnya.
Manfaat Database Dalam Perusahaan (Bisnis)

Maka dari itu Anda bisa menggunakan suatu sistem database dalam pengelolaan data. Pemakaian database dalam perusahaan ialah salah satu hal yang sangat wajib untuk mendukung beberapa kegiatan yang ada di dalam perusahaan.

Database ialah suatu kumpulan data yang saling terhubung satu sama lain dan bisa diakses dengan mudah. Dengan adanya Database Management Sistem atau biasanya di singkat DBMS, perusahaan bisa dengan mudah mengakses dan menyimpan data informasi.

Bukan hanya itu saja, untuk mengakses dan menyimpan data suatu perusahaan, DBMS harus bisa memantau apa yang semuanya terjadi pada kegiatan operasional sehingga hal itu  bisa mengambil langkah yang cepat dan tepat apabila memang terjadi masalah.

Kita dapat mengmbil contoh penjualan yang cepat harus diikuti manajemen inventori yang cepat. Untuk yang berada pada bagian keuangan juga dengan cepat bisa menghitung rugi dan laba untuk membantu manajemen dalam menentukan apakah perlu menambah produksi lagi, membeli bahan mentah dan yang lainnya.

So, untuk langkah pertama dari perusahaan  dalam membuat sebuah database ialah membuat standarisasi pada seluruh semua data yang ada. Selanjutnya menentukan jenis aplikasi DBMS apa yang sesuai dan tepat untuk dipakai dalam membantu penyusunan serta pemanfaatan data-data tersebut.

Sesudah memanfaatkan aplikasi DBMS, langkah selanjutnya nya ialah mengelola informasi. Hal ini bukan suatu pekerjaan yang mudah, diantaranya seperti  siapa yang bisa melihat dan menggunakan, berapa lama harus disimpan, bagaimana mem-backup, teknologi penyimpanan yang tepat dan lain-lain.

Sampai saat ini aplikasi DBMS yang sering dipakai oleh suatu perusahaan ialah Microsoft Access, MySQL, Oracle atau juga aplikasi yang lainnya. Beberapa aplikasi tersebut dipakai kebanyakan oleh perusahaan dengan bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga dipakai oleh beberapa perusahaan yang cukup besar. Nah sesudah database selesai dibuat, maka perusahaan skala kecil bisa memakai aplikasi tersebut untuk mendukung kegiatan operasional mereka.

Baca juga: Peran Vital Manajer TI di perusahaan

Keuntungan Pemakaian Database Dalam Perusahaan

Dalam dunia bisnis ada beberapa keuntungan dar penggunaan database, mungkin banyak yang tidak menyadari atau memang tidak tahu. Di bawah ini adalah  beberapa keuntungan dalam pemakaian Database:

  • Mengurangi redundancy data, yakni data yang sama pada beberapa aplikasi cukup hanya disimpan sekali saja.
  • Integrity maksudnya data tersimpan secara akurat.
  • Menghindari inkonsisten, yah karena memang redundancy berkurang, maka update data jadi lebih efisien dan cepat.
  • Pemakaian data bersama untuk semua karyawan, data yang sama bisa diakses oleh beberapa user pada saat bersamaan loh.
  • Menyangkut keseragaman penyajian data antara semua karyawan.
  • Menyeimbangkan kebutuhan, hal ini bisa ditentukan prioritas suatu operasi, misalnya antara update dengan retrieval pada perusahaan.

Nah mengenai keamanan database suatu perusahaan harus, maka  mempunyai seseorang yang bisa mengontrol dan mengatur semua database yang pada umumnya disebut Administrator database. Dialah yang memegang peranan paling penting pada suatu sistem database. Maka dari itu seorang administrator harus mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang cukup luas agar bisa mengatur suatu sistem database secara keseluruhan.

Dan salah satu contoh sukses dalam pemakaian database pada suatu perusahaan ialah perusahaan Amazon dengan cara mengelola database pelanggan di seluruh dunia. Amazon.com ialah salah satu bentuk contoh perusahaan masa depan yang telah berkembang pesat.

Perusahaan mereka memanfaatkan teknologi internet untuk terus membangun database pelanggan dan juga komunikasi dengan para pelanggannya dari penjuru dunia. Amazon memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan  beberapa individu secara efektif.

Baca juga: Metode dan Media Transaksi Online Terbaik

Dari pengakuan pelanggan, mereka sangat puas karena bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan sesuai dengan harapannya. Sebab seperti yang kita ketahui bersama, data-data pelanggan di Amazon sudah terorganisir dengan baik, sehingga Amazon dapat mengetahui kebutuhan pelanggan dengan cepat dan tepat.

Database Dalam Perusahaan sangat di butuhkan, sebab selain ini berguna untuk memudahkan operasinal, tapi juga akan membuat Anda lebih efisien waktu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar