Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendapat Negatif Beberapa Masyarakat Mengenai Jurusan Administrasi Bisnis

Jika Anda sedang berkuliah, maka berbahagialah dan gunakan kesempatan itu untuk menimba ilmu sebanyak banyaknya. Sebab ada begitu banyak orang di luar sana yang ingin melanjutkan kuliah namun mereka tidak dapat melakukannya karena beberapa hal, contohnya biaya.
Pendapat Negatif Beberapa Masyarakat Mengenai Jurusan Administrasi Bisnis

Namun, di balik itu ada saja pendapat yang kurang enak di dengar di telinga dari beberapa orang. Dalam hal ini saya akan mengulas Pendapat Negatif Beberapa Masyarakat Mengenai Jurusan Administrasi Bisnis


Pendapat Negatif Masyarakat Mengenai Jurusan Administrasi Bisnis

Beberapa dari mereka yang tidak memahami tentang administrasi pasti akan beranggapan bahwa jurusan ini hanya akan membuat kita buang buang uang dan waktu saja. Berikut beberapa komentar negatif dari masyarakat.

- Administrasi Bisnis Adalah Jurusan yang Tidak Jelas

Anda harus memahami bahwa Administrasi Bisnis lebih dari sekedar sebuah jurusan. Didalamnya Anda tidak hanya akan mempelajari satu bidang saja, tapi ada berbagai macam seperti pemasaran, SDM, dan juga keuangan.

- Administrasi Bisnis Sangat Membosankan

Yakinlah tidak ada sesuatu yang membosankan selama Anda mempunyai niat untuk mempelajarinya. Faktanya, Administrasi Bisnis mengajarkan bagaimana cara untuk menjalankan sebuah bisnis yang baik dengan beragam strategi dan informasi baru, yang pastinya bakal menambah wawasan Anda.

- Gaji yang Ditawarkan Kurang Menjanjikan

Ini sangat salah, faktanya ada begitu banyak perusahaan besar yang menawarkan lulusan Administrasi Bisnis dengan nominal gaji tidak sedikit. Tentu saja itu akan sesuai dengan kinerja dan kemampuan yang Anda kontribusikan untuk mereka.

- Hanya diperuntukkan untuk Mereka yang ingin Kerja di Perusahaan saja

Anda harus tahu tidak hanya selalu soal perusahaan besar, saat dalam perkuliahan mahasiswa Administrasi Bisnis juga dipersiapkan untuk bekerja di ranah lain setelah lulus. Contohnya yah seperti pada organisasi nirlaba atau startup.

- Permintaan Karirnya Kurang Diminati Perusahaan

Dimanapun itu pada dasarnya setiap perusahaan yang ada pasti akan membutuhkan sumber daya manusia untuk menjalankan tugas manajemen bisnis secara spesifik dan sebagaimana mestinya. Yang pada di era yang semakin maju lulusan Administrasi Bisnis selalu dicari oleh perusahaan bagaimanapun keadaan perekonomian.

- Hanya Berkutat pada Uang

Menjalankan sebuah bisnis itu tidak harus selalu soal pembukuan dan pengeluaran. Mahasiswa Administrasi Bisnis juga biasanya akan diajarkan hal-hal penting lainnya, seperti halnya strategi pemasaran untuk iklan yang menarik ataupun pengelolaan SDM untuk mencegah stres sekaligus meningkatkan motivasi kerja mereka.

- Administrasi Bisnis Sama dengan Manajemen Bisnis

Memang akan terlihat sama tapi kenyataannya ada perbedaan yang lumayan tipis di antara keduanya. Anda harus ingat, latar belakang pendidikan bisnis memberikan Anda keuntungan dan keterbukaan peluang pada beberapa ragam pekerjaan yang tersedia. Dengan Anda berlatarkan jurusan Administrasi Bisnis bukan berarti perusahaan tidak bakal mempertimbangkan Anda di posisi manajemen juga kan.

- Kerjanya Pasti Tipikal Pekerjaan 9-to-5

Memang mayoritas perusahaan korporasi memang menerapkan jam kerja 9-to-5 dengan regulasi yang cukup ketat atau formal. Tetapi saat ini sudah banyak perusahaan, terutama perusahaan e-commerce atau startup, yang menerapkan jam kerja dengan nuansa kerja yang lebih fleksibel, sehingga karyawan akan merasa nyaman.

- Lulusan Administrasi Bisnis yang Sukses hanya Didominasi oleh Skstrovert

Peminat Administrasi Bisnis mempunyai latar kepribadian yang bermacam-macam dan sifat yang bermacam juga. Hal ini tidak bisa dikatakan secara spesifik siapa yang paling unggul di antara mereka sebab masing-masing mempunyai kemampuan dan kecondongan yang berbeda. Dalam hal ini Anda bisa menyesuaikannya dengan konsentrasi bidang yang Anda sukai. Jurusan Administrasi Bisnis sangat terbuka dengan banyak pilihan, jadi Anda jangan khawatir.

- Harus Pintar Matematika

Saat Anda menjalankan bisnis memang diperlukan keahlian keuangan dan akuntansi. Tetapi, bidang yang ditawarkan oleh Administrasi Bisnis tidak harus selalu mengenai hitung-hitungan matematika. Dalam hal ini terdapat bidang lain yang bisa jadi pilihan, contohnya nih strategi pemasaran atau pengelolaan sumber daya manusia.

Saat Anda mendengar pendapat dari masyarakat seperti yang saya tulis di atas, jangan pernah putus asa untuk menggapai cita-cita. Anda harus yakin semuanya bisa saja terjadi, bahkan untuk jurusan pertanian saja bisa menjadi bos di perusahaan besar.