Skip to main content

Mengetahui Pengertian Pasar Modal, Tujuan, Fungsi, Jenis - Jenis dan Manfaatnya

Dalam artikel ini saya akan mengulas secara rinci tentang definisi pasar modal, tujuan, fungsi, jenis-jenis, dan manfaatnya. Di samping itu kita akan memperlajari peran pasar modal dalam perekonomian nasional.
Mengetahui Pengertian Pasar Modal, Tujuan, Fungsi, Jenis - Jenis dan Manfaatnya

Definisi Pasar Modal

Secara garis besar pasar modal dapat juga di artikan sebagai sebuah pasar yang mempertemukan antara beberapa pihak yang menawarkan dana dengan pihak yang membutuhkan dana. Selain itu juga dapat di katakan pasar modal atau capital market ialah suatu pasar untuk perdagangan dana dalam jangka panjang dalam bentuk obligasi atau saham dalam perusahaan.

Dana yang ditawarkan dalam setiap pasar modal ialah dana yang berbentuk surat berharga maupun berupa sekuritas/efek yang mempunyai jatuh tempo lebih dari satu tahun. Maka dari itu pasar modal juga dapat disebut dengan bursa efek. Perlu Anda ketahui bahwa bursa efek ialah pasar tempat bertemunya penjual dan juga pembeli surat berharga/efek untuk perusahaan masing-masing.

Tujuan Pasar Modal

Dalam setiap suatu hal pasti ada tujuan, nah biasanya pasar modal mempunyai tujuan, diantaranya sebagai berikut :

  • Berguna untuk meningkatkan suatu pertumbuhan ekonomi usaha.
  • Memberikan sebuah kesempatan pada masyarakat untuk ikut menikmati hasilnya atau laba pada suatu perusahaan.

Fungsi Pasar Modal

Mengenai fungsi dari pasar modal, di antaranya sebagai berikut :

  • Berfungsi untuk menciptakan harga yang wajar pada sekuritas yang bersangkutan melalui mekanisme penawaran dan juga permintaan dari beberapa pihak.
  • Berfungsi untuk membantu dalam pembelanjaan dunia usaha.
  • Berfungsi sebagai sumber dana jangka panjang.
  • Digunakan sebagai alat untuk melakukan divestasi.
  • Berfungsi untuk Sarana dalam menciptakan tenaga kerja baru yang mempunyai kualitas baik karena dapat mendorong dan berkembangnya industri pada penciptaan lapangan kerja baru untuk masyarakat.
  • Berfungsi untuk sarana dalam peningkatan suatu produksi, dengan adanya tambahan modal dari pasar modal membuat produktivitas perusahaan juga dapat meningkat secara signifikan.

Jenis-Jenis Pasar Modal

Pada dasarnya memang pasar modal seperti yang kita lihat, tetapi jika kita telaah lagi ternyata ini di bedakan atas 2 jenis, antara lain :

1. Pasar perdana atau primary market

Pasar perdana dapat di artikan sebagai salah satu jenis pasar modal dimana tempat melakukan penawaran efek oleh indikasi penjamin emisi dan juga agen penjualan terhadap  investor publik.

2. Pasar sekunder atau secondary market

Secara umum pasar sekunder dapat di artikan sebagai tempat efek yang sudah dicatatkan di bursa efek dan  diperjualbelikan secara resmi. Pada pasar sekunder ini biasanya akan memberikan sebuah kesempatan kepada para investor untuk membeli maupun menjual efek yang tercatat pada bursa, sesudah terlaksana nya penawaran perdana dari salah satu perusahaan.

Baca juga: Definisi Asuransi, Polis, Premi, Klaim dan Manfaatnya

Manfaat Pasar Modal

Adanya pasar modal tentu akan membuat kita mudah menemukan setiap sesuatu untuk dijadikan modal guna meningkatkan kierja perusahaan. Nah, di bawah ini adalah manfaat dari keberadaan pasar modal, antara lain :

  • Dapat menyediakan sumber pembiayaan atau modal pada jangka yang panjang untuk dunia usaha ataupun perusahaan, dan ini juga dapat memungkinkan alokasi dana secara optimal.
  • Dapat memberikan keadaan investasi yang beragam untuk setiap investor sehingga akan memungkinkan untuk melakukan diversifikasi. Dan alternatif investasi ini untuk memberi suatu ukuran potensi keuntungan dengan tingkat risiko yang dapat diperhitungkan.
  • Dapat menyediakan leading indicator untuk perkembangan perekonomian pada suatu negara, khususnya Indonesia.

Peranan Penting Pasar Modal dalam Perekonomian Nasional

Mungkin banyak yang tidak mengetahui, bahwa sebenarnya peranan pasar modal di Indonesia untuk bidang ekonomi sangat besar. Biar lebih jelas berikut perannya :

  • Berperan penting sebagai intermediasi atau lembaga perantara keuangan selain bank.
  • Dapat memungkinkan para pemilik modal untuk berpartisipasi dalam beberapa kegiatan bisnis yang menguntungkan.
  • Dapat memungkinkan beberapa kegiatan bisnis memperoleh suntikan dana dari pihak pihak lain untuk perluasan usaha yang mereka lakukan
  • Dapat memungkinkan mereka selaku para pemegang surat berharga untuk memperoleh likuiditas dengan menjual beberapa surat berharga yang dimiliki nya kepada pihak lain dalam satu lingkup pasar modal.

Baca juga: Definisi Investasi, Fungsi, Tujuan, Jenis - Jenis, dan Manfaatnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar