Perbedaan Administrasi dan Manajemen Dalam Perusahaan

Jika kita bicara mengenai administrasi dan manajemen saya yakin untuk orang berpendidikan seperti Anda sudah sangat mengetahuinya. Tapi apakah Anda tahu perbedaan dari keduanya ? Biar enggak bingung yuk simak artikel ini sampai habis.
Perbedaan Administrasi dan Manajemen Dalam Perusahaan

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Perbedaan Administrasi dan Manajemen Dalam Perusahaan, alangkah baiknya kita sedikit memahami terlebih dahulu tentang arti dari kedua istilah tersebut.

Definisi Administrasi

Administrasi dalam artian sempit ialah keseluruhan dari beberapa kegiatan pencatatan secara tertulis dan penyusunan sistematis dari beberapa keterangan yang ada untuk mempermudah dalam memperoleh ikhtisar keterangan tersebut.

Posisi yang satu ini terdapat berbagai macam kegiatan dan serangkaian aktivitas, mulai dari menghimpun, mencatat, menggandakan,mengolah, mengirim dan menyimpan keterangan yang di memang diperlukan dalam setiap kerja sama. Sementara administrasi dalam artian yang luas ialah keseluruhan dari sebuah proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam rangka untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Baca juga: Pengertian Administrasi Perkantoran Lengkap

Anda perlu mengetahui administrasi mempunyai tiga ciri pokok, antara lain :

  • Administrasi ialah sebuah proses yang terdiri atas beberapa kegiatan, yang dimulai sejak adanya dua orang atau lebih melakukan kesepakatan kerjasama dalam bidang tertentu dengan bukti tertulis. 
  • Terdapat dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan.
  • Setiap kerjasama dalam administrasi akan dilakukan dalam rangka untuk mencapai tujuan dan ke-efisienan.

Definisi Manajemen

Manajemen ialah seni menyelesaikan pekerjaan milik orang lain dalam satu organisasi atau perusahaan.

Manajemen ialah suatu proses pendayagunaan semua orang dan fasilitas yang tersedia. Hal ini supaya dalam proses kerjasama atau dalam kegiatan administrasi tersebut bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Untuk  sebuah organisasi, manajemen ialah kunci dari sebuah kesuksesan dan kelancaran kinerja organisasi yang bersangkutan. Beberapa masalah yang dirasakan oleh sebagian orang yang memperoleh layanan dari kinerja organisasi pada umumnya berkaitan dengan lambatnya kinerja sebab kurangnya koordinasi antar unit kerja organisasi.

Bahkan ada sebagian orang yang beranggapan bahwa lambatnya kinerja serta kurangnya kerjasama dalam organisasi hal itu di sebabkan oleh manajemennya yang buruk. Menurut saya ini sangat wajar, mengingat beberapa Fungsi Manajemen yakni pelaksanaan atau actuating yang tidak berjalan sesuai dengan rencana atau planning.

Manajemen dapat kita artikan sebagai suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama dari beberapa kelompok manusia yang tergabung dalam organisasi, hal ini bertujuan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, fungsinya agar lebih efektif dan efisien.

Seorang ahli yang bernama Sondang Palan Siagian mengemukakan bahwa manajemen ialah keseluruhan dari sebuah proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas sebuah rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan sebelumnya.

Lihat juga: Manajemen Keuangan Menurut Pendapat Para Ahli

Dari beberapa penjelasan yang saya tulis, bisa kita pahami bahwa makna yang terkandung antara kedua istilah tersebut, sesungguhnya sangat erat kaitannya dengan ruang lingkup yang dimiliki. Makna atau arti yang terkandung dalam manajemen sebagai suatu hal mempunyai lingkup lebih luas jika dibandingkan dengan administrasi.

Dalam hal ini administrasi ialah aktualisasi dari manajemen itu sendiri dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Beberapa unsur yang ada dalam pengertian manajemen sangat jelas menunjukan bahwa manajemen terjadi dalam sebuah organisasi tidaklah hanya diukur pada kerja tunggal yang dilakukan oleh seorang individu (sendiri) seperti divisi administrasi, melainkan mencakup seluruh komponen yang ada dalam organisasi tersebut.

Dimanapun itu, Administrasi dan Manajemen sangat di perlukan oleh organisasi atau perusahaan. Anda dapat membayangkan bagaimana usaha akan berjalan jika tidak ada manajemen dan administrasi yang bagus. Kedua istilah ini dapat kita umpamakan sebagai suatu cara untuk mengatur semua operasional yang ada dalam kantor atau organisasi tertentu.

Saya dapat mengatakan bahwa Administrasi dan Manajemen tidak terlalu berbeda jauh. Menurut saya hanya ada satu hal yang membedakan keduanya. Perbedaannya hanya pada cakupan dan acara kerjanya. Administrasi bersifat khusus dan ada tingkatannya, sedangkan untuk manajemen akan lebih kompleks dan menyeluruh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel