Skip to main content

Pentingnya Mengenal Karakteristik Administrasi Perkantoran

Anda perlu memahami bahwa kantor ialah salah satu tempat kerja yang tentunya mempunyai aturan dan ketentuan khusus, baik untuk para pegawai maupun mengenai pekerjaan dan tugas mereka masing-masing.
Pentingnya Mengenal Karakteristik Administrasi Perkantoran

Dan salah satu aturan dalam perkantoran yang wajib di laksanakan ialah masalah pengadministrasian. Kantor sangat identik dengan sistem administrasi yang teratur, tersusun dan ketat. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana ciri dan juga peranan administrasi perkantoran, supaya pekerjaan kita menjadi lebih efektif dan efisien dalam kantor.

So, administrasi perkantoran sendiri mempunyai beberapa karakteristik yang sangat penting untuk diketahui dalam mengembangkan perusahaan modern, hal ini bertujuan untuk membuat perusahaan bisa bersaing, diantanya :

Baca juga: Fungsi Kepemimpinan Dalam Penyusunan Administrasi Perusahaan

Administrasi Perkantoran Bersifat Pelayanan untuk Semua

Kantor mempunyai pekerjaan yang bersifat pelayanan sebab pada dasarnya berfungsi dalam membantu pekerjaan utama ataupun pokok supaya pekerjaan itu bisa berlangsung secara efektif dan efektif serta tepat.

Pekerjaan kantor dilakukan dalam membantu orang lain untuk menyelesaikan setiap tugasnya agar lebih efektif. Dan alasan administrasi perkantoran  bersifat pelayanan sebab tata usaha perkantoran melayani pelaksanaan pekerjaan operatif dalam mencapai tujuan bersama dalam organisasi kantor tersebut.

Pekerjaan kantor ialah pekerjaan pelayanan yang mempunyai fungsi untuk meringankan dan memudahkan semua yang terkait. Dengan adanya pekerjaan kantor bisa membuat pekerjaan lain lebih berdaya guna dan juga bisa mendatangkan keuntungan yang maksimal sebagaimana yang diharapkan.

Pekerjaan kantor akan sangat berguna sebagai aturan organisasi pelayanan yang mempunyai tujuan untuk memberikan pelayanan untuk bagian perusahaan atau organisasi tersebut. Sebuah pekerjaan kantor tidak akan mendatangkan keuntungan atau laba secara langsung pada perusahaan sebagaimana yang dilakukan oleh pekerjaan operatif, kita dapat mengambil contoh bagian penjualan atau produksi.

Walaupun dengan adanya catatan bahwa bagian produksi dan penjualan bisa mendatangkan laba yang berasa apabila pekerjaan kantor berhasil dalam melayani kebutuhan penjualan dan juga produksi tersebut. So, kinerja antara keduanya akan saling mendukung satu sama lain yang pada akhirnya bisa mendatangkan keuntungan bersama untuk perusahaan. Agar Anda lebih paham, mari kita lihat contoh di bawah ini :

  • Pada bagian pemodalan terbantu dalam menjaga bukti tertulis yang berkaitan tentang kedudukan keuangan perusahaan.
  • Tugas pokok sebuah sekolah ialah memberikan pengajaran dan juga pendidikan pada siswa sesuai tingkatan usianya. 
  • Tugas pokok seorang guru ialah mendidik dan mengajar siswa. Tetapi, dalam melakukan setiap tugasnya, guru membutuhkan bantuan dari pekerjaan Tata Usaha atau biasa kita kenal TU, seperti halnya menyiapkan rapor atau juga mencatat kemajuan belajar siswa.
  • Serang petugas perpustakaan mempunyai tugas dalam pencatatan peminjaman buku siswa di perpustakaan tersebut.
  • Seorang tenaga penjualan terbantu dalam pekerjaan administrasi penjualannya dalam perusahaan.
  • Seorang siswa membantu guru dalam mencatat beberapa nama siswa yang membuat gaduh di kelas saat pelajaran berlangsung.
  • Seorang teller bank mempunyai tugas mendata orang yang menabung di tempat tersebut.
  • Pada bagian produksi akan terbantu guna menentukan beberapa biaya lebih rendah dan memperbaiki setiap pelayanan.
  • Seorang wakil kepala sekolah dapat membantu kepala sekolah dalam menyelesaikan tugasnya.
  • Seorang  dokter memeriksa pasien, sedangkan Seorang perawat mencatat riwayat atau hasil visum yang dilakukan dokter kemudian akan disimpan untuk dipakai pada keputusan diagosis penyakit pasien tersebut.
  • Seorang sekretaris membantu atasan dalam menyelesaikan tugas-tugas atasan yang memang mempunyai kompeten.

Dari beberapa contoh di atas dapat kita simpulkan bahwa administrasi perkantoran mencakup semua elemen yang memang mempunyai hubungan dalam organisasi atau perusahaan. Dan setiap tugas dapat di bantu oleh mereka yang mempunyai pengetahuan. Dengan catatan orang tersebut masih dalam satu organisasi atau perusahaan.

Lihat juga: Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran yang Harus Anda Ketahui

Sebab Anda juga harus menjaga setiap privasi perusahaan pada orang lain. Bisa kita bayangkan bagaimana sebuah administrasi akan berjalan baik jika ada orang luar yang ikut campur dan berusaha merusak perusahaan. Dengan sangat jelas akan saya katakan, jika Anda masuk dalam sebuah organisasi atau bekerja di perusahaan, Anda wajib mengikuti semua aturan dan juga ketentuan yang berlaku. Hal ini masuk dalam ranah administrasi perkantoran.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar