Skip to main content

Pentingnya Administrasi Dalam Sebuah Perusahaan

Pentingnya Administrasi Dalam Sebuah Perusahaan

Biasanya perusahaan memiliki masalah dalam melakukan pencatatan terhadap beberapa kegiatan usaha yang dijalankan. Alasannya tergolong sederhana, dimana beberapa perusahaan tersebut tidak membiasakan diri bahwa hal-hal kecil sekalipun dalam kegiatan usaha wajib diadministrasikan atau dicatat dengan benar, rapi, rinci dan dapat memberikan informasi yang akurat.

Ada begitu banyak perusahaan yang mengabaikan pencatatan kegiatan operasional yang dilakukan, padahal faktanya banyak dampak yang terjadi apabila suatu kegiatan dilakukan tanpa pencatatan yang baik.

Administrasi ialah kegiatan atau usaha untuk membantu, mengarahkan, melayani, atau mengatur semua kegiatan yang ada untuk mencapai suatu tujuan. administrasi juga dapat diartikan sebagai kegiatan sekelompok manusia melalui beberapa tahapan yang teratur dan dipimpin secara efektif dan efisien, dengan memakai sarana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama.

Dalam implementasi dan pengerjaanya, administrasi semakin berkembang dan memiliki beberapa tugas yang biasa disebut sebagai fungsi. so, secara umum ini dapat dikatakan bahwa administrasi bisa terlaksana apabila banyak orang berkepentingan yang melakukan administrasi itu sendiri. Hal tersebut sangat diperlukan untuk mengatur pelaksanaan, yang berguna mencapai tujuan yang diharapkan.

Kuncinya ialah suatu administrasi dapat dijalankan dengan baik, apabila semua orang yang terkait di dalamnya saling melakukan kerjasama sesuai dengan tanggungjawab, wewenang, dan cara yang sesuai dengan tugasnya.

Dalam masa usaha yang saat ini sudah modern, prinsip administrasi juga sangat membantu sekali dalam pengembangan perusahaan yang memang sudah jadi. Hal tersebut berguna untuk menggerakkan proses kegiatan usahanya, sebagai wirausaha harus memahami sistem administrasi dan organisasinya secara keseluruhan. Apabila seorang wirausaha sudah memahami sistem administrasi pasti usahanya dapat berkembang dengan baik dan pesat.

Baca juga: Pengertian Administrasi Perkantoran Lengkap

Prinsip yang Harus Ada Dalam Administrasi

  • Terdapat sekelompok orang yang melakukan kegiatan dalam perusahaan yang saling terikat satu sama lain.
  • Terdapat tujuan yang diharapkan akan tercapai oleh perusahaan tersebut.
  • Saling bekerjasama untuk menjalankan suatu kegiatan dalam perusahaan tersebut

Secara keseluruhan, administrasi dalam perusahaan memang sangat di perlukan, mulai dari perusahaan dagang, jasa, manufaktur wajib dijalankan dengan sebaik mungkin. Hal ini mempunyai beberapa tujuan, antara lain :

  • Mengembangkan usaha yang berjalan karena dapat menjadi penggerak kegiatan dalam perusahaan tersebut.
  • Dapat menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan untuk dapat mengukur kinerjanya selama satu periode.
  • Untuk menyusun program pengembangan usaha yang dilakukan setelah proses administrasi bulanan selesai.
  • Supaya pemilik perusahaan dapat menunjukkan beberapa bukti kegiatan usaha yang dilakukan dalam perusahaan tersebut.
  • Sebagai pertimbangan untuk pemilik perusahaan dalam mengambil keputusan baik berjangka panjang ataupun jangka pendek.
  • Sebagai monitoring sebuah perusahaan dalam mengontrol usaha yang dilakukan dalam setiap hari.

Pentingnya Administrasi Dalam Perusahaan

Administrasi mempunyai peran cukup vital dalam perusahaan, sebab ini juga berhubungan dengan keuangan, semua karyawan dan pihak luar. Adanya administrasi berguna untuk beberapa hal di bawah ini, antara lain :

  • Guna mengetahui kondisi dalam perusahaan dalam keadaan merugi atau hasil besar, dan dapat menjadi tolak ukur atau pembanding dengan beberapa periode selanjutnya.
  • Dengan ini Anda telah menjadi warga negara yang baik dengan melaporkan hasil pajak usaha berdasarkan dengan beberapa kegiatan perusahaan yang dilakukan berdasarkan neraca atau laporan laba ruginya.
  • Dapat menjadikan laporan keuangan sebagai dasar penentuan dalam rangka melihat kelayakan usaha yang dilakukan dan dapat dilihat usaha yang dilakukan ini sehat atau malah sebaiknya.
  • Dengan adanya pencatatan keuangan ini, dapat menjadi dasar pengambilan keputusan dengan melihat perkembangan keuangan dari waktu ke waktu yang dapat dipakai untuk pengambilan investasi misalnya.

Pencatatan atau administrasi dalam perusahaan memang sangat penting, dan hal itu sebaiknya juga harus didukung oleh pengetahuan dari pemilik perusahaan. Anda dapat bayangkan bagaimana jika yang memegang divisi tersebut malah tidak mengetahui sama sekali apa yang harus di kerjakan.

Lihat juga: Fungsi Administrasi Perkantoran yang Perlu Anda Ketahui

Secara keseluruhan dapat kita artikan adanya administrasi dalam perusahaan sangat vital. Anda tentu tidak mau data yang ada di dalam internal malah tidak rapi atau bahkan hilang. Makanya divisi inilah yang bertanggung jawab.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar