Skip to main content

Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran yang Harus Anda Ketahui

Anda harus memahami bahwa administrasi perkantoran mempunyai tugas yang mencakup perencanaan kerja bagi staf, mengawasi staf, dan juga meminta sarana dan prasarana yang baru ataupun meminta perbaikan pada peralatan yang sudah ada di kantor tersebut.
Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran yang Harus Anda Ketahui

Seorang administrator dalam perusahaan juga akan menangani pekerjaan-pekerjaan, seperti halnya melaksanakan perubahan atau juga kebijakan di departemen. Seorang administrator  akan membicarakan masalah kinerja dengan setiap pegawai atau karyawan dan bekerja dengan pihak manajemen lebih tinggi untuk mempekerjakan pegawai baru maupun memecat karyawan apabila sudah tidak dibutuhkan lagi.

Ruang lingkup kerja administrator tentu akan sangat berkaitan erat dengan tugas apa yang dimilikinya. Tapi Anda juga harus paham bahwa penjelasan di atas ialah ruang lingkup pada umumnya sebab ada beberapa perusahaan yang dapat lebih luas maupun sempit karena hal itu tergantung dengan beberapa faktor, terutama keadaan perusahaan tersebut, apakah itu besar atau kecil.

Baca juga: Fungsi Administrasi Perkantoran yang Perlu Anda Ketahui

Tugas Pokok Administrasi Perkantoran

Sama halnya dengan bagian perkantoran yang lainnya, seorang administrator ini juga mempunyai beberapa fungsi ataupun tugas yang harus dijalankan supaya keberlangsungan organisasi dapat berlangsung dengan baik dan sesuai harapan. Di bawah ini merupakan beberapa tugas administrasi perkantoran, antara lain :

  • Mengawasi setiap tugas perkantoran dan administrasi yang bertujuan untuk memastikan kepatuhan pada standar kualitas, prosedur yang tepat dan tenggat waktu yang memang diberikan supaya kinerja karyawan dapat lebih optimal sehingga hasil yang didapatkan juga lebih maksimal dan yang pasti lebih besar.
  • Menangani beberapa pertanyaan dari pelanggan ataupun keluhannya yang berkenaan dengan prosedur dan juga kebijakan yang dimiliki perusahaan sehingga seorang administrator harus tahu dan benar benar paham mengenai segala ketentuan yang ada di organisasi perusahaan.
  • Menginstruksikan ataupun melatih semua karyawan dalam tugasnya masing-masing, terutama untuk karyawan baru yang memang harus mendapatkan bimbingan dari mereka yang lebih tahu supaya ke depannya, mereka dapat melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.
  • Memberikan bimbingan pada setiap karyawan dalam menangani beberapa masalah yang kompleks ataupun sulit dan menyelesaikan perselisihan tersebut, terutama apabila terjadi antara pegawai satu dengan lainnya, maka hal itu akan sangat mempengaruhi kinerja dan hasil perusahaan. Seorang administrator harus tahu bagaimana gejala pegawai yang sedang menghadapi suatu permasalahan sehingga bisa segera ditangani dengan benar.
  • Membicarakan setiap masalah prestasi kerja pegawai untuk mengetahui permasalahan yang ada dan juga berusaha menyelesaikan masalah itu sehingga apabila ada pegawai yang mempunyai masalah, baik itu masalah pribadi atau memang menyangkut perusahaan diharapkan masalah itu tidak akan dibawa dan belarut-larut di kantor.
  • Merekrut setiap karyawan dengan wawancara dan juga memilihnya yang kemudian akan ditempatkan sesuai dengan keahlian yang di miliki pegawai baru tersebut.
  • Menyusun setiap laporan yang berhubungan dengan kegiatan seperti halnya penggajian, pengiriman untuk memverifikasi rincian secara detail, produksi, mengevaluasi kinerja dan juga memantau aktivitas kerja.
  • Menerapkan setiap kebijakan departemen atau perusahaan dan juga standar pelayanan yang berkaitan dengan manajemen, sehingga semua yang terjadi dan berlangsung dalam perusahaan sudah sesuai dengan kebijakan yang ada.
  • Menafsirkan dan mengkomunikasikan semua tata cara kerja dan juga kebijakan perusahaan pada staf dan juga para karyawan, baik yang baru atau lama agar bisa lebih paham mengenai kebijakan yang ada di organisasi yang sedang mereka jalankan.

Dari penjelasan di atas saya rasa sudah cukup untuk membuat kita paham dan tahu apa itu administrasi perkantoran. Posisi ini memiliki peranan yang sangat penting dalam keberlangsungan perusahaan sehingga tugasnya memang harus dilakukan dengan baik dan tepat pula. Baca juga: Pengertian Administrasi Perkantoran Lengkap

Seorang administrator, dia mengemban tugas atau pekerjaan yang berkaitan dengan semua bagian perusahaan. Saya yakin suatu perusahaan yang baik tidak hanya memikirkan satu bagiannya saja. Dalam hal ini Anda dapat memperhatikan administrasi perkantoran dengan benar, dengan begitu  maka Anda berarti sudah menjaga kelancaran kinerja perkantoran menuju visi serta misi yang sudah ditentukan sebelumnya.Pada dasar seseorang yang duduk dengan posisi administrasi perkantoran merupakan salah satu elemen paling penting. Baca juga: Empat Tugas Pegawai Administrasi Perkantoran
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar