Skip to main content

Mengenal Definisi, Tujuan, Ruang Lingkup, Karakteristik, dan Contoh Administrasi Negara

Mungkin Anda belum pernah memikirkan apa itu administrasi negara, namun sebagai masyarakat yang peduli dengan keadaan negaranya tentu harus tahu donk. So, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Administrasi Negara? Definisi Administrasi Negara dalam artian umum ialah suatu pengaturan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah ataupun aparatur negara supaya tujuan negara bisa tercapai secara efektif, efisien dan tepat.
Mengenal Definisi, Tujuan, Ruang Lingkup, Karakteristik, dan Contoh Administrasi Negara

Administrasi Negara ialah suatu sistem yang memang khusus dibuat sedemikian rupa untuk mengatur segala proses pengelolaan organisasi masyarakat sehingga bisa berjalan sebagaimana mestinya. Dalam bahasan ilmu sosial yang biasa di pelajari sejak bangku SMA, administrasi negara ada tiga elemen penting yakni lembaga legislatif, yudikatif, dan juga eksekutif.

Bukan hanya itu saja, ilmu administrasi negara juga membahas secara gamblang mengenai kebijakan publik, tujuan negara, administrasi pembangunan, dan etika yang mengatur penyelenggara pemerintahan negara.

Baca juga: Pengertian Administrasi Perkantoran Lengkap

Tujuan Administrasi Negara

Untuk suatu negara yang memang berdemokrasi, tujuan administrasi negara sendiri ialah untuk mencapai tujuan negara sesuai dengan keinginan penduduk atau rakyatnya. Beberapa keinginan yang biasa ditetapkan oleh rakyat seperti halnya keamanan, kesejahteraan, keadilan, ketertiban, sehingga kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dan tenteram.

Dengan adanya hal ini, para pelaksana administrasi negara ialah untuk memberi pelayanan yang baik pada setiap kepentingan rakyat. Supaya tujuan administrasi tersebut bisa tercapai, maka di dalamnya harus ada beberapa hal di bawah ini :

  • Social Participation, dimana ini ialah tindakan nyata dari masyarakat dengan ikut serta di dalam penyelenggaraan administrasi negara.
  • Social Responsibility dimana ini ialah pertanggungjawaban yang harus dilakukan oleh setiap pelaksana administrasi negara pada masyarakat.
  • Social Supportdimana ini ialah dukungan yang diberikan oleh semua rakyat terhadap pelaksanaan administrasi negara.
  • Social Control dimana ini ialah kontrol atau pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri terhadap kegiatan administrasi kenegaraan.
  • Dalam rangka upaya mewujudkan tujuan negara keinginan rakyat ini, para pelaksana harus melakukannya secara demokratis, yang biasa kita kenal dengan istilah democratic administration atau open management.

Ciri-Ciri Administrasi Negara

Dalam hal ini Anda bisa mengenali administrasi negara melalui karakteristiknya. Dibawah ini ialah ciri-ciri administrasi negara, antara lain:

- Ialah aktivitas yang tidak bisa dihindari (unavoidable), hal ini berpusat pada hubungan antara negara dan masyarakat yang sifatnya pasti.

- Mempunyai prioritas, yakni pelayanan dan pengarahan terhadap masyarakat umum (masyarakat). Atau dapat kita artikan, kesejahteraan rakyat menjadi tanggungjawab moral setiap pelaksanaan administrasi negara.

- Mempunyai monopili dalam memakai kekuasaan dan wewenang untuk memaksakan kehendak terhadap masyarakat. Tujuannya ialah supaya masyarakat tunduk terhadap hukum yang berlaku.
Anda harus tahu bahwa top management Administrasi Negara sifatnya politis. So, untuk birokrasi sendiri ialah organisasi masyarakat yang dikepalai pejabat pilihan publik yang bersifat non-karir dan menjabat dalam periode tertentu dalam administrasi negara.

- Administrasi negara ialah institusi publik untuk memberi pelayanan pada semua elemen masyarakat yang bertujuan untuk mencapai peningkatan kualitas hidup yang lebih baik dalam tatanan negara. Tetapi, kualitas pelaksanaan administrasi negara ini sangat sulit diukur karena sangat kompleks, mempunyai sifat politis, dan multitafsir.

Lihat juga: Fungsi Administrasi Perkantoran yang Perlu Anda Ketahui

Ruang Lingkup Administrasi Negara

Nicholas Henry yakni salah satu ilmuan kenegaraan terbaik di dunia mengatakan bahwa ruang lingkup administrasi negara terdiri dari atas:

  • Semua organisasi masyarakat yang mempunyai prinsip mengenai birokrasi dan model organisasi yang sedang berjalan.
  • Manajemen Publik, hal ini mencakup beberapa hal penting seperti halnya ilmu dan sistem manajemen, evaluasi program, anggaran publik, produktivitas, dan lain-lain.
  • Implementasi, hal ini berupa pendekatan untuk kebijakan publik dan juga penerapannya, administrasi pemerintah, dan privatisasi serta etika birokrasi.
Contoh Administrasi Negara
  • Hal ini memang sesuai dengan pelaksanaannya, di bawah ini ialah beberapa contoh administrasi negara yang memang wajib dilakukan di negara demokrasi:
  • Presiden dapat mengatur tentang setiap reshuffle kabinet / menterinya.
  • Aturan yang menyangkut tentang tata cara pembentukan badan dan komisi di dalam pemerintahan
  • Aturan yang mengenai tata cara memberi pelayanan kepada masyarakat sekitar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar