Skip to main content

Manfaat Komunikasi Administrasi Dalam Dunia Kerja

Bagi Anda yang memang bekerja di suatu instansi tentu sudah mengetahui bahwa komunikasi administrasi sangat penting. Selain ini akan berguna untuk menjalin hubungan kerja yang baik, tapi juga akan membuat kita saling terkoneksi atas semua pekerjaan yang kita lakukan.
Manfaat Komunikasi Administrasi Dalam Dunia Kerja

Komunikasi administrasi tidak hanya di peruntungan untuk pihak dalam perusahaan saja, namun sangat penting juga untuk di gunakan dengan pihak luar yang masih bersangkutan. Dengan Anda melakukan komunikasi yang baik dengan pihak luar, kerjasama dengan mereka akan lebih mudah.

Manfaat Komunikasi Administrasi yang Wajib Anda Ketahui

Mungkin saja Anda tidak pernah terfikirkan akan hal ini, tapi inilah beberapa manfaat dari adanya komunikasi administrasi, antara lain :

1. Pertukaran informasi

Komunikasi administrasi sangat bermanfaat untuk memberi informasi seputar perusahaan pada setiap pihak terkait. Pertukaran informasi bisa berupa komunikasi dengan sesama karyawan dalam perusahaan, komunikasi antara bawahan dengan atasan, dan juga komunikasi antar pihak perusahaan tersebut.Komunikasi yang dilakukan tersebut tentu mempunyai tujuan terutama untuk mencapai kesuksesan di dalam suatu perusahaan terkait.

2. Mewujudkan interaksi sosial

Komunikasi administrasi bisa dilakukan untuk mewujudkan interaksi sosial yang baik. Komunikasi administrasi sangat sering digunakan oleh beberapa perusahaan. Maka dari itu komunikasi ini sangat diperlukan sebab setiap perusahaan mempunyai karyawan yang terdiri dari latar belakang budaya yang berbeda-beda.Interaksi sosial yang di lakukan dengan komunikasi administrasi dianjurkan bisa memperbaiki proses komunikasi yang sedang berlangsung di dalam perusahaan tersebut.

Baca juga: Etika Komunikasi di Lingkungan Kantor yang Baik

3. Meningkatkan motivasi

Seseorang yang memakai komunikasi administrasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan tentu akan bisa meningkatkan motivasi terhadap dirinya sendiri ataupun terhadap beberapa orang yang ada disekitarnya. Komunikasi seperti ini bisa dilakukan oleh seluruh orang dalam suatu perusahaan yang mempunyai fungsi sebagai feedback ataupun umpan balik apakah seorang karyawan akan mengerti apa yang telah diperintahkan oleh atasannya tersebut.Komunikasi administrasi juga bisa mempengaruhi kinerja kerja setiap karyawan dalam suatu perusahaan tersebut.

4. Menambah wawasan administrasi

Komunikasi administrasi ialah komunikasi yang berhubungan erat dengan dunia pekerjaan dalam perusahaan. Komunikasi administrasi yang baik ialah suatu komunikasi yang memenuhi syarat seperti halnya komunikasi dilakukan dengan jelas, lengkap, singkat, dan tepat. Bukan hanya itu saja, komunikasi administrasi mempunyai fungsi sebagai sarana untuk menambah wawasan yang mencakup beberapa istilah di dalam dunia kerja misalnya istilah dalam administrasi.

5. Mencapai produktivitas usaha

Dengan adanya suatu proses komunikasi administrasi yang satu ini di sebuah perusahaan bisa merasakan manfaatnya seperti halnya pencapaian target dalam perusahaan terealisasikan dengan baik dan teratur.Kesuksesan perusahaan tentu saja akan dipengaruhi oleh beberapa faktor internal ataupun faktor eksternal. Keberadaan komunikasi administrasi ini sangat membantu mencapai produktivitas dalam suatu usaha yang sedang di jalankan.

Tentunya hal ini sangat erat kaitannya dengan manfaat komunikasi administrasi yang bisa memotivasi beberapa pihak dari perusahaan sebab semakin banyak motivasi yang positif, maka otomatis seorang karyawan akan merasa bersemangat untuk selalu meningkatkan kinerja kerja dan semakin cepat sebuah perusahaan untuk mencapai tingkat produktivitas yang memang telah ditargetkan.

6. Sebagai bukti dalam dokumentasi

Komunikasi memang menjadi sangat  penting untuk kesuksesan suatu aktivitas organisasi termasuk aktivitas yang ada di dalam sebuah perusahaan. Komunikasi yang baik ialah komunikasi yang efektif, singkat dan jelas. Setiap perusahaan mempunyai peraturan yang berbeda-beda untuk karyawannya dan peraturan tersebut harus dipatuhi oleh semua karyawan disana.

Fungsi dari komunikasi administrasi yang satu ini ialah sebagai dokumentasi ataupun sebuah bukti hitam di atas putih saat seseorang menerima pesan tertulis. Dokumentasi tersebut dapat berupa satu kertas yang bisa digandakan untuk disimpan kepada kedua belah pihak yang bersangkutan.

7. Sebagai pengawasan

Anda harus tahu bahwa manfaat komunikasi administrasi terakhir ialah sebagai pengawasan selama proses komunikasi berlangsung. Komunikasi administrasi pada umumnya akan digunakan dalam kegiatan di perusahaan tersebut. Selain itu ini juga berfungsi sebagai kontrol sosial dalam proses interaksi antar karyawan dan pemimpin.  Dan pemegang kontrol dalam suatu organisasi ialah seorang pemimpin yang akan selalu dapat memimpin bawahannya dalam mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.

Lihat juga: Jenis Jenis dan Cara Kerja Administrasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar